Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify
Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify

Berikut ini adalah cara menambahkan file mp3 di PC ke Spotify. Dengan cara ini kita bisa membuka atau memutar file audio yang ada di penyimpanan lokal di komputer dengan aplikasi Spotify. Bagaimana cara membuka file audio mp3 di Spotify dan memutarnya secara offline.

Spotify memang memiliki banyak koleksi lagu dari seluruh dunia, tetapi pasti ada saja lagu atau audio yang dihapus atau memang tidak ada di koleksi Spotify. Atau mungkin kamu mau mendengarkan lagu atau rekaman sendiri yang belum dipublikasikan di Spotify juga bisa menggunakan cara ini.

Jadi selain mendengarkan koleksi lagu atau podcast yang ada di spotify, kita juga dapat menambahkan audio atau mp3 lain di playlist yang akan kita dengarkan. Dengan mendengarkan lagu atau file mp3 dari penyimpanan lokal di komputer juga bisa dilakukan tanpa koneksi internet alias offline. Jadi seperti audio atau mp3 player pada umumnya.

Baca juga: Cara turn off komputer otomatis dengan timer

Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify

  1. Pertama silahkan buka aplikasi Spotify di PC
  2. Selanjutnya silahkan klik tombol >Menu (icon panah ke bawah)
  3. Lalu pilih >Settings
  4. Pada halaman settings silahkan cari sub-menu "Local File" kemudian aktifkan tombol >Show Local File hingga berubah menjadi aktif atau berwarna hijau seperti di gambar.Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify
  5. Setelah menu local file aktif, akan muncul sub-menu baru dengan tulisan "Show songs from". Silahkan klik tombol >ADD A SOURCE yang terletak didalam menu show songs from.
  6. Halaman pop-up atau folder explorer akan terbuka, silahkan cari dan pilih folder tempat kamu menyimpan file mp3 atau audio yang ingin dimunculkan di aplikasi Spotify. Saya sarankan pilih folder utama saja karena sub-folder yang ada didalamnya akan otomatis terbaca juga. Jika sudah silahkan klik tombol >OK.Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify
  7. Selanjutnya silahkan buka bagian menu >Local Files yang terletak di bagian kiri di bagian Your Library.
  8. Pada halaman Local files ini silahkan cari atau pilih lagu atau audio mana saja yang ingin kamu putar atau tambahkan ke playlist yang telah kamu buat sebelumnya dengan memasukan kata kunci di bagian Filter.Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify
  9. Selesai. Sekarang kamu bisa memutar musik atau file audio yang ada di penyimpanan lokal di PC dan diputar di aplikasi Spotify.

Baca juga: Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

Apakah bisa diputar di HP?

Mungkin ada yang penasaran juga, apakah file musik yang telah ditambahkan ke playlist di Spotify bisa diputar dan didengarkan di HP? Jawaban singkatnya tidak. Saya sudah mencoba saat memutar file audio yang berasal dari memori lokal atau penyimpanan lokal di PC kemudian sengaja berpindah perangkat ke HP, Spotify di HP langsung berhenti memutar musik yang tersimpan di PC.

Sebenarnya, jika dilihat dari teknologi yang sekarang sedang berkembang, pasti ada cara untuk dapat mendengarkan file audio yang tersimpan di PC dan didengarkan di HP namun sepertinya fitur tersebut terlalu powerful yang akhirnya bisa merugikan pihak Spotify. 

Mungkin kedepannya fitur ini akan tersedia, tapi untuk sekarang sepertinya tidak bisa. Jika ingin mendengarkan musik atau file audio yang ada di PC maka harus diputar di aplikasi Spotify di PC juga, jadi mirip audio player pada umumnya.

Namun begitu, dengan cara menambahkan file mp3 di PC ke Spotify ini kita jadi tidak perlu membuka aplikasi tambahan lagi untuk mendengarkan musik atau audio yang ada di Spotify dan yang tersimpan di penyimpanan lokal di PC.

Semoga tulisan mengenai cara menambahkan file mp3 di PC ke Spotify ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!