Beranda
Internet
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Streaming Lalu - lintas dari CCTV DISHUB JABAR

Berikut ini adalah cara untuk mengakses streaming lalu lintas CCTV DISHUB JABAR (Dinas Perhubungan Jawa Barat). Dengan cara ini kita dapat melihat situasi lalu - lintas di daerah jawabarat secara langsung atau LIVE!. Bagaimana caranya?

Perlu diketahuin bahwa tidak semua daerah di setiap kabupaten atau kota memiliki CCTV. Perlu waktu agar semua lalu - lintas di setiap daerah memiliki CCTV. Dan apabila telah terpasang pun belum tentu dapat diakses karena perlu terhubung ke jaringan DISHUB JABAR (Dinas Perhubungan Jawa Barat).

Beberapa kali website untuk akses CCTV ini berpindah, semula bisa langsung di akses dari halaman dishub Jabar, namun saat ini dialihkan ke halaman website Binamarga PUPR. Kali ini pemprov Jabar mengusung tema SIMANIS (Sistem Informasi Jalan & Wisata Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat). 

Cara Streaming Lalu - lintas dari CCTV DISHUB JABAR

Cek Lalu - lintas CCTV DISHUB JABAR Langsung dari HP

Pada beberapa percobaan kami mengalami kesulitan untuk mengakses lalu - lintas CCTV DISHUB Jabar dari komputer (PC). Bahkan sudah berpindah ke komputer yang berbeda-pun tetap tidak bisa, mungkin masih dalam tahap pengembangan.

Tapi untuk di perangkat smartphone (HP) tidak ada masalah. Kami dapat melihat lalu lintas di daerah Jawa Barat tanpa masalah. Walaupun belum sempat kami coba semua CCTV yang ada di dalam daftar, CCTV yang kami telah akses semuanya tidak ada masalah. Kami dapat melihat situasi lalu - lintas secara langsung alias LIVE!.

Baca juga: Cara Melihat Semua CCTV di Bandung LIVE

Cara Streaming Lalu - lintas dari CCTV DISHUB JABAR

Sebelum lanjut ke tutorial atau langkah - langkah memantau CCTV Dishub Jabar, pastikan dahulu HP anda memiliki akses internet yang baik. Karena pada umumnya untuk dapat melakukan streaming secara langsung memerlukan koneksi internet yang stabil. Selanjutnya ikuti langkah - langkah berikut ini:

  1. Buka Browser (Chrome, Safari, Firefox, dll)
  2. Masuk Halaman website Dishub Jabar https://simanis-dishub.jabarprov.go.id 
  3. Silahkan scroll ke bawah dan cari menu Pantau CCTV, silahkan klik atau buka menu tersebut.
  4. Jika berhasil anda akan membuka halaman streaming berikut ini: https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv
  5. Halaman akan menunjukan lokasi - lokasi CCTV yang bisa di akses. Silahkan Pilih lokasi CCTV yang ingin di lihat dari daftar CCTV yang ada.
    Cara Streaming Lalu - lintas dari CCTV DISHUB JABAR

  6. Silahkan  lihat juga CCTV lainnya untuk perbandingan.

Langkah diatas sukses apabila video sudah muncul. Untuk melihat lokasi lainnya silahkan ulangi langkah - langkah diatas atau klik tombol kembali (Back) kemudian pilih lokasi lainnya seperti langkah diatas.

Video CCTV tidak muncul?

Ada beberapa hal yang dapat membuat video CCTV tidak muncul diantaranya sbb:
  • CCTV sedang offline. Tetap berfungsi dan merekam namun ada masalah koneksi antara CCTV dan sistem di website.
  • Bandwith Streaming overload. Terlalu banyak yang streaming di kamera CCTV yang sama. 
  • Koneksi internet yang sedang kita gunakan kurang kuat dan tidak stabil. Silahkan cek kecepatan internet atau WiFi, pastikan memiliki kecepatan yang stabil dengan ping yang rendah.
  • CCTV rusak atau sedang dalam perbaikan.
  • lain - lain.
Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan cara di bawah ini untuk akses CCTV di daerah Jawa Barat bahkan sampai ke Jawa Tengah, Jawa Timur, dll.

Semoga artikel mengenai cara streaming lalu lintas CCTV DISHUB JABAR ini dapat membantu teman - teman. Apabila ada kesulitan atau pertanyaan silahkan simpan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!