Beranda
Formula 1
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis
Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis

Berikut ini adalah cara menambah jadwal Formula 1 ke kalender HP dan PC secara otomatis. Dengan cara ini anda akan mengetahui bagaimana cara menambahkan jadwal balap Formula 1 full untuk satu musim balapan. Anda dapat melakukan sinkronisasi di semua perangkat yang terhubung dengan akun anda.

Dengan cara ini anda dapat langsung melihat jadwal balapan Formula 1 di aplikasi kalender yang ada di smartphone anda. Atau anda juga dapat melihatnya dari aplikasi kalender di browser. Dengan begitu anda tidak perlu lagi membuka halaman website formula 1 secara terus menerus jika ingin melihat jadwal balapan.

Dibawah ini saya akan bahas melalui 2 tahap. Tahap pertama adalah menambah jadwal formula 1 ke kalender yang terkait dengan akun google atau apple anda. Tahap kedua adalah melakukan sinkronisasi jadwal di aplikasi Calendar di smartphone anda agar semua jadwal satu musim full muncul di halaman kalender.

Baca juga: Syarat Teknis Mengikuti Turnamen F1 Esports Dunia

Tidak hanya untuk Jadwal Formula 1

Perlu anda ketahui, cara ini tidak terbatas untuk jadwal Formula 1 saja, tetapi anda juga dapat menambahkan jadwal lainnya ke kalender yang terkait dengan akun Google anda. Contohnya seperti jadwal pertandingan tim sepak bola favorit anda atau jadwal resmi lainnya yang disediakan oleh pemilik website.

Yang berbeda hanya di alamat website atau aplikasi nya saja, karena saat ini kita akan menambahkan jadwal Formula 1 ke kalender HP, maka kita akan membuka halaman website resmi Formula 1. Namun jika anda ingin menambahkan jadwal pertandingan bola tim favorit anda, tinggal dicari saja di halaman websitenya.

Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC


  1. Buka browser di HP atau PC (chrome, firefox, safari, dll)
  2. Buka website GMail (gmail.com) kemudian silahkan login ke akun GMail anda seperti biasa.
  3. Kemudian buka website resmi formula 1 (formula1.com)
  4. klik tombol >Menu di kiri-atas  layar (Jika anda menggunakan PC silahkan lewati langkah ini)
  5. pilih menu >Schedule
  6. Cari tulisan >Sync Calendar hingga muncul pilihan Apple, Google, Outlook (dll)
    Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis
  7. Silahkan pilih sesuai perangkat yang anda gunakan, karena disini saya menggunakan smartphone Android maka saya pilih menamnbahkan jadwal ke akun Google. Browser akan membuka tab baru untuk menampilkan kalender
  8. Jika anda belum pernah melakukan penambahan event, anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi penambahan event ke kalender. Silahkan konfirmasi dengan klik tombol >Add />OK
    Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis
  9. Selesai. Anda telah selesai menambahkan jadwal lengkap balap F1 ke kalender di akun Google atau Apple anda.

Baca juga: Cara Forward Email Otomatis dari Yahoo ke Google

Sinkronisasi di HP

Pada tahap ini anda telah berhasil menambahkan jadwal F1 ke akun Gmail atau Google tetapi belum akan muncul di aplikasi kalender di HP anda. Untuk memunculkannya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi >Calendar
  2. Klik tombol >Menu (kiri-atas)
  3. Buka menu >Settings
    Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis
  4. Cari dan klik pada jadwal Formula 1 dengan nama "FIA Formula One World Championship Race Calendar" untuk membuka pengaturan jadwal
  5. Jika telah terbuka silahkan >aktifkan tombol Sync menjadi ON di pengaturan kalender F1
    Cara Menambah Jadwal Formula 1 ke Kalender HP dan PC Otomatis
  6. Selesai. Silahkan periksa kembali halaman utama aplikasi kalendar anda.


Jika telah menyelesaikan kedua tahap ini, seharusnya jadwal balap F1 di aplikasi kalender anda akan muncul untuk satu musim penuh, termasuk jadwal pra-musim seperti jadwal testing dan acara - acara lainnya.

Semoga tulisan mengenai cara menambah jadwal formula 1 ke kalender HP dan PC secara otomatis ini bermanfaat. Jika anda mengalami kendala silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!