Beranda
Productivity
Toko Online
Tutorial
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE

Berikut ini adalah langkah - langkah atau cara lengkap mengirim pesanan Tokopedia via JNE, memproses dari awal pesanan masuk sampai kita menerima dana. Bagaimana cara menerima pesanan? bagaimana cara mengempas pesanan? bagaimana sistem pembayaran ke ekspedisi (JNE)?

Ada banyak jenis ekspedisi, seperti JNE, J&T, TIKI, GOJEK, GRAB dan lainnya, yang dapat dipilih oleh pembeli oleh di Tokopedia. Pada artikel kita akan fokus kepada ekspedisi JNE. Untuk jasa ekspedisi lainnya akan dibahas di artikel terpisah.

Didalam artikel cara lengkap mengirim pesanan tokopedia via JNE ini kita akan membahas lengkap dari awal pesanan masuk (terverifikasi) sampai dana yang telah dibayarkan oleh pembeli siap untuk di transfer ke akun rekening Bank pribadi yang kita miliki.

Pastikan Pesanan telah terverifikasi oleh sistem Tokopedia!

Sebelum lanjut ke langkah - langkah atau tutorial cara mengirim pesanan tokopedia, pastikan dahulu anda benar - benar menerima pesanan yang telah dibayar oleh pembeli dan terverifikasi oleh sistem Tokopedia

Walaupun pembeli memberitahu Anda bahwa mereka telah melakukan transfer, apabila belum ada verifikasi dari sistem Tokopedia sebaiknya jangan dulu mengirim pesanan.

Meskipun pembeli telah mengirimkan anda bukti transfer yang benar, disarankan untuk menunggu vefirikasi resmi dari Tokopedia. Biasanya anda akan menerima pemberitahuan dari Tokopedia melalui email dan notifikasi di aplikasi (jika anda menginstall aplikasi Tokped di HP).

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
Email dari Tokopedia untuk pesanan baru yang telah terverifikasi

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE

Sekali lagi diingatkan bahwa cara ini dilakukan setelah kita benar - benar mendapatkan pesanan yang telah terverifikasi ditandai dengan email dari Tokopedia dan notifikasi pesanan di akun Tokopedia kita.

Cara dibawah ini dipraktekan melalui tampilan komputer, jadi jika anda praktekan menggunakan handphone mungkin ada yang berbeda sedikit dari segi tampilan, namun proses dan langkahnya sama saja.
  1. Buka aplikasi atau website Tokopedia khusus seller (seller.tokopedia.com)
  2. Login ke akun anda seperti biasa
  3. Pada halaman utama silahkan pilih menu >Penjualan kemudian pilih sub-menu >Pesanan Baru
  4. Pada halaman "pesanan baru" akan muncul tombol untuk menerima pesanan. silahkan klik tombol >"Terima Pesanan". Status pesanan akan otomatis berubah menjadi "Siap Dikirim" (Anda juga dapat menolak pesanan jika memang barang tidak tersedia atau ada alasan lainnya)
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
  5. Silahkan klik sub-menu >Siap Dikirim (dibagian atas) untuk membuka halaman pengiriman
  6. Pada halaman pengiriman silahkan buka halaman label (resi). Caranya silahkan klik tombol >Cetak label kemudian konfirmasi dengan klik >Cetak pesanan. Halaman resi akan terbuka.
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
  7. Setelah halaman label (resi) terbuka silahkan >print label/resi tersebut. Label/resi biasanya berisi data pengirim seperti alamat pembeli, nomor booking, dll. 
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
    Contoh Label/resi
  8. Cetak Invoice (tidak wajib). Pada bagian konfirmasi pengiriman juga terdapat invoice yang dapat dicetak, silahkan print juga Invoicenya jika perlu. Invoice ini digunakan sebagai pengganti kwitansi atau tanda terima dari toko anda kepada pembeli. (cari dan klik nomor Invoice hingga muncul dokumen invoice kemudian silahkan di print. contoh nomor invoice: INV/2019/0101/XXXX/123456789)
  9. Packing barang. Silahkan pack/bungkus barang yang telah dipesan sebaik mungkin dan pastikan aman diperjalanan.
  10. Tempelkan Label yang telah dicetak pada bagian atas paket yang akan dikirim.
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Tokopedia via JNE
    paket yang telah di packing dan ditempel label/resi
  11. Silahkan antarkan paket yang telah dibungkus ke kantor JNE terdekat. (agar lebih mudah, langsung saja beritahu customer service JNE nya bahwa barang yang anda ingin kirim adalah pesanan dari Tokopedia. CS akan mengetik nomor booking di sistem untuk mencocokan alamat penerima sesuai dengan data yang ada di sistem.
  12. Tidak perlu bayar ongkos kirim. Tahun lalu penjual harus membayar ongkos kirim dan akan diganti setelah seluruh proses pengiriman selesai. Sekarang penjual tidak perlu bayar ongkir karena akan dibayarkan langsung oleh tokopedia (diambil dari ongkir yang dibayar pembeli).
  13. Jika telah selesai proses inputnya, kurir JNE akan memberikan resi/nota penerimaan. Simpan dan catat nomor resi yang anda terima sebagai bukti bahwa anda telah mengirimkan barang yang dipesan. 
  14. Login kembali ke Akun Tokopedia seller anda seperti sebelumnya.
  15. Jika berhasil, status penjualan akan berubah otomatis dari "Siap Dikirim" menjadi "Dalam Pengiriman".
  16. Jika status penjualan sudah menjadi "Dalam Pengiriman" maka kewajiban anda sebagai penjual telah selesai. 
  17. Selesai. Anda hanya perlu menunggu barang sampai ke pembeli. Setelah pembeli melakukan Konfirmasi Penerimaan, dana penjualan akan diteruskan ke Saldo Tokopedia Anda dan siap untuk di transfer ke rekening bank pribadi Anda.

Perhatikan Batas Waktu Respon dan Pengiriman dari Tokopedia

Sangat penting untuk memperhatikan batas waktu konfirmasi atau respond untuk setiap pesanan, waktu respon dan pengiriman dari Tokopedia saat ini sudah mulai ketat. Selalu perhatikan dan catat batas waktu yang kita miliki untuk memproses setiap pesanan. 

Terlebih lagi jika pesanan yang Anda terima menggunakan paket Ekspress seperti JNE YES atau sejenisnya, batas waktu respond dan pengiriman akan lebih ketat (sebentar) dari paket pengiriman normal. Baca juga: Cara Mencairkan Saldo dari Tokopedia ke Rekening Pribadi

Bagaimana jika tidak bisa print /cetak label (resi)?

Jika anda tidak bisa print/cetak label di rumah, sebenarnya bisa print di warnet atau tempat fotocopy yang bisa print dokumen. Silahkan simpan gambar/screenshot label di HP /flashdisk lalu print di warnet atau tempat fotocopy di dekat rumah anda.

Jika di sekitar rumah anda tidak ada warnet atau jasa print dokumen, anda bisa menggantinya dengan tulis tangan di selembar kertas  dengan ukuran yang pas untuk ditempel di paket atau barang pesanan yang anda kirim.

Silahkan tulis semua data yang ada di dalam label/resi kedalam sebuah kertas. Pastikan tulisan jelas dan mudah dibaca oleh petugas/kurir yang menerima paket anda di kantor JNE. Dan yang paling penting adalah nomor /kode booking yang berada didalam resi, pastikan tidak salah tulis. 

Jangan lupa tulis "TOKOPEDIA" didalam resi agar petugas mudah melakukan input dan tidak dianggap sebagai kiriman biasa. Untuk berjaga - jaga, saat penyerahan paket ke petugas JNE bilang juga bahwa "ini pesanan dari Tokopedia ya pak...".

JNE Online Booking

Sekarang, Tokopedia menyediakan fitur JOB (JNE Online Booking) dimana anda nantinya tidak perlu lagi mengisi nomor resi yang anda dapatkan dari JNE. Anda hanya perlu print barcode (Cetak kode Booking) pada bagian pengiriman dan menempelkannya diatas paket. Untuk mengaktifkan fitur ini anda hanya perlu melakukan pengaturan dibawah ini:
  1. Buka halaman >pengaturan toko
  2. kemudian buka tab >Pengiriman
  3. Pada kolom JNE, silahkan centang atau aktifkan >Sistem AWB Otomatis 
Pihak JNE nantinya akan melakukan scan atau menuliskan kode booking yang tertera kedalam sistem dan detail pengiriman akan otomatis keluar di sistem JNE. Setelah itu status pengiriman di sistem Tokopedia akan otomatis berubah menjadi 'terkirim'.

Bagaimana apabila pesanan datang langsung dari pembeli via Inbox Tokopedia?

Perlu diketahui bahwa akan ada jeda beberapa menit atau bahkan jam untuk sistem Tokpedia melakukan verifikasi pembayaran yang telah ditransfer oleh pembeli.

Apabila hal seperti ini anda alami, silahkan minta pembeli Anda untuk segera melakukan konfirmasi transfer di Tokopedia.

Apabila mereka sudah melakukan konfirmasi namun Anda belum menerima verifikasi dari sistem Tokopedia, silahkan minta pembeli Anda untuk menunggu sampai Anda mendapat konfirmasi langsung dari sistem Tokopedia.

Karena terkadang pembeli ada juga yang belum mengetahui waktu verifikasi tersebut, ada yang masih mengira bahwa apabila uang telah dikirim maka sudah otomatis terverifikasi disaat yang sama. Padahal hal itu berlaku untuk beberapa metode pembayaran saja.

Barang telah sampai tapi dana belum diteruskan ke akun Anda?

Hal ini sering terjadi karena pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan di Tokopedia. Anda bisa menunggu 1-3 hari agar dana tersebut diteruskan ke akun Anda secara otomatis. 

Anda juga bisa mengirim pesan via Inbox Tokopedia kepada pembeli dan meminta mereka untuk melakukan konfirmasi penerimaan secepatnya di Tokopedia (Jika barang yang anda kirim tidak ada masalah tentunya).

Semoga artikel mengenai cara mengirim pesanan tokopedia via JNE ini dapat membantu Anda yang masih bingung sistem pengiriman di Tokopedia. Semoga bermanfaat.

Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

41 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Rabu, November 10, 2021
    mau nanya dong mas, kalo kita gapunya kertas stiker khusus label (resi) pakai kertas print biasa apakah boleh mas?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, November 10, 2021
      Boleh mas, saya juga pakai kertas biasa. Kalau kertas label nanti juga dapat dari pihak ekspedisi, jadi di paket nanti ada 2 kertas yang ditempel.
  2. Unknown
    Unknown
    Rabu, Oktober 13, 2021
    Mas mau tanya labelnya itu kita cetak sendiri ya Mas ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 13, 2021
      Iya, untuk label dari aplikasi tokopedia cetak sendiri.
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Juni 25, 2021
    Mau jualan di tokped tp cari tau dulu lwat google πŸ˜‚
    Dan Alhamdulillah ada artikel yang sangat membantu buat pemula kaya saya

    Makasih pisan infonya sangat membantu.
    Btw, langkah2nya sama kan untuk tokped / shopee ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juni 27, 2021
      Secara umum langkahnya sama, beda di tampilan menu saja
  4. joni aspirasi
    joni aspirasi
    Selasa, Juni 01, 2021
    Gada untuk like atau sharenya nih om. Tengkyu artikelnya sangat berguna
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 01, 2021
      Sama - sama, senang artikelnya berguna. Belum ada versi video nya kalau yang ini, tapi kalau mau nyumbang like/subscribe bisa banget ke channel youtube "Rindi Tech". hehe :D
  5. loysius
    loysius
    Rabu, Mei 05, 2021
    kak, apakah JNE di tokopedia juga terdapat kurir pickup seperti anteraja & sicepat?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 05, 2021
      Setau saya sih ada layanannya, seperti kurir lainnya dijemput ke rumah
  6. Danil Albukhori
    Danil Albukhori
    Sabtu, Februari 27, 2021
    Trimakasih penjelasannya sgt membantu seller newbie
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Februari 27, 2021
      sama - sama ya :)
  7. Unknown
    Unknown
    Selasa, Februari 02, 2021
    Kak,jika pembayaran pake sistem COD di sicepat,apakah label pengiriman harus dicetak sendiri kalo paketny minta di.pick up on kurir ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 03, 2021
      Tetap harus buat label ya walaupun dijemput paketnya. Label dari penjual itu buat memudahkan admin input ke sistem. sedangkan label dari ekspedisi untuk memudahkan kurir dalam mengirim paket ke lokasi pembeli
  8. Unknown
    Unknown
    Rabu, Januari 06, 2021
    min mau tanya...jika ada 3 pesanan dalam satu alamat yg sama apakah bisa 3 pesanan tersebut kita kirim dalam satu paket dan hanya menggunakan satu resi pengiriman??
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Januari 06, 2021
      Sebaiknya tetap dipisah. walaupun penerimanya sama, didalam sistem tetap tercatat 3 pesanan dengan nomor booking yang berbeda. Jadi kalau pakai satu resi sistem akan tetap menunggu status 2 resi lainnya. Jadi lebih baik dipisah sesuai pesanan saja, toh kan bukan kita juga yang bayar ongkirnya.
  9. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 29, 2020
    Kak mau nanya cara mengetahui dan menggunakan yg chashless aja gimana ya kak?

    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 30, 2020
      Klo ga salah itu otomatis aktif ya, yang penting kita sudah aktifkan kurirnya di pengaturan pengiriman. jadi nanti terlihat pas cetak resi ada tulisan "Penjual tidak perlu bayar apapun ke kurir, sudah dibayarkan otomatis". kalau ada tulisan itu berarti transaksi cashless sudah aktif
  10. Unknown
    Unknown
    Kamis, Oktober 22, 2020
    Saya mau tanya kak langkah soal cara agar privasi penerima terjaga nih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Oktober 23, 2020
      Susah sih kyknya kalau mau bener - bener private. Apalagi sekarang pake sistem terintegrasi, jadi nama pembeli dan alamatnya pasti otomatis tercetak di stiker pengiriman. kalaupun diakalin dari akun pembeli tetap aja susah, nanti kurirnya susah nyari alamatnya, apalagi kalau nama penerima nya beda.
  11. Tampilkan selengkapnya
  12. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 17, 2020
    Mau tanya, gmn cara ngirim paketnya via sicepat, sy baru belajar jualan d tokopedia n baru dpt orderan pertama, yg d tulis d paketnya alamat lengkap apa no orderan nya aja. Trus apa ongkir nya kita bayar apa langsung dr pihak sicepat nya. Trims
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 18, 2020
      Sebaiknya ditulis juga alamat lengkap nya ya untuk jaga - jaga kalau alamat di resi pengiriman kurang jelas. Untuk siCepat seharusnya sudah cashless ya, jadi penjual tidak perlu bayar apapun ke pihak sicepat. Ongkir nya nanti dipotong langsung dari dana pembeli. Semoga membantu
  13. Renditya
    Renditya
    Senin, September 14, 2020
    Apakah packing orderannya bisa di jne langsung kak? Soalnya ga tau cara packing sendiri dan perlengakapan blm ada seprti bubble warp
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 14, 2020
      Bisa, setau saya JNE juga menyediakan jasa packing. Klo masih ragu coba aja tanya dulu ke JNE terdekat, baru memang bisa tinggal bawa barangnya saja dan alamat pengiriman. Untuk kedepannya sangat disarankan untuk bisa packing sendiri, lumayan hemat biaya packing. Caranya bisa dilihat di youtube, sudah banyak yang kasih contoh
  14. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Agustus 01, 2020
    Mau tanya sy penjual di Toped kirim pakai JNE cashless tapi pas di counter JNE sy tidak dikasih bukti kirim atau resi apapun. Katanya sekarang pakai kode booking saja cukup. Jadi di paket tidak ditempel apapun oleh JNE lagi. Memakai print out Toped saja. Apakah begitu sekarang? Sy cek di tracking JNE status barang hanya received by JNE saja. Terima Kasih untuk jawabannya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 02, 2020
      Wah kalau peraturan itu saya ga tau mas, kalau kurir lain seperti SiCepat masih pake resi per hari ini. Tapi aneh juga sih kalau ga dikasih bukti apapun. Nanti kalau ada apa - apa susah lihatin bukti terima barang nya.

      Saran saya sih langsung ditanya saja ke CS JNE (pusat) atau CS Tokopedia. Siapatau mereka ada informasi terbaru seputar itu
  15. Miftahul jannah
    Miftahul jannah
    Sabtu, Juli 18, 2020
    Yang sistem cashless itu gimana ya mas detailnya?apa itu di dapat dari pembeli yg pakai voucher gratis ongkir?btw thanks buat infonya ya mas :)
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Juli 18, 2020
      Jadi kalau kita sudah mengaktifkan sistem cashless nanti pas kirim barang ke kurir penjual tidak akan diminta biaya ongkos kirim. Ongkos kirim akan diambil langsung dari uang pembeli yang telah ditransfer ke tokopedia.

      Jadi kita sebagai pengirim tugasnya kirim barang saja ke kurir, tidak ada serah terima uang. Tetapi kita tetap akan dapat resi pengiriman sebagai bukti transaksi. Klo masih kurang penjelasannya silahkan lanjut bertanya lagi ya
  16. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juni 17, 2020
    terimakasih infonya sangat membantu untuk pemula jualan on line di marketplace spt tokopedia
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 17, 2020
      Sama - sama bro, mudah - mudahan jualannya lancar dan berkah ya.. Aamiin
  17. pahmi
    pahmi
    Sabtu, April 25, 2020
    Thx gan,sangat bermanfaat buat aq yg baru jualan di tokopedia iniπŸ‘
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 17, 2020
      yup! sama-sama gan Pahmi. Lancar ya jualannya!
  18. AgungNS
    AgungNS
    Rabu, Maret 25, 2020
    Ty gan info nya, bermanfaat bagi saya yg baru pertama kali jual barang via online shop
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 17, 2020
      Sama - sama mas Agung, semoga jualannya berkah...
  19. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Maret 21, 2020
    Terima kasih banyak mas infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya pemula di tokopedia hehe
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 17, 2020
      Sama - sama mas, senang tulisannya bermanfaat :)
    2. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Juni 17, 2020
      Sama - sama mas, senang tulisannya bermanfaat :)
  20. Unknown
    Unknown
    Rabu, Februari 26, 2020
    Makasih banyak infonya. Salut deh rajin menulis hal berguna begini...
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Februari 26, 2020
      Siap! Sama - sama mas. Senang tulisan saya dapat bermanfaat :)
  21. Unknown
    Unknown
    Minggu, Februari 09, 2020
    Mau tanya min,

    Jika kita membeli barang di Tokopedia, ongkir JNE (contoh)30.000,
    Apakah penjual akan membayar 30.000 juga di JNE, sesuai dengan ongkir ditokopedia?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Februari 09, 2020
      Tergantung sistem yang dipilih gan, tapi umumnya seperti itu. Penjual membayar ongkir sesuai tagihan ke JNE. Nanti ongkir nya diganti sama tokopedia dan ditambahkan ke total pendapatan. Ada juga yang sistem cashless, penjual tidak perlu mengeluarkan ongkir karena langsung dibayarkan oleh tokopedia ke JNE nya.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!