Cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original (India, Inggris, Prancis, dll)

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Apps
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original (India, Inggris, Prancis, dll)
Cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original

Berikut ini adalah cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original. Dengan cara ini kita bisa mengganti audio ke bahasa asli yang digunakan. Contohnya, ketika kita melihat film yang berbahasa prancis, tapi video tersebut telah di dubbing dengan bahasa inggris. Nah kita bisa mengembalikannya ke audio original yaitu bahasa prancis, india, arab, dll.

Bedakan dengan subtitle ya... Ingat, sekarang ini kita sedang membahas audio /suara yang dikeluarkan oleh film, bukan subtitle atau tulisan translate yang sering muncul di bagian bawah film. Audio adalah keseluruhan suara yang dikeluarkan oleh film tersebut dan disana juga termasuk efek dan bahasa yang digunakan oleh para pemain.

Umumnya, film - film diluar bahasa inggris seperti bahasa Prancis, Spanyol, India, Arab, Indonesia, dll akan mendapatkan dubbing dengan bahasa inggris jika didistribusikan secara internasional. Begitu juga sebaliknya, jika ada film luar yang diputar di Indonesia, beberapa diantaranya pasti sudah di dubbing dengan bahasa Indonesia.

Lalu, bagaimana cara merubah audio atau suara yang ada di film ke suara asli/original nya?

Dual-Audio channel

Sebelum ke tutorial, cara ini hanya bisa dilakukan jika video atau film yang kita putar memiliki fitur dual-audio dimana nantinya kita bisa memilih audio mana yang digunakan saat menonton. 

Namun jika nanti anda tidak menemukan pilihan bahasa lain, berarti video/film yang ada putar tersebut sudah di dubbing secara permanen dan otomatis menghapus file audio dengan bahasa originalnya. Jadi jangan buru - buru kesal karena tidak bisa ya, karena memang video nya dari sana sudah tidak mendukung dual-audio.

Cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original

Cara ini saya praktekan di aplikasi Gom Player, namun jika anda ingin menggunakan aplikasi lain silahkan saja karena Gom Player bukan satu - satunya aplikasi yang dapat merubah pengaturan suara yang dikeluarkan.

  1. Silahkan putar file film/video di aplikasi GOM Player.
  2. Saat video sedang diputar silahkan "klik kanan" di layar video tersebut hingga muncul menu 
  3. Kemudian arahkan mouse pada menu "Audio" hingga muncul menu lanjutan
  4. Lalu silahkan pilih atau arahkan mouse pada "Select stream" hingga muncul pilihan bahasa audio yang tersedia.
  5. Silahkan "Pilih bahasa atau audio dubbing" yang diinginkan. Pada contoh ini saya merubah audio dari bahasa Inggris ke Prancis (audio original)Cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original
  6. Selesai. Tidak perlu melakukan restart, bahasa atau audio akan otomatis berubah saat itu juga.

Pengaturan ini tidak permanen. Jadi jika kamu menutup video dan membukanya kembali, kamu harus melakukan pengaturan ulang audio stream seperti cara diatas.

Apakah kita bisa menambahkan audio dubbing secara manual?

Sepertinya ini juga menjadi pertanyaan saya pribadi, apakah kita bisa menambahkan audio dubbing dengan bahasa yang kita inginkan sepeti mengganti file subtitle? 

Namun seperti nya belum ada cara atau saya sendiri belum menemukan bagaimana caranya mengganti dubbing secara manual. Hal ini juga sebenarnya sangat bisa dimengeri karena, untuk melakukan dubbing sebuah film memerlukan usaha yang tidak sedikit dan waktu yang tidak singkat. 

Berbeda dengan membuat subtitle, membuat dubbing sebuah film memerlukan banyak waktu dan tenaga, juga perlu banyak sumber daya. Jadi kalau video yang kamu ingin rubah tidak ada pilihan audionya, ya untuk sekarang harus terima saja, alternatifnya tetap bisa menggunakan subtitle seperti biasanya.

semoga pembahasan mengenai cara merubah video yang telah di dubbing ke bahasa original ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!