Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri

Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
Berikut ini adalah cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri. Dengan cara ini anda tidak perlu lagi mengantri di dalam bank untuk melakukan setoran ke rekening bank pribadi. Selain menghemat waktu, cara ini juga lebih praktis dan mudah jika dibanding dengan menghadap ke teller.

Saat ini memang tidak semua mesin ATM dapat menerima setor tunai, hanya mesin - mesin ATM tertentu yang sudah dilengkapi fitur setor tunai ini. Jadi, sebelum melakukan setor tunai, pastikan dulu mesin ATM nya sudah tersedia kotak scanner untuk menghitung uang.

Tidak sulit untuk membedakan mesin ATM biasa dan mesin ATM setor tunai. Dari bentuknya saja sebenarnya sudah dapat dibedakan, mesin ATM setor tunai biasanya lebih besar dan lebih maju kedepan. Di dekat tombol keypad juga terdapat area yang lebih luas untuk menyimpan mesin penghitung uang.
Ciri yang lebih jelasnya bisa dilihat di bagian atas mesin ATM nya, biasanya disana terdapat tulisan "ATM SETOR TARIK" atau "ATM SETOR TUNAI".

Syarat uang yang dapat disetorkan ke mesin ATM setor tunai

  • Maksimal per transaksi 50 lembar (Jika anda memiliki 100 lembar untuk disetorkan, berarti lakukan dengan 2 kali transaksi)
  • Tidak ada staples/isolasi/stiker/karet/ban uang (Pastikan uang bersih dari benda - benda asing yang dapat mengganggu proses scanning uang)
  • Tidak ada sobekan/lipatan (Sebelum melakukan setoran, silahkan rapikan uang agar tidak ada lipatan yang kasar)
  • Tidak lusuh/lembab/basah/lengket (Jika ada uang yang tidak memenuhi syarat akan otomatis dikeluarkan dan tidak dihitung)
  • Harus Tersusun Rapi

Jadi, sebelum anda melakukan setor tunai uang di ATM Bank Mandiri pastikan keadaan uang yang akan disetorkan dalam keadaan baik dan memenuhi syarat - syarati yang telah disebutkan diatas.

Baca juga: Cara Mengisi Saldo OVO GRAB dengan Kartu Debit Visa Mandiri

Cara Setor Tunai Uang di ATM Bank Mandiri


  1. Pastikan ATM yang digunakan sudah mempunyai fasilitas setor tunai. Ciri utamanya memiliki kotak untuk untuk menyimpan uang
  2. Silahkan >masukan kartu ATM seperti biasa
  3. Dilanjut dengan >pilih Bahasa (Indonesia) dan >masukan PIN (di keypad seperti biasa)
  4. Pada halaman utama silahkan pilih >SETOR TUNAI di layar
    Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
  5. Pastikan uang yang ingin disetor sudah tersusun rapih. Selanjutnya klik pilihan >SUDAH, LANJUT
    Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
  6. Kotak penghitung uang akan terbuka, Silahkan >MASUKAN UANG yang telah disiapkan. Usahakan uang berada di tengah kotak
  7. Jika uang sudah masuk kedalam kotak scanner, silahkan klik tulisan >LANJUTKAN. Mesin akan mulai menghitung berapa uang yang ada didalam kotak. 
    Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
  8. Jumlah uang yang terdeteksi akan otomatis muncul di halaman verifikasi lengkap dengan jumlah lembar dan nominal. Silahkan klik tombol >SETOR
  9. Halaman "Deposit Confirmation" akan terbuka. Silahkan periksa lagi detail nama pemilik rekening dan nominal yang disetorkan. Jika sudah silahkan konfirmasi dengan klik tulisan >YA
    Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
  10. Tunggu hingga muncul notifikasi "SETORAN ANDA TELAH DITERIMA" dan "TRANSAKSI ANDA TELAH SELESAI"
  11. Silahkan ambil struk bukti transfer (jika ada) 
  12. Selanjutnya tekan tombol >CANCEL (di keypad) untuk setor tunai lagi (atau transaksi lain) atau tekan tombol >KELUAR (di layar) jika anda telah selesai melakukan transaksi. 
  13. Selesai. Silahkan periksa saldo yang ada di rekening anda, pastikan nominalnya sesuai dengan yang disetorkan

Masalah uang yang tidak terdeteksi

Jika ada uang yang tidak terdeteksi, itu normal. Jika anda memasukan 20 lembar dan keluar lagi 2 lembar, lanjutkan saja transaksi seperti biasa dan setorkan dulu yang yang berhasil terdeteksi (18 lembar). Baru setelah setoran 18 belas lembar berhasil ulangi lagi proses setor tunai di ATM bank Mandiri untuk 2 lembar yang tadi ditolak.

Sebelum melakukan setor ulang, pastikan dulu setiap lembarnya memenuhi syarat. Biasanya saya rapikan dulu dan jika ada lipatan saya luruskan. Bagaimana jika setelah dicoba berulang kali tetap saja tidak terdeteksi?

Jika uang tetap tidak terdeteksi setelah beberapa kali percobaan, jangan dipaksakan. Silahkan ganti dengan lembar uang yang lain. Karena memang ada uang dengan kondisi tertentu tidak dapat di scan dan terdeteksi.

Bukan berarti uang tersebut palsu ya.. Jika uang sudah dirapikan namun tetap tidak terdeteksi bukan berarti uang tersebut palsu, mungkin saja kondisi uang memang saat itu terlalu lembab atau ada lipatan yang tidak dapat ditolelir oleh scanner uang nya.

Waktu yang tidak disarankan

Mungkin hal ini sepele dan hanya sedikit orang yang pernah mengalami masalah ini, namun ada baiknya anda juga mengetahui waktu yang perlu dihindari untuk melakukan transaksi di mesin ATM.

Disarankan untuk tidak melakukan transaksi (apapun) pada tengah malam atau tepatnya pada waktu pergantian hari (+- jam 00.00) karena pada waktu tersebut biasanya sistem bank mandiri sedang melakukan konsolidasi harian dari seluruh transaksi yang dilakukan.

Jangan heran kalau anda kadang tidak bisa mengakses akun bank mandiri pada jam - jam tersebut.

Semoga tulisan mengenai cara setor tunai uang di ATM bank Mandiri ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
Cara setor tunai uang di ATM Bank Mandiri
sebelum anda melakukan setor tunai uang di ATM Bank Mandiri pastikan keadaan uang yang akan disetorkan dalam keadaan baik dan memenuhi syarat - syarati yang telah disebutkan diatas
https://1.bp.blogspot.com/-ttwXs1lPjmM/XtZxayHyL1I/AAAAAAAAId0/XxVyXPmOHz82HSqwuw5itdpdTM2DeK_wwCLcBGAsYHQ/s640/Cara%2Bsetor%2Btunai%2Buang%2Bdi%2BATM%2BBank%2BMandiri%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ttwXs1lPjmM/XtZxayHyL1I/AAAAAAAAId0/XxVyXPmOHz82HSqwuw5itdpdTM2DeK_wwCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2Bsetor%2Btunai%2Buang%2Bdi%2BATM%2BBank%2BMandiri%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/06/cara-setor-tunai-uang-di-atm-bank-mandiri.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/06/cara-setor-tunai-uang-di-atm-bank-mandiri.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content