Beranda
Automotive
Formula E
News
Gelaran Formula E di China Dibatalkan karena Virus Corona
Gelaran Formula E di China Dibatalkan karena Virus Corona
Formula E | Autosport
Efek dari penyebaran virus corona terus melebar, kali ini gelaran Formula E di China yang dibatalkan. Event balap mobil dengan teknologi atau tenaga listrik ini sebelumnya dijadwalkan pada tanggal 21 Maret 2020 di Provinsi Hainan, China.

Gelaran Formula E juga akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 6 Juni 2020 namun China sepertinya terancam gagal menyelenggarakannya karena wabah virus corona yang masih belum mereda.

Pembatalan ini sepertinya menindaklanjuti pengumuman dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa wabah virus corona telah resmi menjadi bahaya internasional dan mengubah menjadi status gawat darurat dalam hal penyebaran virus Corona ini.

Dengan pengumuman tersebut nampaknya para pemangku kepentingan gelaran balap Formula E di China memilih untuk berhati - hati. Dan bersepakat untuk membatalkan gelaran balap mobil listrik tersebut di China.

Baca juga: Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis


Gelaran Formula E di China Dibatalkan karena Virus Corona

Sebelumnya, pada tanggal 2 Februari 2020 waktu setempat, FIA (Federation International De L'Automobile) Mengeluarkan pernyataan yang berkaitan dengan gelaran Formula E di China dengan judul Statement on Sanya E-Prix di websitenya. FIA menyatakan bahwa mereka tidak jadi menggelar balapan Formula E di China.

FIA mengatakan mereka juga telah berkomunikasi dengan pemerintah setempat dalam hal ini diwakili oleh Federation of Automobile and Motorcycle Sports of People’s Republic of China (CAMF). Dan juga berkoordinasi dengan penyelenggara lokal Enova Holdings bersepakat untuk tidak menyelenggarakan event balap mobil listrik tersebut di China.

"Dengan memperhatikan situasi yang sedang berkembang dan dengan pengumuman dari WHO yang menyatakan sudah masuk status gawat darurat, Formula E telah mengambil keputusan (tidak akan balapan di China) untuk memastikan kesehatan dan keselamatan dari para staff, peserta lomba dan juga para pendukung, yang menjadi bagian penting dari gelaran ini." -FIA

Alasan kesehatan dan keamanan sepertinya menjadi faktor yang utama alasan kenapa balapan Formula E di China tidak jadi, dan nampaknya seluruh pihak pun dapat menerima dengan baik keputusan tersebut.

Baca Juga: OnePlus Concept One Kamera Hilang dengan Teknologi Sunroof Mobil

Tidak jadi atau ditunda?


Balapan yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2020 tersebut dibatalkan karena situasi masih gawat darurat terhadap virus corona, namun apakah benar - benar sudah dihapus atau masih ada kesempatan?.

Nampaknya kesempatan China untuk menjadi tuan rumah gelaran balap Formula E masih terbuka. Pada pernyataannya FIA mengatakan bahwa mereka masih terus berkoordinasi dengan seluruh pihak. Mereka juga tetap memantau perkembangan yang sedang terjadi terkait penyebaran virus corona ini secara terus menerus.

Ada kemungkinan batal atau bisa jadi hanya diundur. Kita lihat saja ya, semoga situasi ini cepat mereda dan gelaran Formula E di China tetap dapat dilaksanakan meskipun harus ada penyesuaian di beberapa aspek.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda siap untuk gelaran Formula E di Indonesia nanti?


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!