Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital - Data Resmi Kominfo

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Productivity
Tutorial
Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital - Data Resmi Kominfo
Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital - Data Resmi Kominfo

Sudah memasang antena tinggi tapi siaran TV digital masih sedikit? Mungkin anda tidak mengarahkan antena ke tower pemancar siaran TV digital terdekat. Untuk memastikannya saya sarankan anda untuk mengukur jarak antara rumah anda ke lokasi terdekat pemancar siaran tv digital. Lalu gimana cara cari sinyal tv digital terbaik?

Cara cek jarak ke pemancar siaran TV digital sangat mudah, anda hanya perlu membuka website resmi dari kominfo tentang lokasi pemancar dan selanjutnya anda bisa mengukur jarak pemancar ke rumah anda dengan bantuan aplikasi Google maps. Saya sarankan anda untuk membaca instruksi atau tutorial ini secara pelan - pelan agar tidak ada langkah yang terlewat dan agar hasilnya lebih akurat.

Jika antena sudah diarahkan dengan tepat, anda tidak perlu lagi mencari channel tertentu secara susah payah menggunakan berapa MHz dll, anda hanya perlu melakukan pencarian otomatis dan semua channel akan muncul!

Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital Resmi Dari Kominfo

  1. Buka halaman website resmi dari Kominfo untuk mencari tahu nama wilayah siaran berikut ini: https://siarandigital.kominfo.go.id/wilayah-siaran
  2. Silahkan cari nama daerah anda, gunakan nama kota atau nama kabupaten. Agar lebih cepat ditemukan, silahkan gunakan fitur kolom pencarian. Sebagai contoh, saya berada di daerah Cianjur, maka saya akan mencari "Kabupaten Cianjur". 
  3. Jika sudah ketemu nama daerah nya, silahkan catat nama yang ada di kolom "Wilayah Layanan Siaran TV Digital". Dan pada contoh saya, Kabupaten CIanjur ternyata berada di wilayah layanan: "Jawa Barat - 7"

    Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital - Data Resmi Kominfo

  4. Selanjutnya silahkan klik menu "Peta Sebaran Lokasi Pemancar Siaran TV Digital". Jika tidak ada masalah, halaman dengan judul "Peta Sebaran Lokasi Stasiun Radio - ISR MUX TV DIGITAL" akan terbuka.
  5. Silahkan atur "Nama Provinsi" dan "Wilayah Layanan" pada kolom yang ada. Pada contoh ini, berarti saya harus memasukan "Jawa Barat" di kolom nama provinsi dan memilih "Jawa Barat - 7" di kolom wilayah layanan. Jika berhasil, jumlah tower pemancar akan berkurang dan hanya tersisa tower pemancar khusus untuk wilayan anda saja.
  6. Silahkan di zoom pada peta dan cari tower terdekat ke daerah anda, pastikan anda mencatat nama daerah atau kecamatan dimana lokasi tower pemancar ditempatkan. Jika bingung memilih, di catat saja semua tower yang ada dan nanti anda bandingkan semua jaraknya ke lokasi rumah anda.

    Cara Cek Jarak ke Pemancar Siaran TV Digital - Data Resmi Kominfo

  7. Selanjutnya di tab baru silahkan buka halaman website Google Map (google.com/maps)  atau bisa juga buka aplikasi Google Map di HP anda.
  8. Silahkan klik atau tap di lokasi rumah atau tempat anda ingin memasang antena tv digital anda hingga muncul titik penanda baru, klik-kanan pada titik tersebut atau swipe-up jika anda menggunakan aplikasi maps di smartphone untuk memunculkan menu baru.
  9. Silahkan pilih menu "Measure distance" atau "Mengukur jarak"
  10. Arahkan peta ke lokasi tower pemancar terdekat dan klik tepat (atau mendekati) lokasi dimana tower berada, jika anda menggunakan browser silahkan klik di lokasi tower pemancar terdekat. Jika tidak ada masalah, jarak lurus antara rumah anda dan lokasi tower pemancar akan muncul di keterangan.

Arahkan antena ke lokasi tower pemancar terdekat

Karena sekarang anda sudah mengetahui lokasi tower pemancar terdekat dengan cara diatas, maka selanjutnya silahkan arahkan antena tv ke lokasi tower tersebut, dengan begitu anda akan mendapatkan sinyal maksimal dari tower pemancar tersebut.

Silahkan geserkan beberapa derajat ke kiri atau ke kanan dan coba scan ulang siaran tv. Silahkan lakukan trial and error untuk mendapatkan posisi antena terbaik.

Bagaimana Cara Menguatkan Sinyal TV Digital?

Yakin daerah anda sudah masuk kedalam jangkauan siaran TV digital, namun sinyal TV masih rendah? Mungkin anda perlu memperkuat sinyal yang diterima antena. Ada beberapa cara untuk menguatkan sinyal tv digital. Salah satunya dalah dengan mengaktifkan menu daya antena di pengaturan STB.

  • Buka Menu atau pengaturan STB
  • Cari pengaturan "Daya antena"
  • Rubah pengaturan daya antena menjadi "Hidup"

Dengan cara ini, STB anda akan memberikan semacam listrik dorongan atau biasa disebut booster untuk antena anda. Perlu diingat bahwa tidak semua antena mendukung fitur booster ini, jadi sebelumnya pastikan dulu antena yang anda gunakan mendukung fitur booster dari STB.

Apakah posisi antena mempengaruhi sinyal TV digital?

Selain memasang STB (Set Top Box), anda juga perlu menggunakan antena yang mampu menangkap sinyal TV digital. Jika jarak pemancar ke antena cukup dekat, maka antena indoor sudah cukup sebenarnya, namun tetap lebih direkomendasikan untuk menggunakan antena luar (outdoor) dengan jenis UHF bukan VHF agar tangkapan sinyal maksimal dan bisa jadi mendapatkan lebih banyak channel TV.

Selain pemasangan indoor dan outdoor, posisi atau arah antena juga bisa berpengaruh terhadap tangkapan sinyal tv digital. posisi atau arah terbaik memasang antena adalah dengan mengarahkannya ke lokasi tower pemancar terdekat.

Jadi jika selama ini kualitas TV digital anda masih biasa saja, ada kemungkinan antena yang anda gunakan tidak diarahkan ke lokasi tower pemancar terdekat. 

Jarak dalam satuan Mile, bukan Kilometer? Ikuti langkah ini

Untuk beberapa smartphone, jarak didalam google map secara default menggunakan satuan Miles, bukan kilometer. Ukuran ini umumnya digunakan oleh para pengguna smartphone di wilayah Amerika Serikat dan sekitarnya, untuk di Indonesia kita lebih akrab menggunakan satuan kilometer. 

Untuk merubahnya ke satuan kilometer silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Klik icon foto profile anda untuk membuka Menu aplikasi
  • Silahkan buka menu "Settings" / "Pengaturan"
  • Buka pengaturan "Distance units" / "Satuan jarak"
  • Terdapat 3 pilihan, Automatic, Kilometers, dan Miles. Silahkan pilih "Kilometers".
  • Selesail. Silahkan coba lagi cara diatas untuk mengukur jarak rumah anda ke tower pemancar siaran tv digital terdekat.

Semoga tutorial cara cek jarak ke pemancar siaran TV digital ini bermanfaat, jika ada pertanyaan seputar siaran TV digital silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!