Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi
Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi
Berikut ini adalah cara aktivasi saldo prioritas di Tokopedia untuk tarik dana diawal transaksi. Dengan fasilitas ini anda dapat menarik saldo penjualan langsung tanpa harus menunggu barang sampai atau transaksi selesai.

Sebelumnya, kita sebagai penjual harus menunggu transaksi selesai dulu baru dapat menerima pembayaran. Sekarang tokopedia menawarkan fasilitas baru sehingga anda bisa langsung tarik tunai tanpa harus menunggu transaksi selesai.

Saya harap juga anda melihat sesuai kebutuhan bisnis anda di Tokopedia, jika anda memang membutuhkan perputaran uang yang cepat maka silahkan manfaatkan fasilitas ini. Namun jika tidak terlalu butuh, saya sarankan tunggu saja sampai nanti benar - benar butuh.

Baca juga: Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia Tanpa Biaya Bulanan


Tarik dana diawal transaksi

Dengan aktivasi saldo prioritas kita dapat segera mengambil saldo pembayaran yang telah ditransfer pembeli ke pihak Tokopedia tanpa harus menunggu transaksi selesai.

Untuk dapat menarik dana penjualan, sebelumnya kita sebagai penjual harus menunggu barang sampai lalu menunggu lagi pembeli melakukan konfirmasi penerimaan. Jika pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan, maka kita harus menunggu lagi waktu transaksi otomatis selesai selama beberapa hari.

Jika dilihat dari waktu yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu lama karena masih hitungan hari, namun untuk bisnis tertentu perputaran uang yang ada dapat mempengaruhi ketersediaan barang. Lalu bagaimana cara aktivasi saldo prioritas di Tokopedia untuk tarik dana diawal transaksi?

Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia

Pada contoh disini saya menggunakan tampilan browser atau PC. Jika anda menggunakan smartphone silahkan sesuaikan saja ya, langkah - langkahnya tetap sama hanya beda tampilan saja.


  1. Buka website resmi/aplikasi Tokopedia
  2. Silahkan login (jika belum) ke akun anda
  3. Di bagian Akun Silahkan buka bagian >Sisa Saldo. Halaman Detail Saldo akan muncul
  4. Pada tab Layanan Finansial silahkan klik tombol >Aktifkan pilihan Saldo Prioritas
  5. Pada halaman Saldo Prioritas silahkan klik tombol >Ajukan Sekarang. Halaman aktivasi akan terbuka
    Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi
  6. Pastikan status "Dokumen Data Diritelah >Terverifikasi. Jika belum silahkan lengkapi terlebih dahulu dengan upload KTP anda.
  7. Selanjutnya klik tombol >Isi Data di bagian "Informasi Pribadi". Halaman Aplikasi Saldo Prioritas akan muncul
  8. Silahkan isi data yang diminta seperti Nama Lengkap, No. KTP, Nama Ibu Kandung, dll.
  9. Silahkan periksa kembali data yang dimasukan, kemudian klik tombol >Ajukan.
  10. Halaman Pop-up "Syarat dan ketentuan" akan muncul. Silahkan baca ketentuannya kemudian >centang kotak persetujuan lalu klik tombol >Kirim aplikasi
    Cara Aktivasi Saldo Prioritas di Tokopedia untuk Tarik Dana Diawal Transaksi
  11. Selesai. Silahkan tunggu beberapa saat agar sistem memverifikasi pengajuan anda.


Berapa lama proses pengajuannya?

Pada pengalaman saya, proses pengajuan sangat cepat bahkan bisa dibilang instant (langsung terverifikasi). Hal ini sepertinya karena sebelumnya saya memang telah melakukan verifikasi KTP di Tokopedia, jadi sistem sudah 'percaya'.

Jika anda baru melakukan upload KTP saat aktivasi saldo prioritas ini, sepertinya waktunya akan lebih lama. Jika sesuai dengan keterangan, paling lama proses verifikasi KTP itu 1 hari kerja.

Baca juga: Cara mengirim pesanan Tokopedia dengan SiCepat

Tidak untuk semua

Perlu diketahui juga, fasilitas ini tidak terbuka untuk semua penjual yang ada di Tokopedia. Hanya penjual yang memenuhi syarat saja yang dapat mengajukan aktivasi saldo prioritas di Tokopedia ini.

Berdasarkan pengalaman saya yang menjual barang - barang elektronik seperti asesoris komputer, fitur ini tidak terlalu berpengaruh besar terhadap kesehatan keuangan. Barang yang saya jual memang sudah tersedia banyak dan siap dikirim saat ada pesanan.

Jadi jika dilihat dari manfaat yang ditawarkan dibanding proses bisnis yang saya gunakan di Tokopedia, setelah aktivasi saldo prioritas tidak ada perubahan yang berarti. Bedanya saya mendapatkan uang lebih cepat 2 - 3 hari dari sebelumnya.

Biaya?

Setelah anda melakukan aktivasi saldo prioritas anda akan dikenakan biaya sebesar 0,3% dari pencairan.

Walaupun begitu, tidak ada biaya layanan bulanan atau tahunan untuk fasilitas ini. Jadi jika anda tidak melakukan penarikan diawal, dan menunggu saldo masuk seperti biasa, anda tidak akan dikenakan biaya pencairan.

Untuk itu saya ingatkan lagi, jika anda tidak terlalu membutuhkan fitur ini Saya sarankan untuk menundanya terlebih dahulu sampai anda benar - benar perlu. Namun jika anda ingin perputaran uang yang lebih cepat, silahkan gunakan fitur ini.

Semoga tulisan mengenai cara aktivasi saldo prioritas di Tokopedia ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Syarat Mengikuti Flash Sale Sebagai Penjual di Tokopedia

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!