Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

Berikut ini adalah cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya, Dengan cara ini ukuran file PDF anda yang tadinya besar bisa menjadi sangat kecil dan bisa berkurang sampai 60% atau bahkan 90% dari ukuran aslinya. Contohnya jika ukuran file PDF asli 700kb maka akan bisa dikompress menjadi dibawah 350kb dan bahkan bisa sampai dibawah 50kb. Untuk tutorialnya silahkan ikuti langkah - langkah yang ada di artikel ini.

Sebelum ke langkah - langkah, saya ingatkan lagi bahwa bagaimanapun caranya melakukan kompresi pada file apapun akan mengubah kualitas menjadi lebih rendah. Contohnya jika kita mengkompress file pdf berisi dokumen seperti ijazah, maka tulisan - tulisan yang ada disana akan terlihat sedikit buram atau tidak tajam setelah di compress ke file yang lebih kecil ukurannya.

Namun selama tulisannya masih bisa dibaca setelah dikompress maka tidak akan jadi masalah karena informasi yang ada didalam file PDF tersebut masih bisa tersampaikan.

Cara ini biasanya digunakan untuk file - file yang ingin dikirim melalui email atau jalur online lainnya. Biasanya perusahaan atau penerima file memberikan batasan maksimal ukuran file PDF yang bisa dikirim, jika file terlalu besar biasanya akan ditolak dan tidak bisa dikirim.

Baca juga: Cara mengecilkan ukuran Foto jadi dibawah 200 KB

Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

Ada beberapa website yang telah saya coba, namun website - website tersebut belum cukup kuat untuk memberikan hasil kompresi yang ekstrim atau sangat kecil. Ada yang bisa menawarkan kompresi yang kuat/ekstrim namun berbayar.

Akhirnya kemarin saya menemukan sebuah website kompresi yang cukup baik dalam memberikan ukuran file yang sangat kecil, setidaknya memenuhi standar minimal ukuran file yang saya butuhkan. Untuk caranya silahkan ikut langkah - langkah dibawah ini.

Saya yakin, kedepannya akan banyak website yang bisa melakukan kompresi yang kuat dan gratis, namun untuk saat ini website pdf2go sangat bisa diandalkan menurut saya.

  1. Siapkan file PDF yang ingin di kompres atau dikecilkan ukurannya
  2. buka website https://www.pdf2go.com/compress-pdf (mohon beritahu saya lewat kolom komentar jika link error / tidak dapat diakses)
  3. Klik tombol >Choose File hingga jendela explorer terbuka. Kemudian cari dan pilih file PDF yang ingin diperkecil ukurannya. Atau anda juga bisa melakukan drag-drop file PDF langsung dari explorer ke kolom "drop files here".
    Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

  4. Tunggu hingga proses upload file selesai.
  5. Selanjutnya silahkan pilih >Strong Compression untuk hasil kompresi maksimal
  6. Terakhir silahkan klik tombol >Start. Tunggu hingga proses kompresi selesai dan sistem melakukan download file otomatis.
    Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

  7. Silahkan buka folder download default untuk membuka file PDF yang telah diperkecil ukurannya.

Pilihan Strong Compression ini menurut saya sudah cukup untuk memperkecil file PDF yang berisi text atau tulisan seperti ijazah atau dokumen penting lainnya. Meskipun kompresinya kuat tetapi untuk kualitas yang dihasilkan masih bisa diterima dan tulisan - tulisan yang ada didalam file masih bisa terbaca (kecuali untuk text yang sangat kecil).

Masih kurang kecil? Silahkan lakukan cara dibawah ini

Jika ukuran file yang telah dikompres masih kurang kecil silahkan lakukan kompresi ekstrim dengan cara dibawah ini. Dengan cara ini file PDF anda akan diperkecil ke ukuran yang sangat kecil namun berpengaruh besar terhadap kualitas atau tampilan akhir file.

  1. Siapkan file PDF original yang ingin di kompres (jangan gunakan file yang telah dikompresi)
  2. buka website https://www.pdf2go.com/compress-pdf (sama dengan link di cara pertama)
  3. Klik tombol >Choose File hingga jendela explorer terbuka (seperti cara diatas). Silahkan cari dan pilih file PDF yang ingin diperkecil ukurannya. Atau anda juga bisa melakukan drag-drop file PDF langsung dari explorer ke kolom "drop files here".
  4. Seperti biasa. Tunggu hingga proses upload file selesai.
  5. Selanjutnya silahkan pilih >Choose from a preset.
  6. Kemudian pada kolom Choose from a preset silahkan pilih antara >Insane quality (20dpi) atau >Minimum quality (40dpi). Saya sarankan untuk coba kedua pilihan tersebut lalu nanti bandingkan hasilnya sendiri.
    Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya

  7. Jika sudah selesai mengatur, klik tombol >Start dan tunggu hingga proses kompresi selesai dan sistem melakukan download file otomatis seperti sebelumnya.
  8. Terakhir, buka folder download default untuk membuka file PDF yang telah dikompres.
Jangan lupa untuk memeriksa terlebih dahulu file hasil kompresi sebelum dikirim/diupload. Bisa jadi file ukurannya kecil namun kualitas gambar/text yang ada di dalam file menjadi sangat buram atau bahkan menjadi tidak bisa dibaca.

Perlu diingat bahwa hasil kompresi juga ada batasnya, jadi kita tidak bisa memaksakan ukuran file yang kecil tapi ingin kualitas yang sama. Jika ada sudah mentok, bisa dicoba dengan membagi file dokumen menjadi beberapa bagian. 


Semoga tutorial mengenai cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,25,Design,6,Facebook,24,Finance,43,Formula 1,4,Games,34,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,6,PlayStation,3,Productivity,32,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,257,Toko Online,43,Tutorial,285,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya
Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya
Ukuran File PDF bisa berkurang menjadi 60% -90% lebih kecil dari file original. Cara kompres file PDF agar sangat kecil ukurannya
https://1.bp.blogspot.com/--jkn8vrSTdQ/YEXgQ2ZVhEI/AAAAAAAAJXQ/vL9jk1TJkwUU_v0klPHEoct2IBYwTiwVwCLcBGAsYHQ/w640-h362/Cara%2Bkompres%2Bfile%2BPDF%2Bagar%2Bsangat%2Bkecil%2Bukurannya%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/--jkn8vrSTdQ/YEXgQ2ZVhEI/AAAAAAAAJXQ/vL9jk1TJkwUU_v0klPHEoct2IBYwTiwVwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h362/Cara%2Bkompres%2Bfile%2BPDF%2Bagar%2Bsangat%2Bkecil%2Bukurannya%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/03/cara-kompres-file-pdf-agar-sangat-kecil-ukurannya.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/03/cara-kompres-file-pdf-agar-sangat-kecil-ukurannya.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content