Beranda
Finance
Tips 'n Trick
Toko Online
Tutorial
Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek
Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek

Berikut ini adalah cara aktivasi GoPay di Tokopedia tanpa install Aplikasi Gojek. Dengan cara ini kita bisa menggunakan fitur GoPay di Tokopedia tanpa harus install Gojek seperti pada umumnya. Cara ini sangat efektif bagi anda yang tidak ingin install aplikasi Gojek namun tetap ingin mendapatkan fitur GoPay di Tokopedia.

Memang boleh pakai GoPay tanpa install aplikasi Gojek? Mungkin ada beberapa dari teman - teman yang ragu dengan cara ini, karena pada umumnya untuk mendapatkan fitur GoPay harus daftar Gojek terlebih dahulu karena kita tahu bahwa GoPay merupakan fitur bawaan dari Gojek.

Saya pastikan cara ini aman karena semua langkah dilakukan didalam aplikasi Tokopedia dan bahkan saya juga hanya mengikuti arahan dari sistem di aplikasi tokopedia, tidak melakukan langkah tambahan apapun. Hal ini sepertinya berkaitan juga dengan keputusan merger (penggabungan) dari Tokopedia dan Gojek secara bisnis.


Bagaimana dengan Saldo yang ada di Tokopoint? Apakah akan hangus?

Untuk saldo yang sebelumnya ada di Toko poin akan otomatis berpindah ke akun GoPay yang kita akan buat dibawah ini. Nantinya setiap saldo/uang yang ada di toko poin akan di konversi ke akun GoPay dengan point/kurs yang sama.

Sebelum ke tutorial pastikan anda sudah memasukan nomor HP di aplikasi Tokopedia ya. Dan pastikan nomor tersebut juga masih aktif dan dapat menerima SMS. Nomor HP ini nantinya akan menjadi acuan untuk kedua aplikasi Tokopedia dan Gojek (GoPay). 


Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek

Pada tutorial ini nomor HP yang saya gunakan di Tokopedia belum pernah digunakan untuk mendaftar di aplikasi Gojek jadi sistem akan menyarankan saya untuk mendaftar terlebih dahulu ke sistem GoJek, sebelum nantinya dilakukan pencocokan/verifikasi nomor HP yang terkait di kedua aplikasi (Gojek & Tokopedia).

Jadi sebenarnya bagi anda yang sudah pernah mendaftar di aplikasi GoJek dengan nomor yang sama di Tokopedia maka langkahnya akan lebih singkat dari tutorial dibawah ini.

  1. Silahkan buka aplikasi Tokopedia di Handphone anda
  2. Pada halaman utama aplikasi silahkan >klik pada bagian GoPay & Coin yang ditandai dengan tulisan "Aktifkan" dibawahnya. Halaman untuk menyambungkan kedua akun akan terbuka.
  3. Pada halaman aktivasi atau penyambungan akun silahkan klik tombol >Sambungin Akun
  4. Jika nomor teman - teman belum terdaftar di aplikasi Gojek maka akan ada tulisan "Nggak ada akun Gojek yang pakai nomor ini. Mau buat akun baru?" Silahkan lanjutkan dengan klik tombol >Buat Akun Gojek. Aplikasi akan mengirim kode verifikasi ke nomor HP anda.Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek
  5. Silahkan periksa SMS masuk dari Gojek yang mengirim kode OTP, >masukan kode OTP tersebut ke kolom verifikasi di aplikasi Tokopedia kemudian klik tombol >Konfirmasi
  6.  Selanjutnya sistem akan meminta anda untuk membuat PIN Gopay, silahkan klik tombol >Lanjut. Halaman pembuatan PIN akan muncul
  7. Pada halaman pembuatan PIN silahkan masukan 6 digit PIN yang ingin kamu gunakan untuk aplikasi GoPay. Jangan lupa untuk menuliskan PIN yang sama di kedua kolom yang muncul. Jika sudah yakin dengan PIN nya silahkan klik tombol >Lanjut.Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek
  8. Halaman konfirmasi aktivasi akan muncul ditandai dengan tulisan "GoPay & GoPay Coin kamu udah aktif!". 
  9. Silahkan terus tap di layar HP untuk melanjutkan ke notifikasi selanjutnya hingga notifikasi "Selamat gabung ke Gojek!" muncul. Setelah itu silahkan klik tombol >Oke! Lanjut Belanja.Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek
  10. Selesai. Silahkan cek lagi halaman GoPay di aplikasi Tokopedia anda. Pastikan sekarang anda sudah bisa membuka halaman GoPay didalam aplikasi Tokopedia.

Apakah GoPay di Tokopedia bisa langsung dipakai? 

Cara Aktivasi GoPay di Tokopedia Tanpa Install Aplikasi Gojek
Pada pengalaman saya, begitu akun GoPay telah selesai dibuat semua uang/saldo yang ada didalamnya bisa dapat langsung digunakan untuk berbelanja atau membayar tagihan di tokopedia. 

Begitupun dengan penerimaan cashback, pada waktu yang bersamaan juga akun GoPay yang baru dibuat bisa langsung menerima cashback dari setiap transaksi yang dibuat.

Semoga tutorial mengenai cara aktivasi GoPay di Tokopedia tanpa install aplikasi Gojek ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser


Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!