Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp

Berikut ini adalah cara aman bila anda ingin mengganti nomor handphone lama anda dengan nomor yang baru atau sebaliknya. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, cara ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 menit dan akun whatsapp anda akan berganti nomor tanpa menghapus history chat, group, dan foto profil anda selama tidak berganti handphone.

Berikut ini adalah cara aman bila anda ingin mengganti nomor handphone lama anda dengan nomor yang baru atau sebaliknya. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, cara ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 menit dan akun whatsapp anda akan berganti nomor tanpa menghapus history chat, group, dan foto profil anda selama tidak berganti handphone.

Banyak sekali alasan kita sebagai pengguna untuk mengganti nomor handphone kita yang terdaftar di WhatsApp, dari mulai nomor yang lama telah hilang, terlalu sering mendapatkan pesan spam ke nomor yang sekarang sedang digunakan sampai kepada menghindari debt collector . hehe namun alasan apapun itu, pastikan anda melakukan penggantian nomor dengan cara yang aman, bila tidak berbagai macam resiko telah menunggu, dari mulai hilang kontak dan hilang history chat. 

Sebelum melakukan proses penggantian nomor, ada baiknya anda memahami 3 hal yang akan terjadi berikut ini setelah melakukan penggantian nomor.

3 Hal yang akan terjadi bila kita mengganti nomor WhatsApp:

  1. Memindahkan group, profil, dan juga akun ke nomor yang baru.
  2. Semua Riwayat chat tidak akan hilang dan dapat dilanjutkan kembali seperti biasa dengan catatan kita tidak berganti telepon.
  3. Kontak yang ada di nomor telepon yang lama akan dihapus, kecuali kontak tersebut disimpan via email, bukan via nomor telepon.


Sebelum memulai pastikan dahulu nomor anda yang baru dapat menerima SMS, Telepon dan mempunyai koneksi internet.
 

Berikut Langkah – langkah untuk Mengganti Nomor Handphone Anda di WhatsApp

1. Pasang dan aktifkan nomor (Kartu SIM) baru anda.
2. Buka aplikasi WhatsApp.
3. Masuk ke fitur Ganti nomor:
- Tekan tombol Menu >Setelan >Akun >Ganti nomor. (Bahasa Indonesia)
- Tekan tombol Menu >Settings >Account >Change number. (Bahasa Inggris)
Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
4. Masukan nomor telepon yang lama di kolom atas, dan nomor baru di kolom bawah
5. Tekan SELESAI /DONE pada pojok kanan-atas layar.
6. Verifikasi. Selesai!

Pada bagian verifikasi, pada umumnya bersifat otomatis, kita tinggal menunggu proses beberapa detik dan nomor kita pun telah resmi berganti secara otomatis. Namun bila anda masih diminta untuk melakukan verifikasi manual gunakan saja kode yang dikirim oleh pihak WhatsApp melalui SMS atau telepon.

Catatan Penting Tentang Penggantian Nomor Handphone di Aplikasi WhatsApp:


Penggatian nomor ini tidak akan diberitahukan kepada semua kontak yang ada, notifikasi /pemberitahuan bahwa anda telah mengganti nomor hanya akan muncul pada group – group yang anda ikuti. Bila perlu beritahu terlebih dahulu kontak – kontak yang ada bahwa anda akan mengganti nomor WhatsApp secara personal, atau bisa saja anda memberitahu mereka melalui status update.

Semoga Artikel ini dapat membantu dan mempermudah anda dalam proses penggantian nomor handphone di Aplikasi WhatsApp. Apabila masih memiliki kendala bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar dibawah ya.

Artikel Terkait:

COMMENTS

BLOGGER: 35
  1. kenapa no.WA group masih nyangkut di nomer yang lama Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masih nyangkut berarti harus di hapus /ganti manual gan..

      Delete
  2. Mas, misal kita ganti no wa yg baru. Terus ganti lagi ke no wa yg lama.Chattingan kita yg no wa yg baru tetep no itu kan di chattingannya org? Atau ganti jg ke no yg lama. Karna kita ga delete account no wa yg baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tetap nomor yang sama untuk chattingan yang dulu. kecuali kalau kita chatting lagi setelah menggunakan nomor yg sedang dipakai. semoga membantu,

      Delete
  3. mas, misalkan wa ganti nmor baru pada hp lama...trus nomor lama tetap digunakan untuk akun wa di hp yg baru...apa yg trjadi?? terima ksih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cara penggantian kartunya benar dan sesuai, tidak akan ada masalah. hp akan melakukan perubahan nomor sesuai dengan yang diinginkan.
      semoga membantu,

      Delete
  4. Gan mau tanya,

    Kalo ganti nomor lama ke nomor baru di hp yang sama, apakah kontak, grup, chat hilang semua?

    Dan ketika ganti nomor telepon, bagaimana tampilan kontak di hp yang lain? Misal teman saya cuman punya nomor saya yang lama, ketika nomor saya diganti yang baru, apakah nomor saya yg baru hilang di kontak teman saya?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kontak group chat tidak hilang gan..

      di kontak lain akan tetap nomor yang lama, tetapi tetap bisa berkomunikasi seperti biasa,
      semoga membantu

      Delete
  5. om mau tanya, saya pnya 2 hp masing2 dgn 2 nomor WA yg berbeda, dua2 nya aktip dg kontak dan grup2 yang berbeda,
    nhah, ketika WA di hp ke-1 saya ganti dgn nomor WA yg di Hp ke-2, kontak dan grup yg manakah yang akan muncul di WA hp ke-1?

    klo kontak dan grup ikut brubah, apakah bs kembali spt semula??

    trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau data group dan kontak itu mengikuti dimana data tersebut disimpan, jadi data group dan kontak bila tidak dilakukan backup akan tetap berada di handphone yang semula. jadi data group dan kontak tetap akan tetap menggunakan data di hp ke - 1

      Delete
  6. Mo tanya, adakah proses konfirmasi ke no yg lama? Kebetulan no telp yg lama bermasalah (lupa isi pulsa sampai batas waktu aktif). Rencananya sblm ke costumer care provider untuk proses pengaktifan kartu lama, ganti nomor supaya tetap aktif di wa nya dgn nomor yg lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo handphone nya masih sama, tidak perlu melakukan konfirmasi di aplikasi whatsapp, langsung saja ganti nomornya. akun whatsapp tidak akan berubah, dan akan berjalan normal karena pada dasarnya aplikasi whatsapp bekerja berdasarkan koneksi internet. semoga membantu,

      Delete
    2. Punya ana kya gtu tetep kgk bisa ah

      Delete
  7. Klo punya 2 hp trus no. Wa nya itu jadi wa di hp ke 1 itu pake no dihp ke 2,wa di hp ke 2 pake no dihp ke 1,trus wa hp ke 1 mo dipindahin ke hp ke 2,trus yang di hp ke 2 mo ganti no yang ada di hp ke 1 (ganti no.yach Bukan pindahin wa lagi) itu nanti history sama group nya ilang semua ga gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di backup dulu semua data nya yang ada di hp via email atau via memoricard yang berbeda >>uninstall whatsapp (dua2 nya)>> pindah kartu >>install whatsapp >>restore data sesuai nomor. cara lengkap nya bisa ikuti langkah2 yang ada di tutorial ini:

      //www.rinditech.com/2016/01/cara-mengembalikan-chat-whatsapp-saat.html

      Semoga membantu,

      Delete
  8. Kalo di wa misal ada org yg tau no hp lama kita tanpa kita save no hp dia kan dia bisa chat kita, apabila sy ada rencana untuk ganti no no wa lama dg yg no wa baru. Kondisi dg ponsel yg sama, apakah org tsb masih bs chat kita ? Saya cari cara utk menghindar agar org tsb tdk bs chat wa saya. Mohon bqntuannya, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. bila kita mengganti nomor hp di whatsapp orang tersebut tidak akan bisa mengirim chat (kecuali mengetahui nomor baru kita).

      Tetapi semua anggota group yang diikuti akan tahu bahwa kita telah mengganti nomor karena nomor baru kita akan otomatis mengirim notifikasi ke SEMUA group yang kita ikuti(Contoh: Herlina Fitri change her phone number from 08.... to 08....)

      Jadi bila kita ada di salah satu group yang sama dengan orang tersebut, dia akan mengetahui bahwa kita telah mengganti nomor (berikut dengan nomor baru).

      semoga membantu,

      Delete
  9. gan kl mau ganti nomer baru apakah orang" yg tau nomer saya harus save ulang nomer wa saya yg baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! mereka harus masukan manual nomor baru agan, karena nomor yang lama tidak akan otomatis berubah di kontak teman2 agan.

      Delete
  10. Hi Rindi, thank you buat artikelnya. Boleh minta saranmu?

    Sekarang saya pakai Iphone 6s dengan nomor WA Telkomsel. Karena paket data Telkomsel mahal, rencananya saya:
    (1) mau beli nomor baru (XL) karena paket data lebih murah
    (2) Simcard Telkomsel akan saya ganti dengan simcard XL tersebut
    (3) Simcard Telkomsel-nya akan saya pasang di iphone 5.

    pertanyaan:
    (1) begitu saya masukkan simcard XL ke iphone 6s saya, apakah data (group, photo, video) akan hilang?

    (2) di iphone 5, saya akan install whatsapp juga dan kemudian saya isi dengan simcard Telkomsel saya. Apakah data2 WA yang di iphone 6 bisa saya migrasikan ke WA di iphone 5?

    Mohon sarannya ya Rindi. Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Unknown! (karena tidak memasukan nama. hehe)

      Jawaban:
      (1) Tidak.

      (2) Bisa.

      Sebelum cabut kartu telkomselnya dari iPhone 6s pastikan lakukan backup all file dahulu ke iCloud (cari di bagian settings /pengaturan) kemudian restore di iPhone 5 saat pertama kali melakukan pemasangan whatsApp. Semoga membantu :)

      Delete
  11. Kalau ganti no hp baru di wa, terus nanti mau kembali ke no wa yg lama itu bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah coba Siska, tapi berdasarkan peraturan dan settingan yang ada itu bisa saja dilakukan, yang penting nomor tersebut tidak terhubung dengan akun wa yang lain. selamat mencoba! :)

      Delete
  12. Gan kalo ganti nomer tp masih di WA yang sama dan akun google drive nya juga ganti. Karna mengikuti verifikasi nomer WA yg baru itu masih bisa di recovery gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ganti nomor di HP yang sama tidak memerlukan recovery, langsung saja ganti. setelah ganti kartu dan ganti akun G-Drive disarankan untuk lakukan backup ke akun gDrive yang baru. semoga membantu Rina :)

      Delete
  13. Gan kalo mau ganti no wa yg lama dengan no yg baru, dan memakai hp yang sama.. apakah no yg kita blokir di no wa yang lama akan mengetahui no baru kita? Atau secara otomatis no yg kita blokir akan terhapus di no baru dan tidak dapat menghubungi kita lagi? Tolong pebcerahannya gan, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kontak yang mempunyai nomor lama kita tidak akan tahu nomor baru kita. kecuali anggota group yang kita ikuti, karena akan ada notifikasi di chat group. juga anggota group masih bisa mencari nomor baru Anda pada bagian "group info (participant)". semoga membantu :)

      Delete
  14. Gan mau tanya, saya sudah ganti nomor dgn no yg baru di setelan akun.apakah chat yg lama masihtersimpan di no yg lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak gan, kalau sudah ganti nomor di hape yang sama. chat otomatis akan ikut ke nomor yang baru. semoga membantu :)

      Delete
  15. Gan saya mau tanya, nomer wa yg saya pakai ini nomernya mati nah rencanaya saya mau ganti nomer baru berikut nomer wa nya juga. Pertanyaan saya apakah jika kita ganti nomer kita harus memberitahu satu persatu teman kecuali group dan chatingan masih tetap ada di wa yg batu tetapi jika kita ingin menggechat lagi apakah itu tdk tersimpan otomatis ya dikontak mereka pdhl profil sama cuma nomer yg beda.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Panngastuti!
      Yup! bener banget, klo ganti nomer semua teman yg punya kontak kita tidak akan tau karena whatsapp menggunakan nomor telepon sebagai ID utama (seperti username). maka chat yg tersimpanpun terhubung ke nomor saat digunakan.
      klo ngasihtau satu2 dirasa ribet, kita juga bisa menggantinya dengan membuat status di whatsapp bahwa kita akan berganti nomor ke xxxx beberapa kali sebelum ganti nomor atau bisa dengan mengirim pesan secara broadcast. semoga membantu :D

      Delete
  16. Gan,klo saya ganti nomor+ganti hp gimana caranya biar tetap bisa masuk ke group?td dah coba pake ganti nomor di settingan wa, tertulis akun gak cocok. Trus gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ikuti langkah ini:
      pertama ganti nomor di hp lama. lalu backup via email atau backup lokal. kemudian di hape baru uninstall whatsapp, masukan sim card, kemudian install kembali whatsapp. jangan lupa pilih restore backup. kalau kurang jelas bisa di google aja satu2 langkah diatas. semoga membantu :)

      Delete
  17. Gan, waktu itu saya konfirmasi tukar no wa, tapi yg kirim kode verifikasi 6 digit nya itu dari nomor hp yg tidak dikenal. Itu aman g ya gan?
    pas kodenya dimasukin bisa sih.. nomornya wanya berhasil ditukar. Tapi saya masih ragu karna yg kirim kode verifikasi 6 digitnya itu no hp. Itu gimana ya gan? Terima kasih sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau alur nya seperti itu sih kemungkinan besar aman - aman saja gan. Yang perlu diwaspadai itu jika ada orang lain yang meminta nomor verifikasi dari agan, itu patut dicurigai. Overall aman gan. Insyaallah..

      Delete

Name

Android,33,Apple,16,Apps,13,ASUS,12,Automotive,4,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,13,Computer,3,Corel,6,Crime,18,Games,7,Google,15,HTML,5,Internet,48,Microsoft,14,Modem,8,Muslim Corner,10,News,131,Review,16,Samsung,12,Security,27,Social Media,41,Software,20,Sponsored,2,Tips 'n Trick,118,Toko Online,19,Tutorial,141,WhatsApp,23,Xiaomi,26,YouTube,2,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
Cara Aman Ganti Nomor HP WhatsApp
Berikut ini adalah cara aman bila anda ingin mengganti nomor handphone lama anda dengan nomor yang baru atau sebaliknya. Tidak perlu memerlukan waktu yang lama, cara ini hanya memerlukan waktu tidak lebih dari 2 menit dan akun whatsapp anda akan berganti nomor tanpa menghapus history chat, group, dan foto profil anda selama tidak berganti handphone.
https://1.bp.blogspot.com/-Du4ZdTjR1Pk/V2DXGyTx5pI/AAAAAAAAB2Y/zY2kyQAn6WgTt373ittwKx9LCiLtDjKYwCLcB/s320/Cara%2BAman%2BGanti%2BNomor%2BHP%2BWhatsApp.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Du4ZdTjR1Pk/V2DXGyTx5pI/AAAAAAAAB2Y/zY2kyQAn6WgTt373ittwKx9LCiLtDjKYwCLcB/s72-c/Cara%2BAman%2BGanti%2BNomor%2BHP%2BWhatsApp.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2016/06/cara-ganti-nomor-whatsapp.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2016/06/cara-ganti-nomor-whatsapp.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy