Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE

Berikut ini adalah langkah - langkah atau cara lengkap mengirim pesanan Tokopedia via JNE, memproses dari awal pesanan masuk sampai kita menerima dana

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Berikut ini adalah langkah - langkah atau cara lengkap mengirim pesanan Tokopedia via JNE, memproses dari awal pesanan masuk sampai kita menerima dana. Bagaimana cara menerima pesanan? bagaimana cara mengempas pesanan? bagaimana sistem pembayaran ke ekspedisi (JNE)?

Ada banyak jenis ekspedisi, seperti JNE, J&T, TIKI, GOJEK, GRAB dan lainnya, yang dapat dipilih oleh pembeli oleh di Tokopedia. Pada artikel kita akan fokus kepada ekspedisi JNE. Untuk jasa ekspedisi lainnya akan dibahas di artikel terpisah.

Didalam artikel cara lengkap mengirim pesanan tokopedia via JNE ini kita akan membahas lengkap dari awal pesanan masuk (terverifikasi) sampai dana yang telah dibayarkan oleh pembeli siap untuk di transfer ke akun rekening Bank pribadi yang kita miliki.

Baca juga: Cara Upgrade Akun OVO Tokopedia - Apa Bedanya?

Pastikan Pesanan telah terverifikasi oleh sistem Tokopedia

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial cara mengirim pesanan tokopedia, pastikan dahulu anda benar - benar menerima pesanan yang telah dibayar oleh pembeli dan terverifikasi oleh sistem Tokopedia
Walaupun pembeli memberitahu Anda bahwa mereka telah melakukan transfer, apabila belum ada verifikasi dari sistem Tokopedia sebaiknya jangan dulu mengirim pesanan. 
Meskipun pembeli telah mengirimkan anda bukti transfer yang benar, disarankan untuk menunggu vefirikasi resmi dari Tokopedia. Biasanya anda akan menerima pemberitahuan dari Tokopedia melalui email dan notifikasi di aplikasi (jika anda menginstall aplikasi Tokped di HP).
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Email dari Tokopedia untuk pesanan baru yang telah terverifikasi

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE

Sekali lagi diingatkan bahwa cara ini dilakukan setelah kita benar - benar mendapatkan pesanan yang telah terverifikasi ditandai dengan email dari Tokopedia dan notifikasi pesanan di akun Tokopedia kita.
Cara dibawah ini dipraktekan melalui tampilan komputer, jadi jika anda praktekan menggunakan handphone mungkin ada yang berbeda sedikit dari segi tampilan, namun proses dan langkahnya sama saja.

  1. Buka website Tokopedia (atau aplikasi)
  2. Login ke akun anda seperti biasa
  3. Pada Menu Notifikasi akan ada tulisan "Pesanan Baru". Pilih menu tersebut.
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
  4. Akan muncul pilihan respon pesanan. Aktifkan pilihan "Terima Pesanan". Kemudian klik Respond Pesanan. Status pemesanan akan berubah menjadi "Konfirmasi Pengiriman". (Anda juga dapat menolak pesanan jika memang barang tidak tersedia atau alasan lainnya)
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
  5. Cetak Label, biasanya berisi data pengirim, peneriman dan keterangan ekspedisi yang dipilih. Pada bagian konfirmasi pengiriman silahkan klik tulisan "Cetak Label" kemudian print label tersebut. 
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
  6. Cetak Invoice (optional). Pada bagian konfirmasi pengiriman juga terdapat invoice yang dapat dicetak, silahkan print juga Invoicenya. Masukan hasil print Invoice didalam paket. (cari dan klik nomor Invoice hingga muncul dokumen invoice kemudian silahkan di print. contoh nomor invoice: INV/2019/0101/XXXX/123456789)
  7. Packing barang. Silahkan pack /bungkus barang yang telah dipesan sebaik mungkin dan pastikan aman diperjalanan.
  8. Tempelkan Label yang telah dicetak pada bagian atas paket yang akan dikirim.
  9. Silahkan antarkan paket yang telah dibungkus ke kantor JNE terdekat. (agar lebih mudah, langsung saja beritahu customer service JNE nya bahwa barang adalah pesanan dari Tokopedia. CS akan mengetik keterangan dan alamat penerima sesuai dengan label yang telah kita tempelkan diatas paket.
  10. Bayar biaya pengiriman (akan diganti setelah seluruh proses pengiriman selesai)
  11. Simpan dan Catat nomor resi yang diberikan oleh CS JNE. 
  12. Login kembali ke Akun Tokopedia anda seperti biasa.
  13. Buka bagian "Konfirmasi Pengiriman"
  14. Masukan nomor resi pada bagian agen kurir
  15. Lakukan Konfirmasi. Penjualan akan berubah status menjadi "Status Pengiriman". Sampai disini tugas anda telah selesai.
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
    Masukan nomor resi dari JNE (no.1) kemudian klik konfirmasi (no.2)
  16. Pantau status pengiriman pesanan. Bisa dari menu Lacak di Tokopedia atau langsung pantau dari website JNE (https://www.jne.co.id/en/tracking/trace)
  17. Selesai. Setelah pembeli melakukan Konfirmasi Penerimaan, dana penjualan akan diteruskan ke Saldo Tokopedia Anda dan siap untuk di transfer ke rekening bank pribadi Anda.

Perhatikan Batas Waktu Respon dan Pengiriman dari Tokopedia

Sangat penting untuk memperhatikan batas waktu konfirmasi atau respond untuk setiap pesanan, waktu respon dan pengiriman dari Tokopedia saat ini sudah mulai ketat. Selalu perhatikan dan catat batas waktu yang kita miliki untuk memproses setiap pesanan. 

Terlebih lagi jika pesanan yang Anda terima menggunakan paket Ekspress seperti JNE YES atau sejenisnya, batas waktu respond dan pengiriman akan lebih ketat (sebentar) dari paket pengiriman normal.

Baca juga: Cara Mencairkan Saldo dari Tokopedia ke Rekening Pribadi

JNE Online Booking

Sekarang, Tokopedia menyediakan fitur JOB (JNE Online Booking) dimana anda nantinya tidak perlu lagi mengisi nomor resi yang anda dapatkan dari JNE. Anda hanya perlu print barcode (Cetak kode Booking) pada bagian pengiriman dan menempelkannya diatas paket.

Untuk mengaktifkan fitur ini anda hanya perlu melakukan pengaturan dibawah ini:

  1. Buka halaman >pengaturan toko
  2. kemudian buka tab >Pengiriman
  3. Pada kolom JNE, silahkan centang atau aktifkan >Sistem AWB Otomatis 


Pihak JNE nantinya akan melakukan scan atau menuliskan kode booking yang tertera kedalam sistem dan detail pengiriman akan otomatis keluar di sistem JNE. Setelah itu status pengiriman di sistem Tokopedia akan otomatis berubah menjadi 'terkirim'.

Bagaimana apabila pesanan datang langsung dari pembeli via Inbox Tokopedia?

Perlu diketahui bahwa akan ada jeda beberapa menit atau bahkan jam untuk sistem Tokpedia melakukan verifikasi pembayaran yang telah ditransfer oleh pembeli.

Apabila hal seperti ini anda alami, silahkan minta pembeli Anda untuk segera melakukan konfirmasi transfer di Tokopedia. 

Apabila mereka sudah melakukan konfirmasi namun Anda belum menerima verifikasi dari sistem Tokopedia, silahkan minta pembeli Anda untuk menunggu sampai Anda mendapat konfirmasi langsung dari sistem Tokopedia.

Karena terkadang pembeli ada juga yang belum mengetahui waktu verifikasi tersebut, ada yang masih mengira bahwa apabila uang telah dikirim maka sudah otomatis terverifikasi disaat yang sama. Padahal hal itu berlaku untuk beberapa metode pembayaran saja.

Barang telah sampai tapi dana belum diteruskan ke akun Anda?

Hal ini sering terjadi karena pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan di Tokopedia. Anda bisa menunggu 1-3 hari agar dana tersebut diteruskan ke akun Anda secara otomatis. 

Anda juga bisa mengirim pesan via Inbox Tokopedia kepada pembeli dan meminta mereka untuk melakukan konfirmasi penerimaan secepatnya di Tokopedia (Jika barang yang anda kirim tidak ada masalah tentunya).

Semoga artikel mengenai cara mengirim pesanan tokopedia via JNE ini dapat membantu Anda yang masih bingung sistem pengiriman di Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel Menarik Lainnya dari RindiTech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 7
  1. Mau tanya min,

    Jika kita membeli barang di Tokopedia, ongkir JNE (contoh)30.000,
    Apakah penjual akan membayar 30.000 juga di JNE, sesuai dengan ongkir ditokopedia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung sistem yang dipilih gan, tapi umumnya seperti itu. Penjual membayar ongkir sesuai tagihan ke JNE. Nanti ongkir nya diganti sama tokopedia dan ditambahkan ke total pendapatan. Ada juga yang sistem cashless, penjual tidak perlu mengeluarkan ongkir karena langsung dibayarkan oleh tokopedia ke JNE nya.

      Delete
  2. Makasih banyak infonya. Salut deh rajin menulis hal berguna begini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap! Sama - sama mas. Senang tulisan saya dapat bermanfaat :)

      Delete
  3. Terima kasih banyak mas infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya pemula di tokopedia hehe

    ReplyDelete
  4. Ty gan info nya, bermanfaat bagi saya yg baru pertama kali jual barang via online shop

    ReplyDelete
  5. Thx gan,sangat bermanfaat buat aq yg baru jualan di tokopedia ini👍

    ReplyDelete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,1,Android,35,Apple,30,Apps,14,ASUS,16,Automotive,12,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,9,Crime,22,Design,4,Facebook,24,Finance,36,Formula 1,4,Games,24,Google,23,HTML,5,Instagram,17,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,231,OPPO,1,Peraturan,3,PlayStation,1,Productivity,28,Review,52,Robot,1,Samsung,21,Security,42,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,2,Telegram,2,Tips 'n Trick,229,Toko Online,37,Tutorial,255,Virtual Reality,1,WhatsApp,27,Windows,2,XBOX,3,Xiaomi,29,YouTube,13,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Berikut ini adalah langkah - langkah atau cara lengkap mengirim pesanan Tokopedia via JNE, memproses dari awal pesanan masuk sampai kita menerima dana
https://4.bp.blogspot.com/-O-MxPwYGGYA/XCuUVZEcK4I/AAAAAAAAFY0/hnyuLrO2254OStbaYvbCVFGxorRhHQ8awCLcBGAs/s640/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BTokopedia%2Bvia%2BJNE%2B4.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-O-MxPwYGGYA/XCuUVZEcK4I/AAAAAAAAFY0/hnyuLrO2254OStbaYvbCVFGxorRhHQ8awCLcBGAs/s72-c/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BTokopedia%2Bvia%2BJNE%2B4.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/01/cara-lengkap-mengirim-pesanan-tokopedia-jne.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/01/cara-lengkap-mengirim-pesanan-tokopedia-jne.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content