Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

Berikut ini adalah solusi atau cara mengatasi masalah suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi. Tutorial ini ditujukan bagi komputer atau laptop yang audio nya tidak keluar di aplikasi yang berbeda. Jadi saat memutar video di youtube suara bisa keluar, tetapi saat bermain game suara tidak keluar di sumber yang diinginkan.

Cara ini sering muncul saat kita menggunakan audio eksternal seperti saat pc atau laptop kita sedang terhubung ke televisi dengan HDMI atau saat kita menghubungkan 2 audio eksternal seperti headset dan speaker aktif dalam waktu yang bersamaan.

Dengan car ini juga kita jadi bisa membagi saluran output audio sesuai kebutuhan. Contohnya, kita bisa mengatur suara game yang sedang kita mainkan hanya ke headset saja, dan mengatur suara musik player ke speaker. Jadi suara game tidak akan keluar di speaker dan suara musik tidak akan terdengar di headset. 

Baca juga: Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Solusi audio suara pc tidak keluar di beberapa aplikasi

Cara ini saya praktekan di PC dengan OS Windows 10, jika anda menggunakan OS dengan versi windows 8, atau Windows 7 silahkan menyesuaikan ya, langkahnya sama saja, yang beda di tata letak menu nya saja.

  1. Pertama, silahkan buka atau play aplikasi atau game yang pengaturan audionya ingin anda rubah, setelah terbuka silahkan >Minimize (jangan di close) biarkan aplikasi/game tetap berjalan. 
  2. Selanjutnya >klik kanan di icon speaker (umumnya terletak di bagian pojok kanan-bawah layar) kemudian pilih >Open sound settings. Cara lainnya anda bisa klik tombol >Windows/start ketik di kolom pencarian "sound settings". Silahkan klik/buka pengaturan sound settings yang muncul.
    Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

  3. Silahkan scroll kebawah dan klik pada pengaturan >App volume and device preferences di bagian Advanced sound options.
  4. Pada halaman advanced ini silahkan pilih aplikasi yang tidak keluar suaranya dan rubah bagian Output ke speaker yang diinginkan. Pada contoh ini saya mengatur suara game F1 2020 menjadi keluar di TV SAMSUNG yang sedang terhubung. Atau jika anda tidak tahu harus memilih yang mana, coba saja dulu rubah semua output ke pengaturan "Default"
    Audio Suara PC tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

  5. Selesai. Tidak perlu menunggu lama, pengaturan ini bersifat instant, jadi kita bisa langsung melihat perubahannya. silahkan coba memutar musik atau bermain game yang telah anda rubah pengaturannya.

Karena ini pengaturan lanjutan, jadi kemungkinan besar setiap perubahan yang dilakukan akan bersifat tetap, jadi saat speaker eksternal atau TV tidak terhubung pun kemungkinan pengaturan output akan tetap memilih TV.  Jadi saya sarankan anda untuk mengingat - ingat cara ini agar nanti tidak bingung kalau ada audio yang tidak sesuai outputnya.


Pengaturan Custom setiap aplikasi

Jika anda ingin mengatur output audio secara masing - masing, misalnya ingin Audio game ke headset lalu audio browser Chrome (Youtube, dll) diputar di TV (dengan HDMI). Pada halaman device preferences, silahkan rubah setiap output di setiap aplikasi sesuai keinginan anda.

Jika aplikasi tidak muncul di halaman pengaturan device preference, berarti sistem/PC tidak melihat aplikasi tersebut berjalan. Solusinya silahkan tutup aplikasi/game kemudian buka lagi dan selanjutnya buka lagi bagian device preferences, seharusnya aplikasi tersebut sudah muncul lagi di halaman ini.

Pengaturan default sangat disarankan

Bagi anda yang hanya mengalami masalah audio yang tidak keluar, saya sarankan rubah pengaturan output ke pilihan Default. Dengan merubah ke pengaturan default, kedepannya anda tidak perlu lagi mengatur aplikasi satu persatu seperti ini, selanjutnya aplikasi akan mengikuti pengaturan umum di komputer /laptop anda. 

Tapi bagi anda yang memang ingin merubah dan mengatur output audio ke perangkat yang berbeda seperti headset untuk game dan musik ke TV/speaker maka silahkan atur sesuai keinginan anda, tidak perlu memilih pengaturan default.

Semoga tutorial mengenai cara mengatasi masalah atau error suara audio PCtidak keluar di beberapa aplikasi ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!