Beranda
Formula 1
Games
News
Peraturan
Syarat Teknis Mengikuti Turnamen F1 Esports Dunia
Syarat Teknis Mengikuti Turnamen F1 Esport Dunia
F1 Esport live event | f1esports.com

Berikut ini adalah syarat utama mengikuti turnamen F1 Esports dunia. Penyelenggaraan turnamen Esports saat ini sudah sering dilakukan oleh game - game online, tidak terkecuali game balap Formula 1 yang sering disebut balapan jet darat.

Turnamen F1 Esports diadakan oleh pihak pengembang game Codemaster yang telah mendapat lisensi resmi dan juga bekerjasama dengan pihak Liberty Media, selaku pemilik lisensi. Dengan begitu kompetisi ini juga masuk kedalam agenda Formula 1 secara keseluruhan.

Mulai dari proses kualifikasi sampai putaran final turnamen F1 Esports, seluruhnya disiarkan langsung oleh Formula 1 di berbagai media. Seperti di channel Youtube, Twitch, dan media publikasi lainnya yang dimiliki oleh Formula 1.

Baca juga: Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10

Kualifikasi

Sebelum Lanjut ke kompetisi utama atau Pro Series Season /Pro Draft yang mengumpulkan seluruh driver dari berbagai dunia di satu tempat, setiap pemain harus lolos tahap kualifikasi. Proses kualifikasi pun tidak sebentar, pada event F1 Esports 2020 dilaksanakan kurang lebih selama 7 bulan (Juli 2019 - Januari 2020).

waktu tersebut sama seperti setengah musim balapan F1 yang sesunggungnya. Tetapi hal ini masuk akal karena dengan banyaknya pemain yang mendaftar di seluruh dunia, proses seleksi pun otomatis akan lebih lama.

Selain itu, pihak penyelenggara juga harus mengadakan seleksi di 3 konsol game yang berbeda yaitu PS4, XBOX, dan juga PC.

Seperti yang telah dijelaskan diatas, untuk kompetisi tahun F1 Esports 2020 telah selesai dilaksanakan dan untuk F1 Esports 2021 saat ini proses kualifikasi telah dimulai. Jadi anda masih memiliki banyak waktu untuk persiapan di kompetisi selanjutnya, F1 Esports 2022.

Baca juga: Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun

Syarat Utama Mengikuti Turnamen F1 Esports Dunia

Syarat Teknis Mengikuti Turnamen F1 Esports Dunia
Alur kualifikasi F1 Esports 2020
Perlu diingat bahwa ini adalah "syarat utama" atau lebih tepatnya syarat teknis agar anda dapat mengikuti turnamen f1 Esports dunia atau global. Kita tidak akan membahas terlalu mendetail tetapi fokus kepada hal - hal mendasar yang harus anda penuhi jika ingin mengikuti kompetisi ini.
  1. Terbuka untuk seluruh pemain di seluruh dunia (kecuali keryawan dan keluarga dari perusahaan penyelenggara kompetisi)
  2. Usia minimal 16 (atau sesuai peraturan pemerintah negera masing - masing)
  3. Mengisi formulir pendaftaran online di link berikut ini: https://f1esports.com/login
  4. Mempunyai salah satu dari consol ini: XBOX One, XBOX One S, XBOX One X, PS4, PS4 Pro, atau Windows PC dengan spesifikasi yang baik
  5. Mempunyai Game Formula 1 dengan update terbaru 
  6. Mempunyai akun di Steam / XBOX Live Gold Membership / PSN Membership (atau akun lain yang mempunyai fitur untuk bermain game Formula 1 online)
  7. Memiliki koneksi internet dengan kecepatan minimal 3 Mbps download dan 0.5 Mbps upload
  8. Ping max 150 ms ke server "Bradford" di U.K. (Cara lengkapnya bisa dilihat di artikel berikut ini: Cara cek ping internet)
Untuk melihat peraturan yang lengkap silahkan kunjungi halaman resmi F1 Esports berikut ini: https://f1esports.com/rules

Live Event

Setelah lolos tahap kualifikasi atau masuk di tahap Pro Draft. Setiap driver atau pemain akan direkrut oleh tim - tim yang juga berkompetisi di balapan F1 yang sesungguhnya. Seperti halnya driver profesional yang dikontrak sebagai perwakilan tim di kompetisi F1 Esports pada live event.

Pada tahap Pro draft ini anda baru akan dikumpulkan dengan pemain lainnya yang juga lolos untuk bertanding di acara live event. Acara live event ini biasanya akan disiarkan secara langsung oleh seluruh chanel media yang dimiliki oleh Formula 1.

Bagaimana menurut anda? apakah anda sudah dapat memenuhi syarat diatas?. Atau anda sudah pernah mengikuti kompetisi ini? Yuk! berbagi pengalaman di kolom komentar!

Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!