Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video

Berikut ini adalah cara membuat postingan dan jajak pendapat ( polling ) di Youtube. Lalu, apa saja syarat untuk dapat membuat postingan di...
Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video

Berikut ini adalah cara membuat postingan dan jajak pendapat (polling) di Youtube. Lalu, apa saja syarat untuk dapat membuat postingan di YouTube? Minimal jumlah subscriber? Minimal jumlah tayangan? Atau ada syarat lain yang harus dipenuhi agar bisa melakukan posting status atau posting polling di YouTube?

Bagaimana cara membuat Status di YouTube? Sebelum dapat membuat postingan di YouTube anda harus memiliki setidaknya 500 subscriber di Channel anda. Selanjutnya anda hanya perlu menekan tombol Buat, kemudian pilih Buat postingan, selanjutnya silahkan pilih antar membagikan gambar, status, polling, atau video.

Untuk praktik penggunaannya hampir sama seperti sosial media pada umumnya, kita bisa update status seperti kata - kata (tulisan saja), membagikan gambar atau gif (gambar bergerak), membuat polling yang nantinya bisa dipilih oleh subscriber dan pengguna lain di YouTube.

Baca juga: Sekarang Jumlah Subscriber Tidak Boleh Disembunyikan, kenapa?

Syarat utama untuk dapat membuat status di Youtube

  • Minimal memiliki 500 subscriber (berlangganan)
  • Channel audience tidak diatur khusus untuk anak - anak
  • Mengaktifkan fitur atau tab komunitas (Community tab)

Kenapa di atas saya tulis "Syarat utama", karena bukan rahasia lagi bahwa pihak YouTube terkadang memiliki kriteria tersembunyi yang hanya diketahui oleh pihak internal YouTube saja. Jadi jangan heran jika ada channel yang sudah memenuhi syarat diatas tetap tidak bisa mendapatkan fitur posting seperti yang lainnya.

Walaupun terkesan 'disembunyikan' tetapi hal ini masih masuk akal karena banyak juga channel - channel YouTube yang memiliki subscriber banyak tetap itu semua hanya angka, bisa jadi lebih banyak akun palsu yang hanya digunakan untuk menambah jumlah subscriber.

Ada juga channel yang hanya mengunggah (upload) video yang tidak jelas, yang hanya digunakan untuk menambah jumlah view atau watching time. Dan masih banyak lagi alasan - alasan yang membuat sebua channel YouTube tidak mendapatkan keistimewaan seperti yang lainnya.

Baca juga: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Apakah benar YouTube akan membuka fitur community tab untuk semua pengguna walaupun di bawah 500 subscriber?

Dari sepengetahuan saya, memang ada keterangan bahwa YouTube akan membuka fitur tab komunitas ini ke "lebih banyak pengguna"tetapi tidak dijelaskan kriteria apa saja yang mereka gunakan agar seorang youtuber bisa mendapatkan community tab walaupun di bawah 500 subscriber.

Kalaupun benar YouTube akan membuka fitur ini untuk semua pengguna saya rasa tidak akan diterapkan dalam waktu dekat, apalagi fitur ini menurut saya termasuk powerfull dan bisa digunakan untuk hal yang tidak baik seperti melakukan spam, promosi palsu, dll.

Jadi sementara ini kita anggap saja minimal 500 subscribers ini bersifat wajib dan tidak bisa di tawar. Salah satu tujuan fitur komunitas ini adalah untuk membuat konten kreator lebih dekat lagi dengan subscriber, tidak hanya dari video youtube saja.

Jika teman - teman belum memiliki 500 subscriber, saya sarankan fokus saja dulu membuat konten - konten video yang bisa menambah subscriber. Nanti jika sudah dapat 500 subscriber silahkan kembali lagi ke halaman ini.

Baca juga: Cara Mengganti URL Channel YouTube Agar Mudah Di Ingat

Bagaimana cara mengatur channel audience tidak khusus untuk anak - anak?

Sebenarnya secara default pengaturan channel YouTube di setting tidak khusus anak - anak, namun untuk memastikannya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Pada halaman YouTube Studio silahkan buka bagian Settings
  2. Pada halaman Settings silahkan buka menu Channel
  3. Di pengaturan channel silahkan buka sub-menu Advanced Settings
  4. Pada pengaturan Audience, pastikan yang di pilih adalah "No, set this channel as not made for kids. I never upload content that's made for kids."
  5. Silahkan simpan pengaturan dengan menekan tombol Save.

Bagaimana mengaktifkan fitur Community tab?

Dari penjelasan yang diberikan oleh pihak YouTube, fitur tab komunitas atau community tab ini akan otomatis muncul jika subscriber kita sudah mencapai 500 (atau lebih). Pihak YouTube meminta waktu sampai 1 minggu agar fitur ini muncul di pengaturan channel Youtube kita.

Untuk memastikannya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka halaman utama Channel YouTube anda
  2. Silahkan lihat di bagian menu channel, jika tab komunitas sudah aktif anda akan melihat urutan menu seperti ini. "HOME, VIDEOS, PLAYLISTS, COMMUNITY, CHANNELS, ABOUT" (Ada tab menu "community" di antara menu tersebut.
  3. Jika anda tidak melihat tab komunitas diatas, silahkan baca pembahasan di bawah ini.

Apa saja yang bisa dibuat dengan fitur status di YouTube

  • Status (Hanya tulisan)
  • Gambar /gif
  • Jajak Pendapat (Polling)
  • Video (Share video yang ada di YouTube)

Cara Membuat Status di YouTube

  1. Pada halaman utama YouTube silahkan klik tombol Buat (create) atau simbol plus (+) sama seperti tombol untuk upload video. Di aplikasi YouTube di Smartphone, tombol + berada di bagian bawah layar, di browser/laptop/pc berada di bagian kanan-atas layar.
  2. Akan muncul beberapa pilihan seperti Create a Shorts, Upload, Go Live, Create a post, dll. Silahkan pilih Create a post (Buat Postingan). (Jika tidak ada pilihan Create a post, berarti belum fitur nya belum aktif, silahkan lanjutkan membaca untuk solusinya)
  3. Pada halaman Buat Postingan silahkan tuliskan caption atau kata - kata yang ingin anda bagikan. 
  4. Jika ingin menambahkan gambar atau video YouTube di postingan tersebut, silahkan klik icon gambar atau video di bagian bawah. Jika ingin menambahkan gambar silahkan klik tulisan GAMBAR (IMAGE), jika berhasil sistem akan membuka halaman upload, silahkan pilih gambar yang ingin anda upload dan tambahkan. Jika anda ingin membagikan video YouTube silahkan klik tulisan VIDEO, jika berhasil halaman akan membuka halaman pencarian, silahkan cari dan pilih video YouTube yang anda ingin bagikan. 
  5. Silahkan periksa kembali captions dan media yang anda akan bagikan, jika sudah yakin silahkan klik tombol Post.

Cara Membuat Jajak Pendapat (Polling) di YouTube

  1. Silahkan klik tombol Buat (create) /plus (+). Hingga muncul beberapa pilihan.
  2. Silahkan pilih tulisan "Buat Postingan (Create a post)". Halaman untuk membuat postingan akan terbuka
  3. Untuk membuat poling silakan klik tulisan JAJAK PENDAPAT (POLL). Jika berhasil halaman akan berubah format menjadi polling.
  4. Silahkan tuliskan pertanyaan yang berhubungan dengan poling tersebut. Contoh: "Toko online mana yang sering anda kunjungi?"
  5. Pada kolom "Tambahkan Opsi (add option)" silahkan masukan pilihan pertama. Contoh "Tokopedia", pada kolom dibawahnya saya tuliskan "Shopee".
  6. Jika ingin menambahkan pilihan lain (lebih dari 2 pilihan) silahkan klik tulisan "TAMBAHKAN OPSI LAIN (ADD ANOTHER OPTIONS)". Jika berhasil kolom pilihan baru akan muncul, silahkan masukan pilihan ketiga, contoh: "Lazada", anda bisa tambah hingga 5 pilihan.
  7. Silahkan periksa kembali pertanyaan dan pilihan - pilihan yang telah dibuat. Jika sudah yakin, silahkan klik tombol POSTING (POST).

Dimana kita bisa melihat semua postingan yang sudah jadi di YouTube?

Ada 2 cara untuk melihat postingan yang telah kita buat atau publikasikan di YouTube. Cara pertama adalah lewat halaman utama Channel YouTube kita, Cara kedua adalah dari halaman YouTube Studio.

  • Untuk melihat hasil postingan dari halaman YouTube, silahkan buka halaman utama Channel YouTube anda, kemudian buka halaman atau menu "KOMUNITAS (COMMUNITY)". Disana akan terlihat semua postingan yang telah kita buat.
  • Untuk melihat hasil postingan dari halaman YouTube Studio, silahkan buka halaman YouTube Studio, kemudian buka menu "Konten", selanjutnya silahkan buka bagian "Postingan". Jika benar, akan muncul semua postingan yang telah kita buat.

Saya sudah memiliki 500 subscribers kenapa masih belum bisa membuat status di YouTube?

Perlu diketahui bahwa YouTube membutuhkan waktu 1 minggu (maksimal) untuk mengaktifkan fitur komunitas di channel anda, jadi di tunggu saja sampai anda mendapatkan notifikasi bahwa anda sekarang sudah dapat membuat status atau postingan di YouTube.

Terlebih lagi, jika subscriber masih tidak stabil atau masih banyak yang subscribe dan unsubscribe (naik turun) maka kemungkinan YouTube akan menunggu dulu hingga dapat dipastikan bahwa subscriber kita tidak akan sampai turun dibawah 500.

Jika sudah lewat 1 minggu dan fitur membuat postingan masih tidak muncul, silahkan hubungi pihak YouTube melalui fitur "Help" atau melalui fitur "Send feedback" di halaman YouTube Studio. Silahkan beritahu bahwa anda sudah mendapatkan 500 subscriber tetap fitur posting/update status masih belum muncul.

"Creators with over 500 subscribers have access to Community posts. It will take up to 1 week to see the Community tab after passing 500 subscribers. The Community tab may also be available to other channels as we continue testing this feature". - YouTube

Untuk pembahasan lengkap dari pihak Google silahkan baca halaman berikut ini: https://support.google.com/youtube/answer/9409631?hl=en

Siapa saja yang bisa melihat Status YouTube yang kita buat?

Hampir sama seperti video YouTube pada umumnya, postingan yang kita buat akan muncul di halaman notifikasi subscriber (yang mengaktifkan notifikasi). Selain itu, postingan kita juga akan muncul di pengguna YouTube lain, walaupun bukan subscriber.

Pola atau algoritma nya hampir sama seperti sirkulasi video YouTube, postingan kita akan muncul di beranda pengguna yang dianggap mempunyai ketertarikan terhadap konten yang kita buat dan berpotensi menjadi subscriber.

Semakin banyak pengguna yang berinteraksi, kemungkinan besar sistem akan semakin mempormosikan postingan tersebut. Begitu juga sebaliknya, semakin banyak yang tidak tertarik maka kemungkinan postingan kita tidak akan direkomendasikan seperti sebelumnya.

Bolehkah membagikan link atau video milik orang lain?

Asalkan tidak menjadi spam, kita diperbolehkan untuk membagi atau share video YouTube dari channel lain. Apalagi sekarang sudah ada fitur "share as a post" dimana kita bisa langsung membagikan sebuah video dan otomatis menjadi postingan di channel YouTube kita, tanpa harus membuat postingan dari awal.

Selama masih sesama video di YouTube, tidak masalah. Yang perlu diperhatikan adalah intensitas atau sering nya kita membagikan video - video tersebut. Jika terlalu sering membagikan video, apalagi video yang sama, akun kita bisa dicurigai sebagai akun spam yang hanya digunakan untuk menyebarkan video sesering mungkin.

Selama kegiatan tersebut tidak berlebihan, silahkan untuk membagikan video - video milik channel lain.

Manfaat menggunakan fitur Postingan atau Status di YouTube

Alasan utama YouTube membuat fitur ini adalah untuk lebih mendekatkan para konten kreator dengan penontonnya. Jadi pastikan tujuan kalian membuat postingan tersebut adalah untuk lebih mendekatkan diri dengan para subscriber atau penonton.

Selain itu, fitur membuat postingan ini juga bisa digunakan sebagai media promosi dan juga media "Penelitian". Postingan yang kita buat kemungkinan besar juga akan terlihat oleh pengguna yang belum pernah melihat konten - konten kita, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin untuk menggaet penonton baru.

Dengan fitur jajak pendapat, kita bisa lebih mengerti atau lebih paham tentang selera dari penonton kita, jadi bisa kita gunakan untuk inspirasi atau bahan evaluasi dalam membuat video.

Semoga tulisan mengenai cara membuat status di YouTube ini bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,5,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,25,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,53,Formula 1,17,Formula E,2,Games,48,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,73,Microsoft,24,Modem,11,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,263,OPPO,1,Peraturan,9,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,291,Toko Online,51,Tutorial,328,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,14,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,20,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video
Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVlWcXv4L0V-kn1LE-GVoDw3N9dknda3O7IOTrsK5U0Fw3RDn3A6s7xfnRBsUTs3xL-cxVAGJXARjAlK03yo-5puMtcetXKX45QaJZloqslXiqKHW77hVQPjKZ9pR7FtjDiKQhuZY0aqVsJgI58Tvfm3bKv-2EURFLcSjRSBZgE8P_oFBgMf034Bcn1Q/w640-h356/Cara%20Membuat%20Status%20di%20Youtube%201.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVlWcXv4L0V-kn1LE-GVoDw3N9dknda3O7IOTrsK5U0Fw3RDn3A6s7xfnRBsUTs3xL-cxVAGJXARjAlK03yo-5puMtcetXKX45QaJZloqslXiqKHW77hVQPjKZ9pR7FtjDiKQhuZY0aqVsJgI58Tvfm3bKv-2EURFLcSjRSBZgE8P_oFBgMf034Bcn1Q/s72-w640-c-h356/Cara%20Membuat%20Status%20di%20Youtube%201.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/05/cara-membuat-status-di-youtube-syarat-posting-polling.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/05/cara-membuat-status-di-youtube-syarat-posting-polling.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content