Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)

Berikut ini adalah cara untuk melakukan eject /remove flashdisk OTG (On the Go) atau flashdisk apapun di HP Android. Di PC atau computer biasanya muncul tulisan “remove safely” jika flashdisk yang terhubung sudah dapat dicabut dari portnya. Lalu bagaimana cara melakukan eject flashdisk yang benar di smartphone?

Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)
Berikut ini adalah cara untuk melakukan eject /remove flashdisk OTG (On the Go) atau flashdisk apapun di HP Android. Di PC atau computer biasanya muncul tulisan “remove safely” jika flashdisk yang terhubung sudah dapat dicabut dari portnya. Lalu bagaimana cara melakukan eject flashdisk yang benar di smartphone?

Teknologi yang ada didalam smartphone semakin beragam, mulai dari software sampai hardware pendukung yang terkadang seperti agak ‘berlebihan’. Teknologi yang ada didalam sebuah smartphone akan dinilai berlebihan jika penggunanya tidak memanfaatkan teknologi tersebut dengan maksimal, atau bahkan banyak yang masih belum tahu smartphone yang dibeli itu dapat melakukan apa saja.

Salah satu fitur baru atau teknologi yang terlihat sekali fungsinya di smartphone adalah fitur untuk terhubung dengan alat penyimpanan seperti flashdisk langsung ke HP tanpa melalui perantara seperti PC ataupun laptop.

Sekarang, cukup dengan menggunakan kabel converter USB OTG kita sudah dapat menghubungkan flashdik dengan smartphone. Bahkan sudah ada flashdisk yang mempunyai 2 buah port, 1 port USB yang biasa digunakan untuk terhubung dengan computer atau laptop, dan satu lagi port Micro USB yang dapat langsung dihubungkan dengan port micro USB di smartphone (yang biasa digunakan untuk mengisi baterai).


Apakah semua Smartphone dapat terhubung dengan flashdisk?

Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Karena dibutuhkan teknologi terbaru agar sebuah smartphone dapat mengakses data yang berada di dalam sebuah flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

Seiring berjalannya waktu kami yakin bahwa dalam waktu tidak lama lagi semua smartphone produksi baru akan support flashdisk OTG. Dilihat dari kegunaannya yang sangat banyak, seperti mengakses data di flashdiksk bahkan hardisk external, sangat mungkin bahwa semua produsen akan segera membekali seluruh smartphone baru mereka dengan fitur USB OTG ini.

Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Pilihan Eject /Remove Flashdisk di area notifikasi sering hilang

Saat flashdisk pertama kali dihubungkan ke smartphone, biasanya muncul notifikasi device baru yang terhubung dan pada notifikasi tersebut juga terdapat pilihan remove /eject flashdisk sehingga bila kita telah menekan tombola tersebut maka flashdisk dapat di cabut atau di keluarkan dengan aman, tanpa takut merusak atau menghilangkan file yang ada di flashdisk.

Namun terkadang dan bahkan sering, setelah kita mengakses file atau folder yang ada di flashdisk melalui smartphone pilihan eject atau remove media (flashdisk) yang ada di area notifikasi menjadi tidak ada atau hilang. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memisahkan kedua benda tersebut dengan aman, tanpa takut kehilangan data karena dicabut paksa.


Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android


Berikut ini adalah cara aman untuk melakukan eject atau remove flashdisk OTG yang terhubung dengan HP android. Pada contoh praktek kali ini kami menggunakan smartphone Xiaomi yang katanya mempunyai system keamanan yang lebih ketat dari HP android lainnya.


  1. Pastikan tidak ada aktifitas yang mengakses penyimpanan di flashdisk, seperti copy, merubah nama file, melihat – lihat foto yang ada di flashdisk, dll.
  2. Buka bagian >Settings (>Pengaturan)
  3. Pilih bagian >Storage (>Penyimpanan)
  4. Pada bagian USB STORAGE pilih >Unmount (>Lepaskan)
  5. Klik >Ok. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa koneksi benar – benar sudah sepenuhnya terputus.
  6. Cabut flashdisk dari HP. Selesai!

Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Setelah melakukan langkah – langkah diatas maka data yang ada di kedua media atau perangkat sudah aman untuk dicabut dan data – data yang ada tidak akan rusak karena proses mencabutan media penyimpanan external (flashdisk) yang salah.

Kami yakin bahwa cara ini tidak hanya untuk smartphone Xiaomi, untuk merk lainpun dapat mengikuti langkah – langkah yang ada di tutorial ini. Mungkin akan sedikit berbeda dari tulisan /menu yang ada namun pada prinsipnya semua sama, pengaturan untuk melakukan eject atau unmounts berada pada bagian penyimpanan (storage).

Walaupun fitur ini sangat memudahkan kita untuk melakukan transfer file dari penyimpanan eksternal, tetapi kami tidak menyarankan anda untuk menghubungkan flashdisk ke HP terlalu sering karena dikhawatirkan port (lubang) yang ada di smartphone cepat lecet atau menjadi berkurang kemampuannya. Lakukan disaat butuh saja, atau lakukan transfer file dalam jumlah yang banyak pada satu kali penghubungan.

Ada masalah?

Bila teman – teman mengalami kendala atau masalah error saat melakukan tutorial atau langkah – langkah diatas, silahkan simpan pertanyaan ataupun saran pada kolom komentar dibawah seperti biasa. 

Semoga artikel atau tutorial mengenai cara melakukan eject atau remove USB flashdisk di HP Android ini dapat menjadi solusi dan referensi teman – teman. Terima kasih, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait lainnya:

COMMENTS

BLOGGER: 16
  1. Maaf bagaimana dengan smartphone xuaomi yang sudah telanjur di eject? :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada data yang hilang atau error berarti tidak ada masalah. selanjutnya harus lebih berhati - hati lagi.

      Delete
  2. Maaf di xiaomi saya di penyimpanan gak ada unmount usb, apakah aman usb nya langsung dicabut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo tidak ada unmount kemungkinan sudah aman untuk dicabut. pastikan setelah dicabut tidak ada file yg rusak atau hilang. semoga membantu :)

      Delete
    2. saya pakai redmi note 4, pertama kali menghubungkan flashdisk otg di storage tidak ada unmount, di kumpulan notifikasi juga tidak ada, saat dilihat ke explorer usb nya masih terhubung, jadi langsung saya cabut saja. Sudah beberapa kali langsung cabut karena kebutuhan tapi saya jadi takut rusak. Apa ada kemungkinan dia otomatis safe eject kalau tidak ada aktivitas? terima kasih.

      Delete
  3. Harusnya sih opsi unmount muncul di semua type HP. Untuk sementara sih tidak ada masalah, pastikan saja jika ada update software langsung diupdate karena biasanya masalah itu muncul dari software yang tidak sempurna.

    ReplyDelete
  4. Di hp saya gak ade unmount usb pada storage.Adakah boleh di cabut begitu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada unmount usb tidak apa - apa dicabut, pastikan sebelum dicabut tidak ada file yang sedang diakses di USB. pastikan software selalu up to date.

      Delete
  5. trmksh, ,pencerahan yg cukup bijak. 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama gan, senang jika agan sudah tercerahkan dengan tulisan ini.

      Delete
  6. Setelah pindah file dari sdcard ke flasdis,notif USB tidak ada untuk di eject, gmn? Sy pakai mi a2 lite.mohon solusinya.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah sudah coba cara - cara diatas? Seharusnya didalam sistem storage masih ada terlihat flashdisk yang terhubung. Jika memang tidak ada, silahkan buka lagi sdcard nya, dan jika masih tidak ada di notif dan di sistem settings, langsung dicabut saja (tapi jangan dibiasakan).

      Delete
  7. Saya terlanjur cabut otg krn dilayar ga ada notif proses transfer sudah sls atau blm. Ternyata otg corrupted dan mnt format ulang. Gimana cara selametin data yg uda tersimpan di otg sblmnya sblm saya fix otg corrupted ini? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sudah seperti itu sepertinya harus diperbaiki melalui laptop atau komputer. Bisa di troubleshooting atau di scan melalui sistem disk management atau CMD. Lebih lengkapnya langsung aja di google cara memperbaiki flashdisk yang corrupted / error. Semoga cepat teratasi!

      Delete
    2. Tapi datanya msh bs terselamatkan ga kak?

      Delete
    3. Tergantung seberapa parah kerusakannya. Sepertinya kamu cabut otg nya sebelum proses transfer selesai semoga saja yang rusak cuman file yang ditransfer saja. Langsung saja dipraktekan biar segera ketahuan hasilnya. semoga file nya masih bisa kembali ya

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Android,35,Apple,28,Apps,15,ASUS,15,Automotive,6,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,23,Finance,25,Games,13,Google,19,HTML,5,Instagram,14,Internet,57,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,186,OPPO,1,Productivity,12,Review,45,Robot,1,Samsung,18,Security,35,Social Media,53,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,180,Toko Online,31,Tutorial,204,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,29,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)
Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)
Berikut ini adalah cara untuk melakukan eject /remove flashdisk OTG (On the Go) atau flashdisk apapun di HP Android. Di PC atau computer biasanya muncul tulisan “remove safely” jika flashdisk yang terhubung sudah dapat dicabut dari portnya. Lalu bagaimana cara melakukan eject flashdisk yang benar di smartphone?
https://1.bp.blogspot.com/-P2Q_HImqFPw/XVItcbYhP1I/AAAAAAAAGo0/d6d2_ReHRBsWg4dXAJ11idxle4LyulKoQCLcBGAs/s640/Cara%2BAman%2BEject%2BRemove%2BFlashdisk%2BOTG%2Bdi%2BHP%2BAndroid%2B%2528Xiaomi%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P2Q_HImqFPw/XVItcbYhP1I/AAAAAAAAGo0/d6d2_ReHRBsWg4dXAJ11idxle4LyulKoQCLcBGAs/s72-c/Cara%2BAman%2BEject%2BRemove%2BFlashdisk%2BOTG%2Bdi%2BHP%2BAndroid%2B%2528Xiaomi%2529.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2017/11/cara-aman-eject-remove-flashdisk-otg-android-xiaomi.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2017/11/cara-aman-eject-remove-flashdisk-otg-android-xiaomi.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy