Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Internet
Tutorial
Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Berikut ini adalah cara cek kecepatan ping internet di server tertentu. Dengan cara ini anda akan dapat mengetahui cara cek respond ping di server yang akan anda gunakan. Kualitas Ping sama pentingnya dengan kecepatan atau bandwidth internet pada suatu jaringan.

Cara cek kecepatan ping internet ini biasanya digunakan untuk menilai seberapa lama sebuah koneksi mendapat balasan /respond dari server yang digunakan. Semakin tinggi nilai ping maka semakin lama komputer atau smartphone anda mendapat respond dari server, begitu juga sebaliknya.

Informasi ping ini umumnya digunakan untuk kegiatan real-time oleh beberapa orang di server yang sama. Contohnya dalam permainan online yang melibatkan banyak pemain, nilai ping sangat penting untuk menentukan seberapa besar delay yang akan anda dapatkan saat bermain game online.

Apa itu PING Internet?

Ping adalah waktu respond koneksi internet anda, seberapa cepat anda mendapat respond setelah anda mengirim sinyal kepada sebuah server. Semakin cepat nilai ping maka semakin cepat pula anda mendapatkan respond. Nilai sebuah ping diukur dalam satuan miliseconds (ms).

Contohnya seperti pada game online yang melibatkan banyak pemain seperti PUBG, Fortnite, CSGO, Dota, Formula 1, ACC, dll. Semakin kecil nilai ping yang didapatkan maka akan semakin baik dalam respond yang didapatkan, tidak ada delay.

Jika nila ping anda terlalu besar (lama) maka anda akan merasakan delay saat bermain online dan pastinya hal tersebut akan merugikan anda sebagai pemain.

Tidak hanya untuk game online, nilai ping juga sangat penting untuk setiap kegiatan online yang membutuhkan ketepatan waktu (real-time). Contoh lainnya bisa dilihat di kegiatan jual - beli saham atau valuta asing (valas) yang dimana ketepatan waktu membeli akan sangat mempengaruhi hasil yang didapatkan.


Cara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu

Sebagai contoh saya akan cek kecepatan ping internet yang sedang saya gunakan di server global game balapan Formula 1 yang berada di Inggris (United Kingdom). Untuk dapat mengikuti kompetisi secara global, pihak penyelenggara mematok nilai ping maksimal 150 ms.

Selain itu pihak penyelenggara juga memberitahu server mana yang akan digunakan nanti untuk seleksi putaran akhir, yaitu server di U.K. bernama "Bradford". Ini contoh, pada prakteknya silahkan anda ganti server "Bradford" dengan server yang anda maksudkan.

  1. Buka salah satu website pengujian kecepatan internet (speed test checket), sebagai contoh saya menggunakan website speedtest.net
  2. Klik tulisan >Change server dibawah kolom server yang digunakan
  3. Silahkan cari dan pilih server yang ingin digunakan melalui kolom pencarian. Sebagai contoh saya akan menggunakan server "Bradford" sesuai petunjuk dari penyelenggara kompetisi F1 EsportCara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu
  4. Setelah server dipilih silahkan lanjutkan dengan menekan tombol >GO utama yang besar
  5. Tunggu beberapa saat hingga hasil Ping, Download, dan Upload keluarCara Cek Kecepatan Ping Internet di Sever Tertentu
  6. Catat nilai ping yang muncul di hasil pengujian jaringan untuk perbandingan
  7. Silahkan lakukan minimal 3 kali pengujian untuk meningkatkan akurasi hasil pengujian.

Bingung Memilih Server?

Untuk mengetahui server mana yang harus dicari biasanya setiap aplikasi atau game selalu memberitahu nama atau lokasi server yang mereka gunakan (seperti game F1 diatas dengan nama server "Bradford"). Jika anda tidak tahu nama persisnya bisa dicoba untuk mencarinya berdasarkan regional atau negara.

Jika anda ingin mengetahui server Asia Tenggara, silahkan gunakan kata kunci "Singapore" karena server asia tenggara umumnya berada di Singapura. Silahkan ketik nama negara atau regional yang dimaksud misalnya, ditulis south east asia, atau south america, japan, atau nama perusahaannya seperti Telkom, XL, dll.

Usahakan coba di beberapa server yang berlokasi di tempat yang sama untuk melihat hasil rata - rata ping dari wilayah tersebut. Dengan cek kecepatan ping internet terlebih dahulu anda akan mendapat gambaran awal kualitas koneksi yang akan anda dapatkan saat menggunakannya nanti.

Kecepatan Internet tidak membantu

Untuk urusan kualitas atau kecepatan PING internet di server tertentu, tidak dipengaruhi oleh kecepatan internet. Jadi walaupun kecepatan internet anda besar tidak terlalu membantu kepada hasil ping antar server.

Pada hasil pengujian diatas, ternyata internet yang saya gunakan tidak masuk kriteria untuk mengikuti balapan di server global. Dengan hasil 200 ms dan maksimal yang ditentukan adalah 150 ms, maka otomatis tidak masuk kriteria.

Walaupun kecepatan download (20 Mbps) dan upload (5 Mbps) sudah lebih dari cukup, tetapi tidak bisa menutupi kelemahan di sisi respond PING. Kalaupun dipaksakan, saya akan mendapatkan banyak sekali delay saat permainan berlangsung.

Semoga tulisan mengenai cara cek kecepatan ping internet di server tertentu ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!