Wow! Segini Harga Parkir Kapal Pesiar saat Monaco Grand Prix

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Formula 1
News
Wow! Segini Harga Parkir Kapal Pesiar saat Monaco Grand Prix
Wow! Segini Harga Parkir Kapal Pesiar saat Monaco Grand Prix

Gelaran Monaco Grand Prix merupakan salah satu balapan yang paling terkenal di dunia. Selain harga tiket yang mahal, harga hotel pun pasti ikut naik dan termasuk biaya "parkir" bagi kapal pesiar yang ingin bersandar di dekat sirkuit. Lalu berapa harga parkir kapal pesiar saat Monaco GP?

Tidak hanya bagi kalangan penggemar otomotif, para atlit dari bidang lain dan selebriti Hollywood pun sering terlihat wara - wiri di area paddock. Entah mereka itu benar penggemar F1 ataupun datang karena diundang, yang jelas menjadikan balapan di Monaco ini seperti khusus kalangan elit.

Dengan banyaknya public figure yang datang maka pelayanan yang disediakan pun pastinya tidak murah. Selain harga tiket yang mahal, biaya menginap pun pastinya ikut naik. Termasuk biaya bersandar bagi para pemilik kapal pesiar (Yacht) yang ingin bersandar di dekat sirkuit.

Beda berlabuh dan bersandar

Untuk berlabuh, kapal pesiar tidak perlu menyentuh dermaga, atau parkir di tengah laut. Untuk mencapai daratan biasanya menggunakan kapal yang lebih kecil. Sedangkan untuk bersandar kapal pesiar harus menyentuh dermaga dan bisa langsung digunakan untuk naik-turun penumpang dan barang.

Berapa Harga Parkir Kapal Pesiar saat Monaco Grand Prix?

Dari akun Twitter bernama Vincenzo Landino, harga bersandar di dermaga Hercules, Monaco berkisar €1.200 per hari untuk sebuah kapal pesiar. Selama musim balapan Formula 1 harga tersebut bisa naik menjadi €3.500 per malam. Bahkan tempat bersandar paling mahal bisa mencapai seharga €100.000 untuk 5 hari.

Karena harga berlabuh sangat dipengaruhi oleh ukuran kapal, maka sebagai contoh kita akan gunakan ukuran kapal pesiar (Mega Yacht) yang dimiliki oleh Lawrence Stroll pemilik tim Aston Martin F1. Dengan detail sebagai berikut:

  • Nama Kapal Pesiar: Faith
  • Pemilik (Owner): Lawrence Stroll
  • Panjang (Lenght): 96.55 meter
  • Lebar (Beam): 14.5 meter
  • Berat (Weight): 3000 ton
Wow! Segini Harga Parkir Kapal Pesiar saat Monaco Grand Prix

Gambar diatas diambil dari website (f1i.com) menunjukan kapal pesiar bernama "Faith" milik Lawrence Stroll. Terlihat kapal pesiar Faith sangat besar dan paling panjang diantara kapal yang ada didalam gambar.

Data diatas akan kita gunakan untuk melakukan booking tempat untuk bersandar di dermaga Hercule, Monaco. Informasi harga dibawah ini kami dapatkan dari website khusus untuk reservasi tempat berlabuh di Port Hercule Monaco berikut ini: https://www.marinareservation.com/marina-port-hercule-744

Booking /per malam (masuk hari Sabtu, keluar hari Minggu):

  • Biaya sandar: € 2178.00
  • Biaya Service: € 326.70
  • Total: € 2504.7

Booking untuk F1 Weekend 5 hari (Masuk hari Kamis, keluar hari Senin):

  • Biaya sandar: € 8712.00
  • Biaya Service: € 1306.80
  • Total: € 10018.8

Belum termasuk biaya tambahan lainnya

Perlu diingat, harga diatas merupakan harga pembukaan atau harga untuk parkir kapal saja, total tagihan dipastikan lebih dari itu karena belum termasuk biaya untuk fasilitas lainnya atau permintaan khusus. Berikut ini adalah fasilitas - fasilitas yang disediakan oleh pihak dermaga:

  • Water, Bar, Restaurant, Wifi, Electricity
  • Fuel station, Weather forecasting, Market
  • Dressing rooms, Shipyard, Diving
  • Crane, Laundry, Travellift
  • Waste collection, Residual water collection, Bilge Collection
  • Towing, Seamanship, Service Station for ships
  • Master harbour

Kita bisa asumsikan bahwa fasilitas - fasilitas diatas ini tidak termasuk kedalam biaya berlabuh. Maka tidak heran jika total tagihan untuk 5 hari dari yang asalnya € 10018.8 bisa membengkak sampai € 100.000.00

The Triple Crown of Motorsports

Balapan Monaco Grand Prix masuk kedalam 3 balapan legendaris di dunia bersama dengan balapan Indianapolis 500 (Amerika) dan balapan 24 hours of Le Mans (Prancis). Dimana jika seorang pembalap bisa memenangi di 3 balapan ini, dia akan diberi gelar (unofficial) bernama "Triple Crown".

Sampai saat artikel ini ditulis baru satu orang yang bisa menjuarai 3 balapan diatas, yaitu pembalap asal Inggris bernama Graham Hill. Hill mampu menjadi juara Indy 500 (1966), juara 24 hours of Le Mans (1972), dan Monaco Grand Prix (1963, 1964, 1965, 1968, 1969).

Maka tidak heran jika gelaran Monaco GP ini menjadi salah satu balapan yang ikonik dan bersejarah di dunia motorsports.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!