Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur Gratis Ongkir di Tokopedia sebagai Penjual. Dengan cara ini toko anda akan mendapatkan fitur gratis / bebas ongkir di setiap barang/produk yang dijual. Pembeli anda juga dapat menghemat ongkos kirim dan pastinya penjualan anda juga meningkat.

Seperti yang kita tahu, saat ini Tokopedia hanya menyediakan gratis ongkir untuk ekspedisi/kurir SiCepat dan AnterAja. Jadi jika di daerah anda atau di kota anda belum tersedia kurir SiCepat atau AnterAja maka toko anda belum bisa mendapatkan fitur gratis ongkir.

Kenapa kurir atau ekspedisi yang lain tidak bisa gratis ongkir? Kalau itu saya juga kurang tahu karena itu sudah urusan internal Tokopedia dan rekan - rekan bisnisnya. Kita sebagai pengguna hanya bisa memanfaatkan apa yang ada saja.

Fitur ini juga ada fee/biaya yang harus dibayar oleh penjual untuk setiap transaksinya. Sekarang ini hitungannya 2,5% dari nilai barang, penjelasan lengkapnya akan dibahas dibagian akhir tulisan ini. Sekarang kita bahas dulu syarat dan cara mengaktifkan fitur gratis ongkir di Tokopedia sebagai penjual ini.

Syarat agar bisa mengaktifkan Bebas Ongkir di Tokopedia

  • Terdaftar sebagai Power Merchant atau Official Store
  • Melakukan pinpoint lokasi toko
  • Aktifkan SiCepat Reguler Package dan/atau AnterAja Reguler

Jika toko anda belum menjadi Power Merchant silahkan pelajari dulu langkah - langkah dan cara menjadi power merchant di artikel tutorial berikut ini:

Baca juga: Cara Menjadi Power Merchant Tokopedia Tanpa Biaya Bulanan

Untuk melakukan pinpoint lokasi toko silahkan masukan alamat toko atau alamat penjemputan paket di halaman >Pengaturan toko kemudian buka di bagian >Pengiriman. Silahkan masukan alamat dan kode pos di bagian Asal Pengiriman.

Umumnya pinpoint sudah dilakukan oleh semua penjual yang ada di Tokopedia karena pada saat awal pembuatan akun/toko pasti memasukan alamat pengiriman. Tapi untuk memastikannya silahkan cek lagi di bagian Pengiriman.

Untuk mengaktifkan pengiriman SiCepat atau AnterAja bisa dilakukan di halaman "Pengiriman" seperti halnya mengatur pinpoint. Pengaturan pilihan ekspedisi bisa dilihat di bagian >Pengaturan Toko >Pengiriman.

Silahkan ceklis atau aktifkan pengiriman dengan SiCepat Reguler dan/atau AnterAja Reguler. Tidak harus dua - duanya diaktifkan, salah satu juga boleh, yang penting jasa pengiriman tersebut memang tersedia di lokasi/kota anda. 

Jika sudah memenuhi semua syarat diatas, kita lanjut mengaktifkan fitur gratis ongkir di Tokopedia untuk semua barang yang anda jual. Silahkan ikuti caranya dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

Pastikan anda sudah memenuhi semua syarat yang telah dibahas diatas. Jika belum silahkan dibaca dulu baru lanjutkan ke langkah - langkah mengaktifkan fitur gratis ongkir dibawah ini.

  1. Silahkan buka halaman Tokopedia Seller dan login ke akun anda (jika belum)
  2. Pada halaman utama silahkan buka menu >Pengaturan toko kemudian buka sub-menu >Pengiriman.
  3. Pada halaman pengiriman silahkan scroll kebawah ke bagian Layanan Pengiriman. Silahkan Klik/aktifkan pilihan pengiriman SiCepat dan/atau AnterAja. Boleh salah satu, boleh juga dua - duanya.
    Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

  4. Selanjutnya silahkan buka menu >Iklan dan Promosi.
  5. Lanjut pilih menu >Bebas Ongkir
    Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

  6. Pada halaman aktivasi silahkan dibaca terlebih dahulu Syarat - syarat yang ada, pastikan anda telah memenuhi semua syarat tersebut. Jika sudah silahkan klik tombol >Aktifkan Bebas Ongkir
  7. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi "Anda telah sukses mengaktifkan Bebas Ongkir.". Dan status bebas ongkir berubah menjadi Aktif.
    Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

  8. Selesai. Silahkan periksa bagian notifikasi untuk memastikan aktivasi gratis ongkir. Biasanya tidak lama kemudian akan muncul notifikasi "SELAMAT! Tokomu sudah Bebas Ongkir".

Sekarang toko anda sudah bisa menerima pesanan dengan fitur gratis/bebas ongkir di setiap produk yang dijual, tentunya dengan syarat - syarat yang sudah ada untuk pembeli. Untuk menghindari kesalahpahaman saya sarankan anda untuk membaca juga halaman penjelasan tentang bebas ongkir yang muncul di halaman notifikasi.

Perhitungan biaya/fee gratis ongkir

Saat ini potongan untuk bebas ongkir sebesar 2,5% (dua setengah persen) dari harga barang. Dan dengan maksimal potongan Rp 10.000 (sepuluh ribu) per transaksi. Jadi jika perhitungannya lebih dari 10.000 maka  biaya layanan akan tetap di Rp. 10.000,-.

Contohnya seperti ini. Jika anda menjual barang seharga Rp 50.000,- maka anda akan dipotong biaya ongkos kirim sebesar Rp 1.250,- (50.000x2,5%). Jadi anda akan menerima uang sebesar Rp 48.750,- (Rp 50.000 - Rp 1.250,-).

Namun jika anda menjual produk dengan harga Rp. 1.000.000,- maka potongannya tidak lagi 2,5%. karena jika dikali 2,5% maka potongannya menjadi Rp 25.000,- dan ini sudah diatas batas maksimal potongan (Rp 10.000,-). Jadi anda hanya akan dikenakan biaya ongkir sebesar Rp 10.000,-, bukan Rp 25.000,-

Potongan biaya gratis ongkir ini diluar biaya Power Merchant ya, untuk contoh perhitungan lengkapnya bisa dilihat di kolom dibawah ini yang kami ambil dari halaman resmi tokopedia.

Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL

Perhitungannya memang telihat sedikiti rumit ya, apalagi ditambah dengan potongan biaya power merchant/official store. Tetapi walaupun terlihat 'banyak potongan' tetap saja jika dilihat dari penjualan keseluruhan tetap menguntungkan kita sebagai penjual.

Dan ingat, fitur ini tidak wajib diaktifkan. Jika anda tidak suka/memilih untuk tetap menggunakan biaya ongkir normal, tidak masalah. Semua kembali lagi ke preferensi masing - masing, yang penting penjualan tetap jalan dan pemasukan tetap ada. hehe

Semoga penjelasan atau tutorial cara mengaktifkan fitur gratis ongkir di Tokopedia sebagai penjual ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar aktivasi bebas ongkir di tokopedia silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,25,Design,6,Facebook,24,Finance,43,Formula 1,4,Games,34,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,6,PlayStation,3,Productivity,32,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,257,Toko Online,43,Tutorial,285,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL
Cara Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir di Tokopedia Sebagai PENJUAL
Pembeli anda dapat menghemat ongkos kirim dan penjualan meningkat bebas ongkir. Cara mengaktifkan fitur Gratis Ongkir di Tokopedia sebagai Penjual
https://1.bp.blogspot.com/-WZNCCEhoQrw/YBFvYRa7qbI/AAAAAAAAJOw/ez-nPbO5-ysG9qd62TSUPKlE2ou1oViMACLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2BMengaktifkan%2BFitur%2BGratis%2BOngkir%2Bdi%2BTokopedia%2BSebagai%2BPENJUAL%2B2.png
https://1.bp.blogspot.com/-WZNCCEhoQrw/YBFvYRa7qbI/AAAAAAAAJOw/ez-nPbO5-ysG9qd62TSUPKlE2ou1oViMACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2BMengaktifkan%2BFitur%2BGratis%2BOngkir%2Bdi%2BTokopedia%2BSebagai%2BPENJUAL%2B2.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/01/cara-mengaktifkan-fitur-gratis-ongkir-di-tokopedia-sebagai-penjual.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/01/cara-mengaktifkan-fitur-gratis-ongkir-di-tokopedia-sebagai-penjual.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content