Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Smartphone
Tutorial
Xiaomi
Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file
Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file

Berikut ini adalah solusi HP Xiaomi tidak bisa connect ke laptop atau PC untuk transfer file. Masalah ini ditandai jika HP atau smartphone tidak terdeteksi saat dicolok ke laptop atau komputer dengan kabel USB. Lalu bagaimana cara mengatasi HP yang tidak terdeteksi di PC?

Ada banyak faktor yang membuat masalah ini muncul, salah satunya yang paling sering adalah sistem HP yang kembali ke pengaturan 'aman' dimana HP tidak akan bisa diakses dari luar (termasuk dari koneksi USB) untuk alasan keamanan.

Faktor lainnya adalah dari masalah hardware atau perangkat yang digunakan, bisa dari kabel yang rusak atau colokan di laptop atau komputer yang bermasalah seperti berdebu, karat atau masalah lainnya yang mengakibatkan koneksi tidak bisa terhubung sempurna.

Untuk masalah hardware bisa diperiksa sendiri ya, untuk dari sisi software atau pengaturan di HP kali ini kita akan mengaktifkan mode developer dan memberikan izin agar koneksi dari kabel USB bisa mengakses data yang ada di HP. Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Solusi HP Xiaomi tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file

  1. Silahkan buka bagian pengaturan atau >Settings (Setelan)
  2. Cari dan buka menu >About phone (Tentang Ponsel)
  3. Silahkan tap/klik 7-12 kali di bagian >MIUI Version /Build Number (Versi MIUI) hingga muncul tulisan "Now, you are a Developer" (Sekarang anda seorang pengembang!).
    Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file
  4. Setelah muncul tulisan "you are now a developer" silahkan kembali ke halaman >Settings (Setelan)
  5. Silahkan buka menu >Additional settings (Setelan tambahan) 
  6. Kemudian cari dan buka menu >Developer options (Opsi pengembang)
  7. Pada menu Developer silahkan cari dan aktifkan menu >USB Debugging (Debugging USB). Jika sudah aktif sebelumnya, saya sarankan untuk lakukan ON/OFF (nonaktifkan lalu kembali aktifkan) agar sistem melakukan refresh settings.
  8. Jika ada permintaan Izin/Permission pastikan memilih tombol >OK atau Allow
    Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file
  9. Setelah USB debugging diaktifkan, silahkan langsung coba hubungkan HP dengan PC /Laptop seperti biasa.
  10. Jika HP sudah terdeteksi di PC/laptop maka anda tidak perlu melanjutkan ke langkah selanjutnya. Tapi jika HP belum terdeteksi silahkan ikuti langkah selanjutnya.
  11. Saat HP baru terhubung dengan PC, di layar akan muncul notifikasi tentang koneksi via USB >USB untuk pengisian daya. Silahkan klik notifikasi tersebut hingga muncul menu pop-up baru
  12. Pada menu baru yang muncul silahkan pilih Gunakan USB untuk >Transfer File (MTP)
    Solusi HP Xiaomi Tidak bisa Connect ke Laptop PC untuk transfer file
  13. Jika berhasil memori HP akan terdeteksi di Laptop /komputer anda.
  14. Selesai. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa  

Setelah selesai mengaktifkan USB debugging, bisa langsung ditest ke PC atau laptop. Tidak perlu melakukan restart HP atau langkah tambahan lainnya. Pastikan saja port/colokan yang digunakan masih normal dan tidak ada masalah.

Periksa kualitas dan type kabel USB

Pastikan kabel USB yang digunakan memiliki kualitas yang baik, jangan gunakan kabel abal - abal!. Sekarang ini banyak sekali type kabel USB yang dijual, ada yang hanya untuk mengisi daya (charge only) dan ada juga yang bisa digunakan untuk transfer file.

Kabel "charge only" tidak semuanya palsu, karena ada beberapa brand besar yang menjual kabel dengan type "charge only". Kabel ini memang difokuskan untuk mengisi baterai/daya di HP dengan daya hantar yang kuat seperti kabel untuk fast charging. Dan tentunya kabel yang hanya bisa untuk mengisi baterai harganya lebih murah dari kabel USB yang bisa transfer data walaupun sama - sama fast charging.

Kabel USB bawaan HP biasanya sudah mendukung transfer data tinggal pastikan saja port /colokannya masih bagus dan tidak ada masalah seperti berdebu atau berkarat.

Semoga tulisan mengenai solusi HP tidka bisa connect ke laptop PC ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!