Beranda
Facebook
News
Security
Ratusan juta Password Facebook disimpan dalam teks biasa?
Ratusan juta Password Facebook disimpan dalam teks biasa?
Mashable.com
Apa? Ratusan juta password facebook disimpan dalam teks biasa? bagaimana bisa terjadi? bagaimana dengan janji Mark Zukerberg yang memfokuskan facebook pada privasi?

Sebelumnya juga Facebook dikritisi dalam hal keamanan dan seleksi konten yang dibagikan oleh pengguna yang nakal.

Salah satunya pada kasus teror di Selandia Baru, walaupun facebook telah berhasil menghapus ribuan video tersebut tetap saja disalahkan karena masih ada beberapa video yang berkaitan yang tidak terdeteksi dan masih dapat diakses oleh pengguna lain.

Karyawan Facebook mengetahui password facebook Anda

Ratusan juta kata sandi atau password pengguna Facebook disimpan dalam teks biasa, sepenuhnya dapat dicari oleh karyawan Facebook selama bertahun-tahun. Semudah itukah bagi karyawan facebook untuk melihat password facebook kita?

Beberapa pengguna menyimpan kata sandi mereka dalam teks biasa pada awal 2012, menurut sumber senior Facebook yang berbicara dengan KrebsOnSecurity.

Sumber itu, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa antara 200 juta dan 600 juta pengguna Facebook terpengaruh. Lebih dari 20.000 karyawan Facebook akan memiliki akses ke kata sandi teks biasa (plain text) ini.

Tidak lama setelah KrebsOnSecurity menerbitkan ceritanya, Facebook memposting pernyataannya sendiri oleh wakil presiden bidang teknik, keamanan dan privasi, Pedro Canahuati.

Dia menyatakan bahwa perusahaan pertama kali menemukan masalah password facebook tersebut selama "tinjauan keamanan rutin pada bulan Januari."

Pengguna yang paling terpengaruh oleh kesalahan keamanan adalah mereka yang menggunakan versi facebook "konektivitas rendah", Facebook Lite.

Puluhan ribu pengguna Instagram juga terpengaruh

Perusahaan memperkirakan bahwa ratusan juta pengguna Facebook Lite dan puluhan juta pengguna Facebook "lainnya" menyimpan password facebook mereka dalam teks biasa. Puluhan ribu pengguna Instagram juga terpengaruh.

Facebook mengklaim bahwa tidak ada orang di luar perusahaan yang dapat melihat kata sandi dan tidak menemukan bukti bahwa siapa pun yang bekerja di jejaring sosial “menyalahgunakan atau mengaksesnya dengan tidak tepat.”

Menurut sumber KrebsOnSecurity, sekitar 2.000 insinyur atau pengembang mempertanyakan data yang berisi kata sandi teks biasa sekitar 9 juta kali.

"Kami telah memperbaiki masalah ini dan sebagai tindakan pencegahan kami akan memberi tahu semua orang yang kata sandinya kami temukan disimpan dengan cara ini," kata Canahuati.

Catatan kurang baik dalam menjaga kerahasiaan pengguna

Pada titik ini, Facebook tidak asing dengan kegagalan keamanan. Dalam satu pelanggaran terbaru yang dilaporkan pada Oktober 2018, informasi pribadi dari puluhan juta pengguna Facebook diakses oleh peretas.

Hanya dua bulan kemudian, perusahaan berbagi bahwa jutaan foto penggunanya bocor ke pengembang pihak ketiga yang tidak pernah memiliki izin untuk melihatnya secara terpisah.

Facebook tidak memaksa pengguna yang terpengaruh untuk mengubah kata sandi mereka saat ini.

Kondisi Facebook yang serba - salah

Walaupun telah muncul pernyataan resmi mengenai password facebook yang disimpan dalam teks biasa ini, bahwa tidak ada penyalahgunaan data, facebook tetap saja dinilai lalai oleh para pengamat teknologi.

Bayangkan saja bila password Facebook Anda termasuk kedalam daftar password yang dapat diakses oleh karyawan facebook, pasti Anda akan khawatir meskipun pihak facebook sudah menjaminnya. iya kan?!

Disisi lain, pihak keamanan facebook juga pastinya ingin setiap data yang mereka miliki tetap terjaga kerahasiaannya. Tetapi tetap saja kebocoran dan kejadian yang tidak diinginkan seperti ini terus terjadi.

Tertarik menjadi karyawan Facebook? agar anda dapat mengetahui kata sandi kerabat anda tanpa menanyakannya. hehe

Anda mempunyai pendapat lain mengenai fenomena keamanan data facebook ini? Yuk berbagi pendapat di kolom komentar seperti biasa! :)


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!