Kabel Fiber Optik Indihome Putus Apakah bisa Disambung?

Beberapa waktu yang lalu kabel Indihome di rumah saya putus karena tidak sengaja terpotong oleh tukang. Dan saya baru ingat bahwa kabel ter...
Kabel Fiber Optik Indihome Putus Apakah bisa Disambung?

Beberapa waktu yang lalu kabel Indihome di rumah saya putus karena tidak sengaja terpotong oleh tukang. Dan saya baru ingat bahwa kabel tersebut adalah kabel fiber optik, bukan kabel tembaga biasa. Lalu apakah kabel fiber optik Indihome yang putus bisa disambung kembali? Bagaimana caranya.

Saya pribadi termasuk orang yang sangat tertarik kedalam dunia teknologi, namun untuk urusan kabel fiber optik saya benar - benar tidak berani melakukan perbaikan sendiri, apalagi setelah melihat isi dari kabel fiber optik itu sendiri yang terlihat sangat kecil dan rapuh.

Sempat terpikir untuk menggunakan solder seperti menyambung kabel listrik, namun setelah berpikir koneksi internet saya takut akan berpengaruh ke kecepatan, itu juga kalau proses penyambungannya berhasil.

Dan waktu itu saya berfikir jika menghubungi pihak Indihome pasti pihak teknisinya memutuskan untuk mengganti kabel dari sumber (cabang kabel) ke rumah dan pastinya saya harus membayar sejumlah uang untuk mengganti kabel yang digunakan.

Baca juga: Cara Restart Modem Indihome Huawei dari HP atau PC

Saya hubungi pihak Indihome

Karena saya sangat butuh internet setiap hari untuk bekerja di rumah, akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi pihak CS Indihome untuk meminta bantuan.

Saya hubungi CS Indihome lewat akun twitter CS Indihome (@IndiHomeCare). Karena sebelumnya saya sempat ada kendala juga, jadi saya sekarang tahu apa saja data yang harus dikirim ke CS IndiHome agar cepat ditangani. Silahkan anda juga bisa mengikuti langkah berikut ini. Kirim lewat Direct Message.

  1. Nomor Internet : (masukan data anda)
  2. Atas Nama : (masukan data anda)
  3. No Hp Utama : (masukan data anda)
  4. No Hp Alternatif : (masukan data anda)
  5. Alamat : (masukan data anda)
  6. Detail keluhan/permintaan : KABEL INTERNET TERPOTONG OLEH TUKANG MOHON DIKIRIM OPERATOR

Tidak berapa lama kemudian saya mendapat balasan seperti ini dari CS Indihome.

Kak Rindi. Silakan Kakak kirimkan capture/foto kabel yang terputus ya. Ditunggu konfirmasinya. Terima kasih.

Setelah saya kirim foto kabel Indihome yang terpotong pihak CS kemudian membalas seperti ini.

Kak Rindi.

Kendala kabel yg terputus sudah ----- bantu buatkan laporan dengan nomor tiket ------- dan jadwal perbaikan ke lokasi pada tanggal -- ------ ---- sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Jika ada hal yang harus dikonfirmasi, maka Kakak akan dihubungi ke Nomor HP ------ dan -----.

Kakak bisa melakukan pengecekan status pelaporan secara mandiri melalui website dengan link ------. Password untuk akses Link tersebut akan dikirimkan melalui WA atau SMS ya Kak. 

Terima kasih.

Tidak lama kemudian ada pihak teknisi lokal yang menghubungi saya dan menanyakan detail kabel yang terpotong seperti potong nya di bagian mana, kenapa, dll. Sekalian janjian kapan akan datang ke rumah.

Baca juga: Begini Cara Telepon 147 Telkom Indihome

Kabel Fiber Optik bisa disambung dengan peralatan yang mahal

Setelah pihak teknisi datang ke rumah, ternyata dia tidak membawa kabel yang panjang tetapi membawa alat untuk menyambung kabel fiber optik yang putus. Setelah berbicara dengan pihak teknisi ternyata memang bisa disambung kabel nya.

Saya pun melihat proses penyambungan kabel fiber optik nya, dan teknisi tersebut menggunakan sebuah alat yang lumayan besar. Dari tampangnya terlihat alatnya memang sangat mahal karena memiliki sistem operasi (OS) juga, lengkap dengan layar LED untuk membantu teknisi tersebut.

Dengan alat tersebut pihak teknisi bisa mengukur tingkat keberhasilan penyambungan kabel, apakah ada koneksi internet yang berkurang, dll. Jadi alat tersebut memastikan bahwa setelah penyambungan kabel akan berfungsi normal kembali.

Dan setelah proses penyambungan selesai pihak teknisi kemudian memeriksa koneksi internet di rumah yang sudah hidup kembali. Dan setelah melakukan pengecekan kecepatan internet tidak ada yang berkurang, semuanya kembali normal.

Baca juga: Cara Membagi Jaringan WiFi Indihome

Apakah diminta bayaran oleh pihak teknisi?

Tidak. Tapi saya memberi ongkos sebagai pengganti bensin (tidak diminta, inisiatif saya sendiri). Setelah pekerjaannya beres pihak teknisi pun berpamitan kepada saya karena rumhanya lumayan jauh waktu itu. Tidak ada kode keras atau apapun untuk meminta bayaran. Jadi saya asumsikan bahwa memang itu termasuk service dari pihak Indihome.

Dan kalaupun akan ada biaya tambahan, biasanya pihak perusahaan (IndiHome) akan memberitahu dulu perkiraan biaya yang harus dikeluarkan sebelum teknisi datang. Begitu juga pihak teknisi lapangan, biasanya mereka akan memberikan gambaran biaya yang saya harus keluarkan sebelum datang ke rumah. 

Splicer Fiber Optik

Setelah saya berselancar di internet untuk mencari tahu alat apa yang digunakan teknisi tersebut, ternyata harganya sangat fantastis. Namannya splicer untuk fiber optik, di toko online alat ini dijual sekitar Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah).

Dan setelah saya berbincan dengan teman - teman yang lain, untuk memiliki lisensi penggunaan alat tersebut harus mengikuti pelatihan yang harganya juga lumayan. Jadi tidak sembarangan teknisi bisa menggunakan alat tersebut, apalagi itu alat inventaris kantor (Indihome).

Walaupun banyak tutorialnya di YouTube, tetap saja pihak Indihome pasti mendahulukan teknisi - teknisi yang telah memiliki lisensi atau sertifikat pelatihan yang resmi.

Apakah bisa disambung tanpa bantuan teknisi?

Secara teknis bisa. Namun anda harus memiliki alat splicer fiber optik diatas yang harganya bukan kaleng - kaleng. Walaupun banyak tutorial nya di YouTube, tetapi untuk saya pribadi lebih baik memanggil teknisi yang resmi dari Indihome.

Dulu mungkin agak sulit untuk memanggil teknisi tanpa iming - iming bayaran, tetapi sekarang kita sudah bisa mengajukan komplain langsung ke pusat (lewat sosial media) jadi pihak teknisi pun akan bekerja sebaik mungkin karena mereka mendapat pantauan langsung dari pusat.

Semoga tulisan mengenai kabel fiber optik Indihome yang putus dan disambung ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,26,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,54,Formula 1,18,Formula E,2,Games,48,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,25,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,266,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,292,Toko Online,51,Tutorial,332,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,22,
ltr
item
Rindi Tech: Kabel Fiber Optik Indihome Putus Apakah bisa Disambung?
Kabel Fiber Optik Indihome Putus Apakah bisa Disambung?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiNuPFf51H6msNlTbcR-emRbx36F0fQ9s_rxMy55VjyLT6cj1LcGwn_VYJg7AopTukvqbZVgRtKLuNKoIqTTc4NR0fU4ZT08Z968u332FbaGi37sSgSJAUjGyZzWlQHjhm2dzHGKKeXwzSpB3bWfi50ScQeThPijuusdDxEWPIovzj6bdypM7hhyW-Ng/w640-h356/Kabel%20Fiber%20Optik%20Indihome%20Putus%20Apakah%20bisa%20Disambung%201.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiNuPFf51H6msNlTbcR-emRbx36F0fQ9s_rxMy55VjyLT6cj1LcGwn_VYJg7AopTukvqbZVgRtKLuNKoIqTTc4NR0fU4ZT08Z968u332FbaGi37sSgSJAUjGyZzWlQHjhm2dzHGKKeXwzSpB3bWfi50ScQeThPijuusdDxEWPIovzj6bdypM7hhyW-Ng/s72-w640-c-h356/Kabel%20Fiber%20Optik%20Indihome%20Putus%20Apakah%20bisa%20Disambung%201.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/07/kabel-fiber-optik-indihome-putus-apakah-bisa-disambung.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/07/kabel-fiber-optik-indihome-putus-apakah-bisa-disambung.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content