Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer

Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer

Berikut ini adalah cara mematikan komputer dengan waktu otomatis atau shutdown timer. Dengan cara ini kita dapat turn off atau mematikan komputer secara otomatis sehingga PC atau komputer dapat kita tinggal tidur atau pergi keluar rumah tanpa harus menunggu proses di komputer selesai.

Cara ini bisa diterapkan di semua versi Windows seperti Windows 10 Windows 7, 8, dll. Jadi tidak ada masalah jika anda memiliki versi windows yang berbeda dengan yang ada di contoh ini (Windows 10), karena caranya sama saja. Cara ini tidak bisa diterapkan di Laptop atau PC berbasis MacOS (Apple) ya.

Saya gunakan cara ini biasanya saat melakukan download atau install program yang memiliki ukuran yang besar dan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Jadi saat proses download atau install berjalan saya akan aktifkan timer otomatis shutdown ini dan nanti komputer akan mati sendiri setelah waktu/timer habis.

Cara ini bisa juga digunakan sebagai timer manual bagi anda yang sedang membuka usaha warnet tapi masih belum bisa menggunakan aplikasi warnet yang umum digunakan. Selain mudah diaplikasikan, dengan cara ini juga tidak bisa dengan sengaja membuat pelanggan menunda - nunda menghentikan penggunaan komputer.

Cara ini juga bisa digunakan untuk anda yang ingin memberikan batasan waktu bermain game untuk anak anda. Dengan cara ini anak anda tidak akan bisa menambah waktu bermain sesukanya, karena komputer akan mati walaupun sedang digunakan (kecuali anak anda tahu cara menghentikan timernya. hehe).

Baca juga: Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC

Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis timer

Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini untuk mengaktifkan timer atau penghitung waktu mundur komputer agar mati otomatis.

  1. Tekan tombol Windows + R untuk memunculkan jendela Run
  2. Ketik "CMD" kemudian klik >Enter untuk membuka jendela command prompt
    Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer

  3. Pada jendela cmd silahkan langsung ketik "shutdown.exe -s -t 3600" .Angka 3600 menunjukan jumlah detik penghitungan mundur, jika 3600 maka PC akan mati dalam waktu 1 jam. Anda juga bisa merubahnya ke waktu lainnya seperti 7200 (2 jam), 1800 (30 menit), dll. Panduan lengkap silahkan baca di bagian akhir artikel ini.
    Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer
    contoh untuk timer 1 jam (3600 detik)

  4. kemudian klik >Enter. Jika perintah yang anda ketik benar maka akan muncul notifikasi yang menunjukan bahwa komputer anda akan sign out dalam waktu yang sudah ditentukan seperti contoh berikut ini: "Windows will shutdown in 60 minutes"
  5. Selesai. Komputer anda akan mati tepat 60 menit (atau waktu lainnya) setelah anda menekan tombol Enter diatas.

Cara membatalkan timer yang telah berjalan

Untuk mebatalkan timer/waktu yang telah berjalan anda bisa mengikuti langkah - langkah dibawah ini:

  1. Buka kembali jendela Run (Windows + R)
  2. Ketik kembali "CMD" kemudian >Enter
  3. Pada jendela CMD silahkan ketik "shutdown.exe -a" kemudian klik >Enter
    Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer

  4. Selesai. Jika berhasil akan muncul notifikasi "The schedule shutdown has been cancelled".

Jangan gunakan waktu pas

Jika anda sedang melakukan install atau download, saya sarankan jangan gunakan waktu yang pas atau terlalu mepet. Misalnya, estimasi selesai download adalah 1 jam, maka saya sarankan anda jangan memberikan waktu shutdown 1 jam pas atau 1 jam 5 menit. Saya sarankan beri waktu tambahan 20-30 menit jadi 1 jam 30 menit.

Begitu juga jika anda menggunakannya sebagai timer penggunaan komputer di warnet atau untuk anak anda. Saya sarankan berikan waktu tambahan sekitar 5 menit agar mereka bersiap - siap dan tidak kaget saat waktu penggunaan selesai. Ibaratnya seperti injury time lah ya. hehe

Panduan konversi timer dari detik ke jam /menit:

  • 60 (1 menit)
  • 600 (10 menit)
  • 1800 (30 menit)
  • 3600 (1 jam)
  • 5400 (1 jam 30 menit)
  • 7200 (2 jam)
  • 9000 (2 jam 30 menit)
  • 10800 (3 jam)
  • dst

Semoga tulisan mengenai cara mematikan komputer dengan waktu otomatis atau shutdown timer ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Terimakasih, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!