Beranda
Facebook
Internet
News
Social Media
Facebook Mematikan Server, Ini Penjelasannya
Facebook Mematikan Server, Ini Penjelasannya

Apa yang terjadi pada facebook kemarin? apakah benar terjadi serangan dari pihak lain? mari kita simak apa sebenarnya alasan Facebook mematikan server.

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana mungkin perusahaan teknologi terbesar dan paling berpengaruh di dunia dapat mengalami gangguan layanan selama sehari. Dan tidak mengatakan apa-apa kecuali tweet singkat.

Facebook akhirnya mengatakan bahwa pemadaman itu adalah hasil dari "perubahan konfigurasi server" - kombinasi kata-kata yang bisa diterjemahkan menjadi "kami bermain sendiri."

Perusahaan itu tidak diserang, jadi mengapa tidak langsung bersih?

Facebook mematikan server - penelususran tim The Verge dan yang lainnya

The Verge, The New York Times, dan lainnya mencoba untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari Facebook ketika menindaklanjuti komentar.

Setelah Facebook mengeluarkan pernyataannya hari ini, kami meminta perusahaan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang penghentian layanan, termasuk kenapa facebook mematikan server.

Berapa banyak negara yang terkena dampaknya? Berapa banyak orang yang terganggu? Facebook mengabaikan pertanyaan tersebut, merujuk kami pada pernyataan umum dan permintaan maafnya.

Mengingat daftar panjang kesalahan, facebook mematikan server mungkin tidak tampak seperti masalah besar. Bahkan bahan yang bagus untuk lelucon tentang Facebook.

Tetapi bagaimana jika kita menganggap hal ini serius? Bagaimana jika, sebagai percobaan, kami berasumsi semua yang dikatakan Facebook tentang dirinya sendiri itu benar? Berikut daftar singkat beberapa kepercayaan Facebook tentang dirinya:
  • Baru minggu lalu, kepala petugas keamanan global Facebook mengatakan kepada Business Insider bahwa itu "adalah infrastruktur penting untuk demokrasi modern."
  • Dalam manifesto 2017 di Facebook sebagai "komunitas global," CEO Mark Zuckerberg mengatakan infrastruktur Facebook akan diperlukan untuk mengakhiri terorisme, memerangi perubahan iklim, dan mencegah pandemi.
  • Dalam manifesto terbarunya, Zuckerberg menyiratkan bahwa perbaikan yang akan datang ke Facebook akan meningkatkan privasi warga di seluruh dunia, dan menjaga pembangkang tetap hidup.
Ini hanyalah contoh (sangat) kecil dari sekumpulan besar keyakinan yang telah dibangun Facebook sendiri selama dekade terakhir.

Facebook mematikan server namun tidak transparan

Dan jika kita menganggap semuanya benar bahwa Facebook memang merupakan infrastruktur penting untuk demokrasi modern. Bagaimana dengan transparansi tentang apa yang terjadi kemarin?

Bisakah sebuah platform yang membuat dunia lebih terbuka dan terkoneksi berhasil dalam misinya jika tidak terbuka untuk dunia yang bergantung padanya? Tidak, tentu saja tidak.

Apa yang paling mengkhawatirkan tentang bungkamnya Facebook saat facebook mematikan server dan menjadi rekor terlama, adalah bahwa perusahaan itu pernah dikenal karena obsesi legendarisnya dengan uptime.

Saya yakin Mark Zuckerberg sangat marah saat facebook mematikan server, para insinyur di facebook pun sepertinya harus memberikan jawaban yang sangat memuaskan untuk semua pihak.

Menurut Anda apakah sikap yang diambil oleh facebook, sedikit diam, itu telah tepat? atau adakah langkah alternatif lain yang mestinya facebook ambil? Yuk! berbagi pendapat di kolom komentar seperti biasa! :)


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!