Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Saat berganti handphone /smartphone semua percakapan (history chat) pada aplikasi WhatsApp tidak otomatis muncul walaupun didaftarkan dengan nomor yang sama. Jangan Khawatir, berikut cara agar percakapan (chat history) pada aplikasi WhatsApp tetap ada di handphone baru anda (untuk pengguna Android & iOS).

WhatsApp adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone agar tetap dapat terhubung dengan teman atau keluarga dimana pun mereka berada, meskipun berada di Negara yang berbeda. Namun masalah muncul ketika para pengguna aplikasi WhatsApp mengganti gadget mereka, obrolan /percakapan (chat history) yang ada pada handophone lama tidak otomatis terbawa ke handphone yang baru, itu dikarenakan aplikasi ini menyimpan seluruh percakapan secara lokal (menyimpan di memory hp) ketimbang menyimpannya secara online seperti di web server. Berikut adalah cara untuk memindahkannya.

Cara ini dapat dilakukan bila handphone lama anda masih ada dan belum melakukan perpindahan silang seperti dari Android ke iOS atau sebaliknya, maka masih mungkin untuk nemindahkan semua percakapan – percakapan yang ada ke dalam handphone anda yang baru. Berikut cara untuk memindahkannya dengan cara yang singkat dan mudah.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Mengembalikan WhatsApp chat history pada iPhone (iOS)

Ada beberapa cara untuk mengembalikan percakapan pada iPhone (iOS), namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan fitur iCloud backup. Untuk melakukannya anda perlu mengakses iPhone lama Anda dan ikuti langkah berikut:
  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone lama Anda
  2. Buka WhatsApp Setting
  3. Pilih Chats
  4. Lalu Pilih Chat Backup
  5. Tap /Klik Backup Now


Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Setelah history chat berhasil di Backup kemudian kita berganti ke iPhone baru Anda:
  1. Re-Install Aplikasi WhatsApp di iPhone baru Anda
  2. Lakukan konfirmasi nomor telepon (harus sama dengan nomor yang didaftarkan pada iPhone lama).
  3. Anda akan dapat mengembalikan (restore) percakapan lama (chat history) pada handphone yang baru.
  4. Setujui /Agree pada pilihan ini dan percakapan lama akan kembali muncul pada handphone baru anda.

Ada baiknya kita mengaktifkan (enable) fitur Auto Backup setelah berpindah ke handphone yang baru sehingga akan lebih mudah bila kita melakukan ugrade iPhone beberapa tahun kedepan.

Mengembalikan Whatsapp chat history pada smartphone Android menggunakan Micro SD

Bila Anda menggunakan smarpthone Android yang masih memiliki slot Micro SD maka cara ini akan sangat membantu anda dalam proses pemindahan. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Android anda dan Buka bagian Setting >Chats and calls >Backup Chats. Dengan cara ini kita dapat melakukan backup semua percakapan (chat) yang ada pada handphone Android lama kita dan memindahkannya pada handphone Android yang baru.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Kemudian Install WhatsApp pada smartphone Android baru anda (dengan micro SD yang terpasang) dan Aplikasi WhatsApp akan mendeteksi file Backup yang ada ada Micro SD dan kita dapat memilih untuk melakukan pemulihan (restore) chat yang ada pada handphone Android yang baru.

Cara untuk Smartphone Android yang Tidak Memiliki Slot Micro SD. Menggunakan PC

Menggunakan PC /Laptop adalah solusi bagi Anda yang memiliki smartphone Android yang tidak memiliki slot Micro SD (dan sekarang semakin banyak). Berikut langkah – langkahnya:
  1. Hubungkan smartphone lama anda ke PC dengan menggunakan kabel USB (Tunggu sampai handphone terinstall di PC dan memori internal muncul di Windows Explorer PC).
  2. Cari Folder WhatsApp pada memori internal HP, kemudian Copy dan simpan (Paste) Folder WhatsApp di PC.
  3. Cabut kabel (Eject) smartphone lama dari PC.
  4. Hubungkan smartphone baru Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  5. Pindahkan atau Copy-Paste Folder WhatsApp yang telah disimpan di PC kedalam memori internal handphone yang baru.
  6. Eject smartphone yang baru dari PC.
  7. Install Aplikasi WhatsApp (saat melakukan konfirmasi nomor telepon yang sama kita akan memiliki pilihan untuk mengembalikan (restore) chat history ke handphone yang baru).
  8. Lakukan konfirmasi untuk restore chat history (chat lama akan muncul setelah melakukan konfirmasi)

Mengembalikan WhatsApp Chat History pada Android menggunakan Google Drive

Dengan cara yang sama dengan iPhone (menggunakan iCould), pengguna Android akan segera memanfaatkan fitur ini  -terutama bagi yang menggunakan gadget tanpa slot Micro SD- untuk melakukan backup otomatis. Namun nampaknya saat ini masih belum dapat digunakan karena fitur backup via Google Drive masih belum tersedia di aplikasi WhatsApp yang ada saat ini. Namun nampaknya tidak perlu menunggu lama untuk fitur ini benar – benar tersedia karena beberapa pengamat teknologi telah mengkonfirmasi bahwa fitur ini sedang dalam proses pengerjaan dan akan di luncurkan secepatnya. Bila fitur ini telah aktif kita akan segera melakukan update pada tutorial ini yang tentunya akan melengkapi pilihan dalam melakukan backup chat history pada aplikasi WhatsApp.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone (atau Sebaliknya)

Bila Teman - teman menghadapi kesulitan untuk melakukan perpindahan antar OS, seperti dari Android ke iPhone (iOS) ataupun sebaliknya, bisa mengikuti langkah - langkah yang ada pada artikel khusus yang membahas tentang itu. Link Artikel ada pada bagian 'Artikel Terkait' di bagian akhir artikel ini dengan judul Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone.

Semoga tutorial ini dapat membantu, bila masih ada kendala atau kebingungan kita bisa berdiskusi pada kolom komentar dibawah. Selalu jadi pengguna yang bijak!.

#beWiseUser

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

25 comments

Write comments
October 28, 2016 at 11:02 PM delete

Kl dr ipon ke android gmn cara ny bang?

Reply
avatar
October 29, 2016 at 3:00 PM delete

belum pernah nyoba sih, tapi coba backup dulu via Gmail yang telah didaftarkan, kemudian restore dengan menggunakan cara yang sama (via email).

Reply
avatar
November 6, 2016 at 7:50 AM delete

Kalo dr android ke iphone bagaimana?

Reply
avatar
November 6, 2016 at 3:00 PM delete

seperti yang saya sarankan kepada agan Hendra diatas, coba backup dulu via Gmail yang telah didaftarkan, kemudian restore dengan menggunakan cara yang sama (via email).

Reply
avatar
November 9, 2016 at 3:25 PM delete

Langkah2 pindah history chat dr android ke iphone bagaimana ya gan?
Mohon pencerahannya..

Reply
avatar
November 10, 2016 at 12:15 AM delete

coba pakai fitur email chat gan yg ada di setting aplikasi whatsappnya

Reply
avatar
January 13, 2017 at 10:43 PM delete

Bang gimana caranya hapus akun wa lama beserta chatnya d hp yg berbeda? Soalnya hp saya dicuri bang?

Reply
avatar
January 15, 2017 at 5:51 PM delete

klo itu ga bisa gan, sudah dikonfirmasi juga sama pihak WhatsApp nya. paling agan bisa menonaktifkan (deactivation) akun, dengan cara kirim email ke support@whatsapp.com dengan isi permohonan untuk menonaktifkan akun beserta keterangan detail nya.. nanti agan bisa aktifkan lagi akunnya di hp baru agan (maksimal 30hari setelah nonaktof). semoga membantu

Reply
avatar
January 21, 2017 at 8:18 AM delete

Klo hp xiomi dgn Samsung dan sebaliknya gmn gan?

Reply
avatar
January 21, 2017 at 9:07 AM delete

caranya sama dengan yang diatas, karena xiaomi dan samsung menggunakan os yg sama (android). semoga membantu,

Reply
avatar
February 14, 2017 at 4:34 PM delete

Temn nyoba tukeran no whatsapp, nah whatsapp dia bnyak grup penting, saling tukran no whatsapp trus awalnya di hp saya ga masuk grup whatsap dia, dia bingung terus tukeran no whatsap lagi, stelah itu grup di whatsap dia ada tapi ga bisa komen, grup wahtasap dia pindah ke whatsap saya jdi nya, itu gimana gan untuk memulihkan lagi?

Reply
avatar
February 16, 2017 at 5:21 AM delete

waduh.. belum pernah ngalamin kyk gitu, coba di uninstall dulu aplikasi whatsapp nya, terus install lg. jgn lupa di backup dulu data yg ada d whatsapp nya. semoga membantu,

Reply
avatar
February 21, 2017 at 2:55 PM delete

gue juga gak bisa bang.. gmn caranya ya? pindahin chat wa dr android ke ios.. dicoba pake move to ios gak bisa.. pake email chat nanti cm jd history aja gak bs plek sama kayak android ke android.. mohon bantuannya mastah.. :D

Reply
avatar
February 24, 2017 at 8:28 PM delete

coba pakai aplikasi android iphone whatsapp transfer panji. klo tutorial lengkapnya masih dalam proses pembuatan. klo butuh cepat googling aja dulu ke website sebelah, sepertinya sudah ada yg bahas. klo tutorialnya sudah jadi akan segera di publish di website ini

Reply
avatar
March 2, 2017 at 4:20 PM delete

mau tanya dong bang, saya tadinya pakai android dan ketika saya install whatsapp di iphone versi whatsapp terbaru, ternyata semua chat saya yang di android hilang dan tidak muncul kembali di iphone, padahal saya sebelumnya sudah melakukan pencadangan chatting di android .. minta solusi jelasnya dong bang, saya udah bingung karena banyak data penting di dalamnya .. thanks bang

Reply
avatar
March 3, 2017 at 4:10 AM delete

Bisa dilihat di artikel khusus untuk transfer chat whatsapp dari Android ke iPhone atau sebaliknya. Link artikel ada pada bagian akhir artikel ini (bagian "Artikel Terkait)

http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

Reply
avatar
March 3, 2017 at 4:12 AM delete

Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini:

http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

Reply
avatar
March 3, 2017 at 4:13 AM delete

Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini:

http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

semoga membantu

Reply
avatar
March 3, 2017 at 4:14 AM delete

Bisa juga pake cara yang ada di artikel ini: selamat mencoba!

http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

Reply
avatar
March 3, 2017 at 12:27 PM delete

tapi bang masalahnya hp android nya udh di ke pengaturan pabrik jadi solusi nya gmna ? di whatsapp yang ada di iphone saya pun jadi tidak ada contact dan tidak bisa lagi tlp antar sesama pengguna wa .. plis butuh solusi nya

Reply
avatar
March 7, 2017 at 1:03 PM delete

kalau sudah di backup via email mungkin masih bisa di restore di hp android nya lagi. baru ikutin langkah yang ada di artikel ini.

http://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html

Reply
avatar
May 11, 2017 at 2:54 PM delete

Jadi itu contact whatsapp yg sebelumnya disave, juga ikut restore gan? Mohon pencerahannya. Terima kasih🙏

Reply
avatar
May 16, 2017 at 1:43 AM delete

harusnya begitu gan, yang sebelumnya sudah di save akan ke restore.

Reply
avatar