Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Berikut ini adalah cara untuk merubah atau memperbaiki data diri yang terdaftar dengan kartu sim (sim card) operator Telkomsel dan In...

Berikut ini adalah cara untuk merubah atau memperbaiki data diri yang terdaftar dengan kartu sim (sim card) operator Telkomsel dan Indosat.  Untuk Operator Indosat anda hanya perlu mengirimkan satu kali SMS, dan untuk operator Telkomsel anda hanya perlu mengubahnya dari menu Telkomsel yang biasanya otomatis terinstall di handphone.

Melakukan sinkronisasi data diri dengan data yang tersimpan di kartu telepon termasuk penting karena bila kita kehilangan handphone dan ingin kartu yang ikut hilang dapat digunakan lagi kita tidak perlu repot – repot melakukan perubahan data lagi, kita hanya perlu menyerahkan KTP dan customer service tidak akan banyak bertanya karena data yang ada di KTP dengan data yang terdaftar di kartu sesuai.

Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri

Cara merubah data diri di kartu SIM Telkomsel


Untuk operator Telkomsel kita dapat melakukan perubahan langsung dari Menu Telkomsel atau biasa disingkat dengan T-Sel Menu. Menu ini biasanya akan otomatis muncul di handphone yang terpasang kartu Telkomsel. di Smartphone Xiaomi menu ini diberi nama SIM Toolkit, dan mungkin juga berbeda di smartphone merek lainnya, tetapi mudah kok untuk mencarinya.

  1. Buka Menu Telkomsel (T-Sel Menu  / SIM Toolkit)
  2. Piih Registrasi Kartu
  3. Pilih Perubahan Data
  4. Masukan data sesuai KTP
  5. Kirim. Selesai.

Selesai!. Setelah anda memasukan data – data yang diminta seperti Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Alamat, dll maka anda akan diminta konfirmasi untuk mengirimkan data yang telah dimasukan tadi. Setelah melakukan konfirmasi maka data akan dikirim dan dicatat sebagai data terbaru pemilik nomor tersebut.

Untuk melakukan pengecekan apakah proses yang telah dilakukan untuk memperbarui data diri tersebut berhasil atau tidak, anda hanya perlu mengirimkan SMS dengan ini format DAFTAR dan kirim ke 4444.

Cara merubah data diri di kartu SIM Indosat


Untuk merubah data diri di kartu sim (sim card) Indosat anda hanya perlu mengirim sms seperti dibawah ini.


  1. Ketik SMS dengan format: No.KTP#NAMA#ALAMAT#TEMPAT LAHIR#TANGGAL LAHIR (contoh: 408292172833#PUTRA#CIPUTAT JAKARTA#JAKARTA#27111991
  2. Kirim ke 4444
  3. Tunggu balasan konfirmasi. Selesai.

Selesai!. Setelah mengirim SMS seperti diatas ke 4444 maka anda hanya perlu menunggu SMS balasan dari operator.

Berdasarkan pengalaman pada saat melakukan pengubahan data di galeri resmi (salah satu operator), kita sebagai pemilik kartu diharuskan untuk menyediakan materai senilai Rp. 6.000,- untuk ditempelkan dengan surat pernyataan tentang perubahan data. 

Meskipun tidak dapat dipastikan apakah semua operator menerapkan kebijakan yang sama tentang materai 6000 tetapi kalau bisa dilakukan sendiri lumayan kan menghemat pengeluaran materai dan mungkin juga ongkos untuk pergi ke galeri terdekat.

Registrasi Ulang dari KOMINFO Apakah Aman?
Baru - baru ini pemerintah melalui Kementerian Komunikasi (KOMINFO) mengeluarkan himbauan untuk para pengguna telepon agar segera mendaftarkan nomornya ke 4444. Apabila tidak diindahkan maka sanksi pemblokiran siap diterapkan kepada yang tidak melakukan pendaftaran. namun apakah sistem yang tersedia sudah aman? Mengingat data pribadi kita yang dikirimkan. Cara dan Pembahasan lengkapnya dapat dibaca pada artikel berikut ini: Cara Registrasi Ulang Kartu SIM dari KOMINFO apakah aman?

Semoga informasi mengenai penggantian data diri di kartu telepon (sim card) ini dapat membantu, bila ada pertanyaan atau kesulitan dalam menerapkan tutorial ini teman – teman dapat menyimpan pertanyaan di kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak. #beWiseUser!

Artikel Terkait Lainnya dari Rinditech:

COMMENTS

BLOGGER: 14
Loading...
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,6,Crime,18,Games,1,Google,9,HTML,5,Internet,37,Microsoft,6,Modem,8,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,19,Tips 'n Trick,92,Toko Online,9,Tutorial,113,WhatsApp,20,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri
Cara Merubah Data Diri Kartu SIM Telkomsel & Indosat Tanpa Harus Pergi ke Galeri
https://3.bp.blogspot.com/-JcyKQ9p_hZ0/WBNbSkz8osI/AAAAAAAACeg/hcJ2bOFQBIoWg96U2jRPT1kb5r-hmSJYgCLcB/s640/Cara%2BMerubah%2BData%2BDiri%2BKartu%2BSIM%2BTelkomsel%2B%2526%2BIndosat%2BTanpa%2BHarus%2BPergi%2Bke%2BGaleri.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JcyKQ9p_hZ0/WBNbSkz8osI/AAAAAAAACeg/hcJ2bOFQBIoWg96U2jRPT1kb5r-hmSJYgCLcB/s72-c/Cara%2BMerubah%2BData%2BDiri%2BKartu%2BSIM%2BTelkomsel%2B%2526%2BIndosat%2BTanpa%2BHarus%2BPergi%2Bke%2BGaleri.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2016/10/cara-rubah-data-diri-kartu-sim-telkomsel-indosat.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2016/10/cara-rubah-data-diri-kartu-sim-telkomsel-indosat.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy