Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
YouTube
Cara mengganti URL Youtube Channel agar mudah dibuka

Cara mengganti URL Youtube Channel agar mudah dibuka

Berikut ini adalah cara mengganti URL Youtube channel agar mudah dibuka. Dengan cara ini anda tidak perlu lagi menulis link yang panjang dan rumit, anda hanya perlu menuliskan alamat yang telah anda buat sendiri. Lalu bagaimana cara nya agar bisa merubah link channel youtube?

Setiap channel di Youtube pastinya memiliki alamat url atau link masing - masing agar bisa langsung dibuka tanpa harus melakukan pencarian dulu di Youtube. Link ini juga sangat berguna jika anda ingin membagikannya ke orang - orang atau melakukan promosi.

Namun secara default (pengaturan bawaan) setiap channel diberi alamat atau link secara acak. Link tersebut biasanya berupa kombinasi huruf dan angka, dan lumayan panjang. Namun dengan melakukan custom url channel youtube, anda tidak perlu lagi ribet menulis link yang panjang, cukup tuliskan custom url yang telah anda buat. 

Baca juga: Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video

Dibawah ini adalah contoh halaman channel Youtube Rindi Tech yang normal dan yang sudah di custom URL:

  • youtube.com/channel/UCiGB8PDiDdgHox8bHaAr3yg (normal)
  • youtube.com/c/rinditech (custom)

Dari contoh diatas terlihat jauh sekali ya perbedaannya. Untuk link atau url normal bawaan Youtube terlihat sangat panjang dan pastinya sulit juga untuk ditulis ulang, apalagi untuk dihafal. Sedangkan pada link yang sudah di custom terlihat sangat pendek dan pastinya mudah diingat juga.

Syarat untuk dapat merubah link channel Youtube 

Sebelum anda dapat merubah /custom url channel youtube anda, ada beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Syarat - syarat nya seperti dibawah ini:

  • Memiliki 100 (atau lebih) subscriber.
  • Umur channel lebih dari 30 hari.
  • Telah mengupload foto/gambar untuk channel icon
  • Telah upload foto/gambar untuk channel art
Untuk penjelasan lengkapnya dari google mengenai custom url ini, anda bisa baca di link berikut ini: 

Jika channel anda telah memenuhi syarat - syarat diatas, baru anda dapat mengganti atau membuat custom url untuk channel anda. Dari syarat yang telah ditentukan oleh pihak Google, sepertinya cukup mudah ya. Untuk subscriber anda bisa minta bantuan teman - teman anda dulu untuk menambah jumlah subscriber setidaknya sampai 100. hehe 

Agar lebih tertata, anda juga bisa membuat video agar bisa di publikasikan secara terjadwal agar terlihat lebih konsisten. Untuk penjelasan lengkapnya dan cara menggunakannya silahkan baca tulisan dibawah ini.

Baca juga: Membuat Jadwal Upload Otomatis di YouTube - Publish Terjadwal

Cara mengganti URL Youtube channel agar mudah dibuka

Pada contoh ini saya menggunakan channel youtube Rindi Tech yang semula belum diganti url channel youtube nya dan sekarang sudah memiliki custom URL sendiri. Semoga bermanfaat.

  1. Pertama silahkan buka halaman Youtube anda dan pastikan anda sudah login
  2. Buka bagian photo profil atau >Menu (kanan-atas)
  3. kemudian pilih/buka halaman >Youtube Studio channel youtube anda
  4. Selanjutnya silahkan buka bagian >Settings (kiri-bawah) hingga menu pop-up muncul 
    Cara mengganti URL Youtube Channel agar mudah dibuka

  5. Silahkan buka menu >Channel (kiri)
  6. Lalu pilih >Advanced settings (kanan)
  7. Pada isi Advanced settings silahkan scroll kebawah, cari dan pilih menu >Youtube Account. Halaman pengaturan akun youtube anda akan terbuka
    Cara mengganti URL Youtube Channel agar mudah dibuka

  8. Pada daftar menu silahkan pilih >Advanced settings
  9. Pada bagian Custom URL silahkan klik tulisan >You're eligible for a custom URL, claim it here (jika tidak ada, berarti akun anda belum memenuhi syarat) 
  10. Silahkan pilih custom URL yang anda inginkan, jika ingin menambahkan tulisan silahkan pilih pilihan kedua. Jika anda cukup dengan nama channel anda silahkan pilih pilihan pertama.
  11. Jika sudah, silahkan konfirmasi dengan >ceklis pada bagian Terms of Use kemudian klik tombol >CHANGE URL kemudian konfirmasi lagi dengan klik tombol >CONFIRM CHOICE
    Cara mengganti URL Youtube Channel agar mudah dibuka

  12. Selesai. Halaman akan otomatis membuka channel Youtube anda.

Jika semua proses sudah berhasil dilaksanakan, silahkan langsung lakukan pengujian. Silahkan buka >Tab baru kemudian buka url channel anda yang sudah di custom. Jika berhasil, maka halaman channel youtube anda akan terbuka.

Sekarang, pihak YouTube juga memperkenalkan fitur terbaru yaitu YouTube Handle, untuk pembahasan lengkapnya dan bagaimana cara kita merubah handle di akun youtube kita, bisa dibaca di artikel dibawah ini.

Baca juga: Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

Bagaimana dengan link yang lama?

Untuk link bawaan atau link original ke halaman channel youtube anda, masih aktif dan tetap bisa digunakan. Jadi jangan khawatir jika anda telah menyimpan atau melakukan promosi link anda yang dulu, link tersebut masih aktif dan masih bisa digunakan.

Semoga informasi mengenai cara ganti url Youtube channel agar mudah dibuka ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!