Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Saat berganti handphone /smartphone semua percakapan ( history chat ) pada aplikasi WhatsApp tidak otomatis muncul walaupun didaftarkan den...

Saat berganti handphone /smartphone semua percakapan (history chat) pada aplikasi WhatsApp tidak otomatis muncul walaupun didaftarkan dengan nomor yang sama. Jangan Khawatir, berikut cara agar percakapan (chat history) pada aplikasi WhatsApp tetap ada di handphone baru anda (untuk pengguna Android & iOS).

WhatsApp adalah aplikasi yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna smartphone agar tetap dapat terhubung dengan teman atau keluarga dimana pun mereka berada, meskipun berada di Negara yang berbeda. Namun masalah muncul ketika para pengguna aplikasi WhatsApp mengganti gadget mereka, obrolan /percakapan (chat history) yang ada pada handophone lama tidak otomatis terbawa ke handphone yang baru, itu dikarenakan aplikasi ini menyimpan seluruh percakapan secara lokal (menyimpan di memory hp) ketimbang menyimpannya secara online seperti di web server. Berikut adalah cara untuk memindahkannya.

Cara ini dapat dilakukan bila handphone lama anda masih ada dan belum melakukan perpindahan silang seperti dari Android ke iOS atau sebaliknya, maka masih mungkin untuk nemindahkan semua percakapan – percakapan yang ada ke dalam handphone anda yang baru. Berikut cara untuk memindahkannya dengan cara yang singkat dan mudah.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Mengembalikan WhatsApp chat history pada iPhone (iOS)

Ada beberapa cara untuk mengembalikan percakapan pada iPhone (iOS), namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan fitur iCloud backup. Untuk melakukannya anda perlu mengakses iPhone lama Anda dan ikuti langkah berikut:
  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone lama Anda
  2. Buka WhatsApp Setting
  3. Pilih Chats
  4. Lalu Pilih Chat Backup
  5. Tap /Klik Backup Now


Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Setelah history chat berhasil di Backup kemudian kita berganti ke iPhone baru Anda:
  1. Re-Install Aplikasi WhatsApp di iPhone baru Anda
  2. Lakukan konfirmasi nomor telepon (harus sama dengan nomor yang didaftarkan pada iPhone lama).
  3. Anda akan dapat mengembalikan (restore) percakapan lama (chat history) pada handphone yang baru.
  4. Setujui /Agree pada pilihan ini dan percakapan lama akan kembali muncul pada handphone baru anda.

Ada baiknya kita mengaktifkan (enable) fitur Auto Backup setelah berpindah ke handphone yang baru sehingga akan lebih mudah bila kita melakukan ugrade iPhone beberapa tahun kedepan.

Mengembalikan Whatsapp chat history pada smartphone Android menggunakan Micro SD

Bila Anda menggunakan smarpthone Android yang masih memiliki slot Micro SD maka cara ini akan sangat membantu anda dalam proses pemindahan. Buka aplikasi WhatsApp pada smartphone Android anda dan Buka bagian Setting >Chats and calls >Backup Chats. Dengan cara ini kita dapat melakukan backup semua percakapan (chat) yang ada pada handphone Android lama kita dan memindahkannya pada handphone Android yang baru.
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru

Kemudian Install WhatsApp pada smartphone Android baru anda (dengan micro SD yang terpasang) dan Aplikasi WhatsApp akan mendeteksi file Backup yang ada ada Micro SD dan kita dapat memilih untuk melakukan pemulihan (restore) chat yang ada pada handphone Android yang baru.

Cara untuk Smartphone Android yang Tidak Memiliki Slot Micro SD. Menggunakan PC

Menggunakan PC /Laptop adalah solusi bagi Anda yang memiliki smartphone Android yang tidak memiliki slot Micro SD (dan sekarang semakin banyak). Berikut langkah – langkahnya:
  1. Hubungkan smartphone lama anda ke PC dengan menggunakan kabel USB (Tunggu sampai handphone terinstall di PC dan memori internal muncul di Windows Explorer PC).
  2. Cari Folder WhatsApp pada memori internal HP, kemudian Copy dan simpan (Paste) Folder WhatsApp di PC.
  3. Cabut kabel (Eject) smartphone lama dari PC.
  4. Hubungkan smartphone baru Anda ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  5. Pindahkan atau Copy-Paste Folder WhatsApp yang telah disimpan di PC kedalam memori internal handphone yang baru.
  6. Eject smartphone yang baru dari PC.
  7. Install Aplikasi WhatsApp (saat melakukan konfirmasi nomor telepon yang sama kita akan memiliki pilihan untuk mengembalikan (restore) chat history ke handphone yang baru).
  8. Lakukan konfirmasi untuk restore chat history (chat lama akan muncul setelah melakukan konfirmasi)

Mengembalikan WhatsApp Chat History pada Android menggunakan Google Drive

Dengan cara yang sama dengan iPhone (menggunakan iCould), pengguna Android akan segera memanfaatkan fitur ini  -terutama bagi yang menggunakan gadget tanpa slot Micro SD- untuk melakukan backup otomatis. Namun nampaknya saat ini masih belum dapat digunakan karena fitur backup via Google Drive masih belum tersedia di aplikasi WhatsApp yang ada saat ini. Namun nampaknya tidak perlu menunggu lama untuk fitur ini benar – benar tersedia karena beberapa pengamat teknologi telah mengkonfirmasi bahwa fitur ini sedang dalam proses pengerjaan dan akan di luncurkan secepatnya. Bila fitur ini telah aktif kita akan segera melakukan update pada tutorial ini yang tentunya akan melengkapi pilihan dalam melakukan backup chat history pada aplikasi WhatsApp.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone (atau Sebaliknya)

Bila Teman - teman menghadapi kesulitan untuk melakukan perpindahan antar OS, seperti dari Android ke iPhone (iOS) ataupun sebaliknya, bisa mengikuti langkah - langkah yang ada pada artikel khusus yang membahas tentang itu. Link Artikel ada pada bagian 'Artikel Terkait' di bagian akhir artikel ini dengan judul Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone.

Semoga tutorial ini dapat membantu, bila masih ada kendala atau kebingungan kita bisa berdiskusi pada kolom komentar dibawah. Selalu jadi pengguna yang bijak!.

#beWiseUser

Artikel Terkait:

COMMENTS

BLOGGER: 29
Loading...
Name

Android,29,Apple,12,Apps,12,ASUS,7,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,5,Crime,17,Google,8,HTML,5,Internet,34,Modem,7,Muslim Corner,10,News,72,Review,3,Samsung,9,Software,18,Tips 'n Trick,81,Toko Online,9,Tutorial,100,WhatsApp,16,Xiaomi,24,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp saat Ganti Handphone: Copy WhatsApp Chat History ke HP baru
https://1.bp.blogspot.com/-RViYLi_tFH4/Vofh-1vgOOI/AAAAAAAABgI/SZX_zPCOtDs/s400/Cara%2BMengembalikan%2BChat%2BWhatsApp%2Bsaat%2BGanti%2BHandphone%2BCopy%2BWhatsApp%2BChat%2BHistory%2Bke%2BHP%2Bbaru3.png
https://1.bp.blogspot.com/-RViYLi_tFH4/Vofh-1vgOOI/AAAAAAAABgI/SZX_zPCOtDs/s72-c/Cara%2BMengembalikan%2BChat%2BWhatsApp%2Bsaat%2BGanti%2BHandphone%2BCopy%2BWhatsApp%2BChat%2BHistory%2Bke%2BHP%2Bbaru3.png
Rindi Tech
http://www.rinditech.com/2016/01/cara-mengembalikan-chat-whatsapp-saat.html
http://www.rinditech.com/
http://www.rinditech.com/
http://www.rinditech.com/2016/01/cara-mengembalikan-chat-whatsapp-saat.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy