Beranda
Automotive
Formula 1
News
Rangkuman Lap Demi Lap F1 British GP 2023

Rangkuman Lap Demi Lap F1 British GP 2023

Berikut ini adalah rangkuman balapan F1 British GP di Sirkuit Silverstone tahun 2023. Di balapan kali ini McLaren menggunakan livery khusus untuk balapan, McLaren menggunakan livery chrome dan Williams menggunakan livery dengan bendera Inggris memperingati keikutsertaan mereka ke 800 di Formula 1.

Kali ini duo McLaren berhasil kualifikasi di posisi 2 dan 3, sementara posisi 1 (pole position) masih dipegang oleh Max Verstappen.

Di balapan kali ini juga ada kegiatan shooting film yang dibintangi oleh aktor Hollywood Brad Pitt bertema Formula1. Bahkan mereka menggunakan mobil modifikasi yang mirip dengan mobil F1 untuk ditempatkan di starting grid bersama mobil F1 asli di sesi formation lap.

Lando Norris memimpin di lap pembuka

Lap 1, setelah lampu hijau Lando Norris mencuri posisi 1 dari Max Verstappen yang ternyata mengalami sedikit wheel spin, hal ini pun diakui oleh Max setelah balapan. Bahkan Max hampir kehilangan posisi dari Oscar Piastri dibelakangnya.

Pada Lap ke 4 Sergio Perez, rekan satu tim Verstappen masih berada di posisi 15 sama seperti posisi di awal balapan, padahal Perez menggunakan mobil terkencang (Red Bull) saat itu.

McLaren terlihat sangat cepat terutama di area maggots & beckets (high-speed corner). Namun pada lap ke 5 Verstappen akhirnya berhasil merebut posisi pertama dari Lando Norris.

McLaren team order

Pada Lap ke 7 kedua pembalap McLaren diberikan instruksi untuk menahan posisi masing - masing (tidak saling salip). Dengan strategi ini dipercaya kedua mobil akan menjaga jarak aman ke pembalap yang ada di belakang mereka. Pada lap ini juga Hamilton berhasil menyusul Alonso di Copse.

Lap 8 Hulkenberg terpaksa harus masuk pit karena harus mengganti front wing yang sempat patah akibat dari kontak dengan mobil Sergio Perez. Selain ganti front wing, Hulkenberg juga sekalian mengganti ban dari ban Hard ke Medium.

Rangkuman Lap Demi Lap F1 British GP 2023

Lap 9 beberapa tim mulai melaporkan akan ada potensi hujan, tapi tidak terlalu mengancam. Di lap ini juga Verstappen mengeluh mobilnya kurang stabil dan tim Red Bull pun mengkonfirmasi bahwa angin memang sedang kencang dan bisa berpengaruh terhadap mobil.
Ocon mengalami masalah pada hidrolik mobil

Lap 10 Ocon retired atau keluar balapan karena ada hydraulic issue. Para tim menginformasikan bahwa ancaman hujan sudah tidak ada karena awan sudah berpindah posisi.

Lap 14 Yuki Tsunoda menjadi mobil pertama yang melakukan ganti ban dengan kondisi balapan normal (tidak sedang VSC atau SC) Yuki ganti dari ban Soft ke Hard dan keluar di posisi 18. Perez berhasil naik posisi perlahan tapi pasti ke posisi 10 di lap 17.

Ferrari dan AlphaTauri paling duluan ganti ban

Pada lap ke 19 Charles Leclerc masuk pit untuk mengganti ban dari Medium ke Hard. Box box ini juga menjadikan Ferrari dan AlphaTauri menjadi tim yang melakukan strategi undercut di kondisi normal (tanpa ada VSC atau Safety Car).

Max Verstappen tahu bahwa Ferrari sudah mengganti ban namun tim nya menenangkan dan bilang bahwa mereka tidak perlu merespon strategi Ferrari karena saat balapan mereka bukan ancaman.

Lap 25 tim McLaren agak panik melihat Ferrari ganti ban. Mereka tidak ingin posisi mereka dicuri oleh Ferrari karena pit duluan. McLaren sadar bahwa saingan langsung mereka bukan Red Bull, melainkan Mercedes dan Ferrari yang ada dibelakang.

McLaren pun menanyakan kepada Lando kondisi ban yang sedang dia pakai. Lando memberi isyarat bahwa mobilnya sedang enak dipakai jadi tidak mau terburu - buru ganti ban. Lap 25 Leclerc overtake Stroll dengan ban hard yang baru.

Lap 27 Sainz box dan mengganti band ari Medium ke Hard dan keluar di posisi 12. Lap 28 De Vries box ganti dari Soft ke Medium dan keluar pit posisi 17. Lap 29 Russel ganti ban dari Soft ke Medium dan keluar pit posisi 9, Perez ganti dari Medium ke Soft dan keluar pit posisi 13. Lap 30 Piastri box dari Medium ke Hard dan keluar di posisi 6.

Lap 31 Russel overtake Leclerc untuk posisi 8. Lap 31 Gasly box dari Medium ke Soft dan keluar pit posisi 11, Stroll box dari Medium ke Soft dan keluar di posisi 14.

Safety Car keluar karena mobil Magnussen bermasalah

Lap 33 Magnussen mengalami masalah dan berhenti di tengah jalan (tidak berhenti di tempat aman), mobil Magnussen sempat mengeluarkan api namun langsung mati. Masalah ini mengakibatkan VSC dan selanjutnya status Safety Car dikeluarkan.

Kondisi SC ini mengakibatkan pit box jadi sibuk karena hampir semua tim mengganti ban di kondisi ini. Berikut driver yang ganti ban saat Safety car: Albon (M-S), Leclerc (H-M), Tsunoda (H-S), Devries (M-S), Hulkenberg (M-S), Verstappen (M-S), Norris (M-H), Hamilton (M-S), Alonso (M-S). Sementara itu Sainz dan Perez memutuskan untuk tidak masuk pit (stay out).

Lap 35 Zak diwawancara saat live dan bilang memilih ban Hard untuk Lando merupakan keputusan yang mendadak namun tetap berharap Lando bisa bertahan dari serangan Lewis dibelakang dengan ban Soft. Lando pun terdengar kesal di tim radio karena diberi ban Hard sedangkan Mercedes (Lewis) dibelakangnya menggunakan ban Soft.

Safety Car In This Lap

Lap 38 Race Control memutuskan untuk mengakhiri status Safety Car (safety car in this lap). Beriku urutan pembalap saat Safety Car berakhir P1-P18 (VER, NOR, HAM, PIA, RUS, ALO, SAI, PER, ALB, LEC, GAS, STR, SAR, BOT, TSU, DEV, ZHO, HUL).

Saat race restart Verstappen memutuskan untuk tancap gas lebih awal, dia langsung tancap gass saat masih di Hangar Straight. Strategi ini terbilang berhasil karena Lando Norris tidak bisa mengejar dan malah harus bertahan dari serangan Hamilton dengan ban soft nya.

Lap 38 - 41 Lando Norris bertarung hebat dengan Lewis Hamilton hampir disetiap tikungan, namun beruntungnya Lando Norris kali ini memiliki performa mobil yang lebih bagus meskipun menggunakan ban Hard yang dikenal ban paling lambat.

Lap 41 Verstappen mengeluh ban soft yang digunakannya tidak terlalu nyaman namun beberapa saat kemudian dia membukukan fastest lap di lap 42. Lap 43 Lance Stroll mendapatkan Black and White flag karena sudah 3 kali melanggar track limit.

Sainz merana dan Gasly masalah suspensi

Lap 44 Perez, Albon, dan Leclerc berhasil menyusul Carlos Sainz di posisi yang sebelumnya berada di posisi 7. Gasly sempat menyusul Sainz namun posisi tersebut berhasil direbut kembali oleh Sainz.

Lap 46 Gasly dan Stroll kontak yang mengakibatkan Gasly harus mengakhiri balapan lebih awal (DNF) karena masalah suspensi. Lap 47 Perez berhasil merebut posisi 6 dari Fernando Alonso.

Lap 48 Russel dan Norris mendapatkan peringatan track limit dan mendapatkan black and white flag karena telah melanggar track limit 3 kali. Lap 50 Stroll mendapat 5 detik penalty karena kontak dengan Gasly.

Dominasi Verstappen dan Kebangkitan McLaren

Lap 52. Verstappen melewati garis finish diikuti dengan pembalap lainnya. Alonso, Albon, dan Leclerc sempat battle dekat sampai finish namun posisi tidak berubah. Posisi akhir setelah semua melewati garis finish. VER, NOR, HAM, PIA, RUS, PER, ALO, ALB, LEC, SAI, SAR, BOT, HUL, STR, ZHO, TSU, DEV, GAS (DNF), MAG (DNF), OCO (DNF).

Lando Norris dipilih fans sebagai Driver of the day dan Max Verstappen membawa pulang 1 poin tambahan untuk fastest lap di lap ke 42 dengan waktu 1:30.275 menggunakan ban Soft.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!