Beranda
Microsoft
Software
Tutorial
Windows
Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Berikut ini adalah cara untuk mendapatkan Windows 10 Gratis dengan cara melakukan upgrade dari Windows 7atau lebih baru (Windows 8 – 8.1). Ini bukan cara curang ataupun mengakali agar dapat gratis namun memang untuk Windows versi terbaru ini (Windows 10) Microsoft tidak memberi harga alias RESMI GRATIS untuk pengguna Windows 7 atau 8. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

Microsoft telah resmi meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 10 dan agak sedikit mengejutkan karena mereka tidak menarik biaya sedikitpun bagi pengguna Windows 7 dan 8 bila ingin melakukan upgrade ke Windows 10. Sangat menghemat biaya bila dibandingkan dengan membeli OS Windows 10 untuk PC yang baru, karena untuk Windows 10 Home Edition nya saja pihak Microsoft membanderol dengan harga $119 atau setara dengan 1,5 Juta Rupiah belum lagi untuk untuk versi yang lainnya.

Baca juga: Hal - hal yang perlu diketahui tentang Windows 10

PENTING:
Demi kelancaran proses upgrade SANGAT DIANJURKAN untuk tetap memasang adaptor (charger) bila anda menggunakan laptop sampai proses upgrade benar – benar selesai, dan menggunakan koneksi internet yang STABIL agar tidak ada masalah saat pemasangan karena file yang rusak /tidak lengkap.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan Windows 10 salah satunya seperti yang akan kita bahas ini yaitu melalui upgrade via Windows versi sebelumnya, kita juga bisa mendapatkannya melalui antrian tiket untuk mendapatkan link file download Windows 10 dan yang lainnya, atau membelinya berupa fisik yang telah tersedia baik dalam bentuk CD maupun Flashdisk. Namun untuk sekarang kita akan membahas tentang cara mendapatkan Windows 10 yang gratis via Upgrade dari Windows 7 & 8.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8
Image: Microsoft

Berikut adalah Cara /Langkah untuk Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Cara Upgrade dari Windows 7 dan 8

1. Cara Upgrade ke Windows 10: Pastikan OS Windows 7 /8 yang Anda Gunakan Resmi (Licensed).

(Bila anda yakin Windows Anda resmi lewati bagian ini) Hal yang sangat esensial dan pastinya anda juga menyadari hal ini karena tidak mungkin Microsoft mengijinkan anda untuk mendapatkan Windows 10 dengan modal Windows 7 atau 8 bajakan kan??? Hehe. Untuk mengetahui apakah Windows yang kita gunakan ini resmi /tidak, kita bisa memeriksanya di bagian Properties pada My Computer.

2. Cara Upgrade ke Windows 10: Pastikan OS Windows 7 /8 yang Anda Gunakan Update.

(Bila anda yakin Windows Anda resmi lewati bagian ini) Bukan update AntiVirus nya ya.. tapi Update OS-nya!. Selain untuk menjaga PC /laptop kita tetap aman dan nyaman ternyata OS yang update merupakan gerbang untuk masuknya Windows 10 yang telah disiapkan oleh pihak Microsoft. Untuk mengetahui apakan Windows yang kita gunakan ini masih up to date atau tidak, kita hanya perlu memeriksa pada pada fitur Windows Update dengan cara ketik “windows update” pada search-bar seperti gambar dibawah ini:

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Setelah Jendela Windows Update terbuka kemudian Pilih >Change Setting yang ada di pilihan menu sebelah kiri lalu ubah pengaturan menjadi “Install Update Automatically” seperti pada gambar dibawah kemudian pilih >OK.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Setelah pengaturan ini diaktifkan Windows 7 anda akan melakukan update OS –TETAPI- ini bukan update menjadi Windows 10 tetapi update ke windows 7 atau 8 yang terakhir. Biarkan OS anda melakukan update sampai selesai, PC akan melakukan restart beberapa kali sampai logo Windows 10 muncul pada bagian taskbar (kanan-bawah).

3. Cara Upgrade ke Windows 10: Klik Logo Windows 10.

Setelah melakukan update OS yang sedang dipakai maka Logo Windows 10 akan otomatis muncul pada area taskbar seperti gambar dibawah ini dan Klik logo tersebut untuk membuka jendela upgrade Windows.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8
Image: cNet

Pada Jendela tersebut kita akan diberikan sedikit penjelasan tentang fitur dan proses upgrade ke Windows 10.

4. Cara Upgrade ke Windows 10: Cek Kesiapan /Spesifikasi PC

Untuk melakukan Upgrade ke Windows 10 pihak Microsoft telah menentukan batas minimal spesifikasi Komputer /Laptop yang dapat melakukan upgrade, bukan untuk membeda – bedakan tetapi lebih kepada kenyamanan pengguna, Anda juga pasti tidak mau kan bila setelah melakukan upgrade komputer /Laptop kita malah menjadi lemot atau terus melakukan restart secara tiba – tiba karena prosesor tidak kuat? Nah untuk itu ada baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan memilih menu >Check your PC seperti gambar dibawah.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Bila setelah diperiksa hasilnya menunjukan kata – kata “This PC will work with Windows 10” maka Komputer /Laptop anda dapat melakukan upgrade dengan aman seperti pada gambar dibawah.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

5. Cara Upgrade ke Windows 10: Klik “Upgrade Now”

Setelah klik “Upgrade now” maka anda akan diberi pilihan “Upgrade now” atau “Start download, upgrade later” bila anda ingin langsung upgrade setelah melakukan download file maka pilihlan “Upgrade now” dan proses download pun akan dimulai. Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Proses download akan memakan waktu yang lumayan lama karena file yang di download berukuran besar yaitu sekitar 3GB (setara dengan 3 buah film BluRay 720p. Hehe). Setelah proses download selesai proses akan berlanjut kepada instalasi OS.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8 Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

6. Cara Upgrade ke Windows 10: Ikuti Proses Upgrade untuk Menentukan Setelan Pribadi

Setelah proses instalasi selesai maka komputer akan melakukan restart berkali-kali sampai proses upgrade benar – benar tuntas. Windows sekali – kali akan meminta anda untuk memilih pengaturan yang anda inginkan, bila tidak ada yang ingin Anda rubah maka pilihlah setelan /setting yang direkomendasikan yang muncul.

7. Cara Upgrade ke Windows 10: Selesai!

Setelah melakukan setelah pribadi maka Windows akan menyelesaikan proses upgrade ke Windows 10 sampai sempurna, bila desktop Anda telah berubah tampilan maka itu tanda bahwa proses upgrade berjalan dengan sempurna. Lalu Anda dapat melakukan penyetelan Windows 10 sesuai yang anda inginkan baik dari segi tampilan maupun pengaturan yang ada.

Cara Lengkap Mendapatkan Windows 10 Gratis dengan Upgrade dari Windows 7 & 8

Solusi Auto Update

Setelah anda menggunakan Windows 10 pada awal penggunaan dipastikan akan banyak sistem background yang berjalan sebagai bentuk penyesuaian termasuk dengan sistem update windows otomatis, pada Windows 10 kita tidak dapat menonaktifkan fitur auto update dari jendela pengaturan seperti biasa, harus melalui sistem Registry atau Melalui LGPE (Local Group Policy Editor). Langkah lengkapnya bisa dibaca pada artikel berikut ini: Baca: Cara Nonaktifkan Auto Update pada Windows 10 (All Version)

Semoga tutorial ini dapat membantu anda yang ingin melakukan upgrade Windows yang sekarang anda gunakan ke Windows 10, mohon maaf bila tulisannya terlalu panjang, resiko artikel tutorial ya pasti banyak gambarnya, step by step agar jelas.. hehe. Namun bila masih ada yang belum jelas atau bingung pada langkah – langkah diatas kita bisa langsung berdiskusi pada kolom komentar ya.

Selamat menggunakan Windows 10 dan tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!