Kenapa Video Jadul Masih direkomendasikan oleh Youtube?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Kenapa Video Jadul Masih direkomendasikan oleh Youtube?

Kenapa Video Jadul Masih direkomendasikan oleh Youtube?

Yup! Ternyata banyak yang penasaran kenapa video jadul masih direkomendasikan oleh Youtube. Padahal video yang di upload beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun yang lalu dari sisi kualitas mungkin sangat jauh jika dibandingkan dengan video - video baru saat ini. Lalu kenapa video - video lama tersebut masih sering direkomendasikan oleh sistem/algoritma youtube? 

Jujur saja, awalnya saya sendiri ragu untuk membahas 'fenomena' ini, karena mungkin hanya sedikit yang benar - benar penasaran dan ingin tahu jawabannya. Namun setelah tahu jawabannya langsung dari pihak YouTube, saya menemukan hal menarik dan mungkin juga bisa menjadi pelajaran untuk kita baik sebagai penonton maupun pembuat konten.  

Lalu kenapa video jadul masih direkomendasikan oleh Youtube? Pihak Youtube menjawab bahwa video jadul/lama faktanya masih diminati dan banyak ditonton, dengan sistem (algoritma) youtube saat ini, semakin sering video ditonton maka akan lebih sering juga untuk direkomendasikan oleh sistem youtube.

Beberapa dari kalian mungkin sering menemukan video - video yang dibuat beberapa minggu, bulan, bahkan beberapa tahun lalu masih direkomendasikan oleh Youtube. Lalu kenapa video - video tersebut bisa muncul lagi? apa bedanya dengan video jadul lain?

Baca juga: Bersiul nada di Youtube bisa kena Copyright?

Kenapa video jadul masih direkomendasikan oleh Youtube?

Terlepas dari kualitas video, nampaknya sistem youtube saat ini masih mengacu pada angka. Semakin banyak video ditonton algoritma youtube menganggap bahwa video tersebut layak untuk di 'promosikan' oleh sistem rekomendasi yang mereka miliki.

Hal ini dikarenakan sistem (algoritma) Youtube didesain untuk mencocokan jenis video yang disukai oleh penonton (viewers) terlepas dari kapan video tersebut dipublish.

Contohnya, jika anda sedang melihat video highlight pertandingan bola Persib lawan Persija di tahun 2021, sistem atau algoritma youtube akan mengumpulkan video - video yang berkaitan dengan bola, berkaitan dengan Persib dan Persija.

Dari satu contoh ini saja, sistem sudah memiliki 3 jenis kata kunci yang berbeda untuk direkomendasikan untuk kita. Apalagi jika kita sudah menonton beberapa video terkini, besar kemungkinan sistem juga akan mengambil video - video di bulan atau tahun sebelumnya.

Bahkan sistem atau algoritma YouTube bisa saja merekomendasikan pertandingan - pertandingan klasik dari 5 atau 10 tahun yang lalu, yang penting masih termasuk kedalam salah satu dari 3 kata kunci diatas yang disebutkan.

Video - video jadul tersebut akan terus direkomendasikan selama masih banyak yang 'penasanan' untuk membuka dan menonton demi menambah watchtime (waktu menonton) di setiap akun. semakin lama menonton maka semakin besar pula potensi pendapatan Youtube dari iklan yang tampil.

Baca juga: Apa Itu YouTube Handle dan Bagaimana Cara Merubahnya?

Kapan video - video jadul akan hilang?

Sampai kapan video - video jadul akan direkomendasikan? tidak adil dong bagi video - video yang baru yang mungkin dari segi isi atau kualitas jauh lebih baik dari video - video lama. Memang jika dibandingkan dari sisi kualitas, video - video jaman sekarang memang jauh lebih baik tapi sepertinya pihak youtube mempunyai pandangan sendiri tentang 'kualitas' video ini.

Jika masih banyak penonton di video - video tersebut maka kemungkinan besar video tersebut tetap akan direkomendasikan. Sampai jumlah penontonnya menurun atau sampa penonton beralih ke video lain yang direkomendasikan. -Youtube

Dari pernyataan diatas sangat jelas bahwa pihak youtube masih berfokus pada hasil, bukan isi video. Jika sebuah video masih banyak penontonnya, mereka anggap video tersebut layak untuk direkomendasikan, terlepas dari isi video tersebut (kecuali video yang memang melanggar peraturan ya).

Sampai ada video lain yang mendapatkan lebih banyak views (penonton), video - video jadul tersebut akan terus direkomendasikan sepertinya.

Baca juga: Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video

Kesempatan bagi konten kreator

Dari sekilas saja memang terlihat jelas, sistem rekomendasi video jadul ini berdampak positif bagi pemilik video/channel. Mulai dari jumlah penonton yang terus bertambah, sampai mungkin saja dari penonton - penonton baru tersebut ada beberapa yang berlangganan (subscribe) dan menjadi penasaran dengan video - video selanjutnya yang akan dibuat.

Hal ini juga bisa dimanfaatkan jika anda adalah seorang konten kreator atau Youtuber. Umumnya butuh waktu bagi sebuah video hingga dapat dipilih atau direkomendasikan oleh sistem youtube, bisa beberapa hari atau bahkan beberapa bulan ke depan baru muncul di daftar rekomendasi.

Jadi jika video anda tidak mendapat banyak penonton di awal - awal publikasi, bukan berarti video anda tidak bagus atau tidak diminati, mungkin saja hanya butuh waktu karena saat ini bisa dibayangkan berapa video yang diupload setiap harinya, dan setiap video tentunya ingin mendapatkan banyak penonton.

Baca juga: Apa Itu YouTube Super Chat dan Super Thanks? Bagaimana Cara Mengaktifkannya

Teruslah membuat video - video yang berkualitas karena sejatinya anda hanya butuh satu video saja yang viral atau terkenal, dan pada akhirnya dari satu video tersebut orang - orang akan melihat juga video lain di channel anda dan memutuskan apakah anda layak untuk diikuti atau tidak.

Ada banyak manfaat dari sistem ini terutama bagi para pemilik channel video tersebut. Video - video tersebut bisa mendatangkan penonton baru, menonton video lainnya di channel tersebut dan bisa saja menjadi penonton tetap di setiap video baru. -YouTube

Tapi dari hasilnya terlihat jelas bahwa video - video jadul sepertinya masih akan direkomendasikan karena sepertinya dianggap masih dinikmati oleh para penonton. Sampai ada video jadul lainnya yang mendapat lebih banyak klik, video tersebut akan terus direkomendasikan.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!