Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Rindi Putra
53 Komentar
Beranda
Tutorial
WhatsApp
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Saat berganti handphone /smartphone semua percakapan (history chat) pada aplikasi WhatsApp tidak otomatis muncul walaupun didaftarkan dengan nomor yang sama. Jangan Khawatir, berikut cara agar percakapan (chat history) pada aplikasi WhatsApp tetap ada di handphone baru anda (untuk pengguna Android & iOS).

WhatsApp adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone agar tetap dapat terhubung dengan teman atau keluarga dimana pun mereka berada, meskipun berada di Negara yang berbeda. Namun masalah muncul ketika para pengguna aplikasi WhatsApp mengganti gadget mereka, obrolan /percakapan (chat history) yang ada pada handophone lama tidak otomatis terbawa ke handphone yang baru, itu dikarenakan aplikasi ini menyimpan seluruh percakapan secara lokal (menyimpan di memory hp) ketimbang menyimpannya secara online seperti di web server. Berikut adalah cara untuk memindahkannya.

Cara ini dapat dilakukan bila handphone lama anda masih ada dan belum melakukan perpindahan silang seperti dari Android ke iOS atau sebaliknya, maka masih mungkin untuk nemindahkan semua percakapan – percakapan yang ada ke dalam handphone anda yang baru. Berikut cara untuk memindahkannya dengan cara yang singkat dan mudah.

Mengembalikan WhatsApp chat history pada iPhone (iOS)

Ada beberapa cara untuk mengembalikan percakapan pada iPhone (iOS), namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan fitur iCloud backup. Untuk melakukannya anda perlu mengakses iPhone lama Anda dan ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone lama Anda
  2. Buka WhatsApp Setting
  3. Pilih Chats
  4. Lalu Pilih Chat Backup
  5. Tap /Klik Backup Now
    Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Setelah history chat berhasil di Backup kemudian kita berganti ke iPhone baru Anda:

  1. Re-Install Aplikasi WhatsApp di iPhone baru Anda
  2. Lakukan konfirmasi nomor telepon (harus sama dengan nomor yang didaftarkan pada iPhone lama).
  3. Anda akan dapat mengembalikan (restore) percakapan lama (chat history) pada handphone yang baru.
  4. Setujui /Agree pada pilihan ini dan percakapan lama akan kembali muncul pada handphone baru anda.

Ada baiknya kita mengaktifkan (enable) fitur Auto Backup setelah berpindah ke handphone yang baru sehingga akan lebih mudah bila kita melakukan ugrade iPhone beberapa tahun kedepan.

Mengembalikan Whatsapp chat history pada smartphone Android menggunakan Micro SD

Bila Anda menggunakan smarpthone Android yang masih memiliki slot Micro SD maka cara ini akan sangat membantu anda dalam proses pemindahan. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Android anda dan Buka bagian Setting >Chats and calls >Backup Chats. Dengan cara ini kita dapat melakukan backup semua percakapan (chat) yang ada pada handphone Android lama kita dan memindahkannya pada handphone Android yang baru.


Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Kemudian Install WhatsApp pada smartphone Android baru anda (dengan micro SD yang terpasang) dan Aplikasi WhatsApp akan mendeteksi file Backup yang ada ada Micro SD dan kita dapat memilih untuk melakukan pemulihan (restore) chat yang ada pada handphone Android yang baru.

Cara untuk Smartphone Android yang Tidak Memiliki Slot Micro SD. Menggunakan PC

Menggunakan PC /Laptop adalah solusi bagi Anda yang memiliki smartphone Android yang tidak memiliki slot Micro SD (dan sekarang semakin banyak). Berikut langkah – langkahnya:

  1. Hubungkan smartphone lama anda ke PC dengan menggunakan kabel USB (Tunggu sampai handphone terinstall di PC dan memori internal muncul di Windows Explorer PC).
  2. Cari Folder WhatsApp pada memori internal HP, kemudian Copy dan simpan (Paste) Folder WhatsApp di PC.
  3. Cabut kabel (Eject) smartphone lama dari PC.
  4. Hubungkan smartphone baru Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  5. Pindahkan atau Copy-Paste Folder WhatsApp yang telah disimpan di PC kedalam memori internal handphone yang baru.
  6. Eject smartphone yang baru dari PC.
  7. Install Aplikasi WhatsApp (saat melakukan konfirmasi nomor telepon yang sama kita akan memiliki pilihan untuk mengembalikan (restore) chat history ke handphone yang baru).
  8. Lakukan konfirmasi untuk restore chat history (chat lama akan muncul setelah melakukan konfirmasi)

Mengembalikan WhatsApp Chat History pada Android menggunakan Google Drive

Dengan cara yang sama dengan iPhone (menggunakan iCould), pengguna Android akan segera memanfaatkan fitur ini  -terutama bagi yang menggunakan gadget tanpa slot Micro SD- untuk melakukan backup otomatis. Namun nampaknya saat ini masih belum dapat digunakan karena fitur backup via Google Drive masih belum tersedia di aplikasi WhatsApp yang ada saat ini. Namun nampaknya tidak perlu menunggu lama untuk fitur ini benar – benar tersedia karena beberapa pengamat teknologi telah mengkonfirmasi bahwa fitur ini sedang dalam proses pengerjaan dan akan di luncurkan secepatnya. Bila fitur ini telah aktif kita akan segera melakukan update pada tutorial ini yang tentunya akan melengkapi pilihan dalam melakukan backup chat history pada aplikasi WhatsApp.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone (atau Sebaliknya)

Bila Teman - teman menghadapi kesulitan untuk melakukan perpindahan antar OS, seperti dari Android ke iPhone (iOS) ataupun sebaliknya, bisa mengikuti langkah - langkah yang ada pada artikel khusus yang membahas tentang itu. Link Artikel ada pada bagian 'Artikel Terkait' di bagian akhir artikel ini dengan judul Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone.

Semoga tutorial ini dapat membantu, bila masih ada kendala atau kebingungan kita bisa berdiskusi pada kolom komentar dibawah. Selalu jadi pengguna yang bijak!

Artikel Menarik lainnya tentang WhatsApp:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

53 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 05, 2022
    Kalo ganti hp tapi wa nya tidak dicadangkan gimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 05, 2022
      Kalau sudah ganti hp sih kyknya gabisa karena datanya kan hanya disimpan di HP lama. Gak ada di email/google drive.
  2. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 30, 2021
    Halo kak, kira kira untuk chat yang sangat udah lama bgt mungkin kurang lebih 90 hari ya kak, aku sempet hapus chatnya kira kira bisa balikin gak ya? Saya pengguna ios, bingung caranya biar balikin whatsapp yang lama dan kembali
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 30, 2021
      Kalau sudah pernah dihapus sih sepertinya susah dikembalikan karena itu dilakukan sama pemilik akun sendiri. Kalau masih penasaran coba aja cari di Youtube atau google lagi, tapi kyknya kalaupun ada caranya pasti lumayan ribet
  3. Unknown
    Unknown
    Kamis, Februari 25, 2021
    Bentar lagi kan mau ganti hp di wa aku banyak grup penting nanti pas udah ganti hp grupnya hilang nggak ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 26, 2021
      Semua group dan chat gak akan hilang, yang penting caranya benar ya seperti yang telah dijelaskan
  4. aroyan bagas
    aroyan bagas
    Selasa, Desember 22, 2020
    mas, hp lama saya mati total. mau ganti hp baru trs download wa lg apa bisa chatnya kembali sepeti di hp lama? kalau bisa tahapannya kaya gmn?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 22, 2020
      Tergantung. Kalau dulu pas di HP lama backup otomatis nya aktif berarti masih bisa dipindahkan chatnya, yang penting email dan nomor HP tidak berubah. Tapi kalau dulu pas di HP lama otomatis backup nya tidak aktif ya tidak bisa dikembalikan. Kalau caranya sama saja dengan cara yang ada ditulisan ini
  5. Unknown
    Unknown
    Selasa, Desember 08, 2020
    Bang gmn caranya mengembalikan chat wa yg dulu.
    Sya Kmrn pindah wa di hp baru, tpi lupa klik cadangan .
    Bisa gk di kembalikan chat yg dlu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 08, 2020
      klo sebelumnya gak di cadangkan ya gabisa, kecuali backup otomatis via gdrive nya aktif sebelum pindah baru bisa di restore. Kalau ga ada backupnya gak bisa sepertinya
  6. Unknown
    Unknown
    Minggu, Mei 17, 2020
    Kalo gara2 hpnya ke reset trs blm dicadangkan biar ada semua lg gimana bisa ga yah?? Pliss bantu😭😭😭😭
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 18, 2020
      Kalau auto backup nya aktif masih bisa di restore via email yang terhubung. Tapi kalau auto backup nya tdk aktif sepertinya susah.
  7. what do you want to do next?
    what do you want to do next?
    Minggu, Januari 12, 2020
    mau tanya, chat japrian kok ga kembali y?yang kembali hanya grup2 wa , itupun lembaran baru tidak ada riwayat chatnya, kalau foto dan file video kembali, kenapa ya?hp lama mati total kebanjiran
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 13, 2020
      Kalau seperti itu sepertinya sistem di HP lama tidak melakukan backup secara berkala ke akun Email. Karena pada waktu backup rutin. Yang pertama kali di backup duluan oleh sistem itu pasti percakapan (chat), baru kemudian file (foto & video).
  8. Anonim
    Anonim
    Senin, Oktober 28, 2019
    bang gimna carax ngembalikan chat wa di hp yg bru klo hp yg lama sudh keburu di jual sedangkan saya belum back up dan gak pake google drive? dan gak pake email juga?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Oktober 29, 2019
      Klo seperti itu sepertinya sudah tidak bisa. Tempat penyimpanan data whatsapp itu ada 2 yaitu bisa di lokal (di HP) atau online yang disimpan di akun email. Kalau salah satunya masih bisa diakses tidak masalah, tapi klo dua2 nya tidak ada sepertinya tidak bisa.
  9. Unknown
    Unknown
    Senin, April 22, 2019
    gimna cara mengembalikan history chat tapi wa blm pernah dibackup dan sudah ganti nomor baru
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 23, 2019
      Jika belum pindah HP silahkan di Backup dulu sebelum pindah ke HP yang baru. Tapi jika sudah ganti HP dan belum pernah di backup dan sudah ganti nomor seperti nya sulit.
  10. Unknown
    Unknown
    Rabu, Maret 20, 2019
    Gmn cara backup chat WA dari iphone via email (gmail) yg terdaftar bang?tks
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 23, 2019
      Klo di iPhone memang sedikit 'tricky'. Coba saja di pengaturan whatsappnya di set backup via email. dan pastikan emailnya memakai jasa gmail, bukan iCloud. Semoga membantu :)
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Yogi
    Yogi
    Senin, Maret 18, 2019
    Om, hp saya yg lama mati total dan blm pernah backup..gimana cara munculin history chat di hp yg baru ya..thanx before..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 19, 2019
      Kemungkinannya kecil jika memang tidak bernah di backup. Saat pasang di HP yang baru usahakan alamat email dan nomor telepon yang digunakan sama dengan HP yang mati total, masih ada kemungkinan auto backup tetap berjalan melalui email. Walaupun kemungkinannya juga kecil, tetapi layak dicoba. :)
  13. Unknown
    Unknown
    Selasa, April 17, 2018
    Bang kalo lupa backup data terbaru di drive trs log in di hp baru chat yg muncul yg lama", untuk munculin chat terbaru yg ada di hp lama lagi gimana ya bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, April 18, 2018
      Tergantung di pengaturan backup sebelumnya, klo di setting "Everyday" (setiap hari) masih ada kemungkinan dikembalikan. Tapi klo di sett setiap minggu /setiap bulan berarti chat terbaru memang belum di backup karena belum waktunya di backup. Coba saja dilihat di folder whatsApp di HP lama, siapatau ada juga backup internal disana. semoga membantu :)
  14. Unknown
    Unknown
    Minggu, April 15, 2018
    Kalau grup tetap ada ga meski ganti hape?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 15, 2018
      Halo Andria!
      Yup! Group juga tetap ada meski ganti hape. yg penting di backup dulu sebelum pindah perangkat (HP)
  15. avandza
    avandza
    Selasa, November 28, 2017
    Gan numpang nanya dongg.
    Hp sya hilang 3bln yg lalu trus skarang sya pkek wa bru bserta akun gmail drive baru.
    Nah skarang bisa gk chat histori wa yg hilang di pindahkan ke nmor wa yg skarang akun drivenya berbeda tpi email dan sandi drive yg lama msih ingat.
    Mhon bantuannya dongg gan mkasih bnyak sbelumnya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 02, 2017
      kalau akun gdrive nya berbeda itu gabisa, klo email + google drive yang sama seharusnya bisa.
  16. Unknown
    Unknown
    Kamis, Maret 02, 2017
    mau tanya dong bang, saya tadinya pakai android dan ketika saya install whatsapp di iphone versi whatsapp terbaru, ternyata semua chat saya yang di android hilang dan tidak muncul kembali di iphone, padahal saya sebelumnya sudah melakukan pencadangan chatting di android .. minta solusi jelasnya dong bang, saya udah bingung karena banyak data penting di dalamnya .. thanks bang
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 03, 2017
      Bisa dilihat di artikel khusus untuk transfer chat whatsapp dari Android ke iPhone atau sebaliknya. Link artikel ada pada bagian akhir artikel ini (bagian "Artikel Terkait)

      http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
    2. Unknown
      Unknown
      Jumat, Maret 03, 2017
      tapi bang masalahnya hp android nya udh di ke pengaturan pabrik jadi solusi nya gmna ? di whatsapp yang ada di iphone saya pun jadi tidak ada contact dan tidak bisa lagi tlp antar sesama pengguna wa .. plis butuh solusi nya
    3. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Maret 07, 2017
      kalau sudah di backup via email mungkin masih bisa di restore di hp android nya lagi. baru ikutin langkah yang ada di artikel ini.

      http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
    4. Unknown
      Unknown
      Kamis, Mei 11, 2017
      Jadi itu contact whatsapp yg sebelumnya disave, juga ikut restore gan? Mohon pencerahannya. Terima kasih🙏
    5. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Mei 16, 2017
      harusnya begitu gan, yang sebelumnya sudah di save akan ke restore.
  17. Panji Tukang Usil
    Panji Tukang Usil
    Selasa, Februari 21, 2017
    gue juga gak bisa bang.. gmn caranya ya? pindahin chat wa dr android ke ios.. dicoba pake move to ios gak bisa.. pake email chat nanti cm jd history aja gak bs plek sama kayak android ke android.. mohon bantuannya mastah.. :D
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 24, 2017
      coba pakai aplikasi android iphone whatsapp transfer panji. klo tutorial lengkapnya masih dalam proses pembuatan. klo butuh cepat googling aja dulu ke website sebelah, sepertinya sudah ada yg bahas. klo tutorialnya sudah jadi akan segera di publish di website ini
    2. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 03, 2017
      Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini:

      http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
  18. Udin Bandeng
    Udin Bandeng
    Selasa, Februari 14, 2017
    Temn nyoba tukeran no whatsapp, nah whatsapp dia bnyak grup penting, saling tukran no whatsapp trus awalnya di hp saya ga masuk grup whatsap dia, dia bingung terus tukeran no whatsap lagi, stelah itu grup di whatsap dia ada tapi ga bisa komen, grup wahtasap dia pindah ke whatsap saya jdi nya, itu gimana gan untuk memulihkan lagi?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Februari 16, 2017
      waduh.. belum pernah ngalamin kyk gitu, coba di uninstall dulu aplikasi whatsapp nya, terus install lg. jgn lupa di backup dulu data yg ada d whatsapp nya. semoga membantu,
  19. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Januari 21, 2017
    Klo hp xiomi dgn Samsung dan sebaliknya gmn gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Januari 21, 2017
      caranya sama dengan yang diatas, karena xiaomi dan samsung menggunakan os yg sama (android). semoga membantu,
  20. Unknown
    Unknown
    Jumat, Januari 13, 2017
    Bang gimana caranya hapus akun wa lama beserta chatnya d hp yg berbeda? Soalnya hp saya dicuri bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Januari 15, 2017
      klo itu ga bisa gan, sudah dikonfirmasi juga sama pihak WhatsApp nya. paling agan bisa menonaktifkan (deactivation) akun, dengan cara kirim email ke support@whatsapp.com dengan isi permohonan untuk menonaktifkan akun beserta keterangan detail nya.. nanti agan bisa aktifkan lagi akunnya di hp baru agan (maksimal 30hari setelah nonaktof). semoga membantu
  21. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 09, 2016
    Langkah2 pindah history chat dr android ke iphone bagaimana ya gan?
    Mohon pencerahannya..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 10, 2016
      coba pakai fitur email chat gan yg ada di setting aplikasi whatsappnya
    2. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 03, 2017
      Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini:

      http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

      semoga membantu
  22. Tampilkan selengkapnya
  23. Unknown
    Unknown
    Minggu, November 06, 2016
    Kalo dr android ke iphone bagaimana?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 06, 2016
      seperti yang saya sarankan kepada agan Hendra diatas, coba backup dulu via Gmail yang telah didaftarkan, kemudian restore dengan menggunakan cara yang sama (via email).
  24. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 28, 2016
    Kl dr ipon ke android gmn cara ny bang?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 29, 2016
      belum pernah nyoba sih, tapi coba backup dulu via Gmail yang telah didaftarkan, kemudian restore dengan menggunakan cara yang sama (via email).
    2. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Maret 03, 2017
      Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini: selamat mencoba!

      http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
  25. azi
    azi
    Senin, Oktober 24, 2016
    1000 thanks!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 24, 2016
      1000 you are welcome!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!