Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10
Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10

Yes! Akhirnya saya menemukan solusi untuk masalah mikrofon di game F1 2019. Sekarang error voice control disabled di F1 2019 sudah berhasil diperbaiki. Saya dapat menggunakan mik saya untuk mengontrol menu MFD dengan perintah suara seperti orang lain.

Setiap kali saya menjalankan game, notifikasi "Voice Control Disabled" selalu muncul sebelum memasuki menu utama. Tetapi setelah saya membuat perubahan di bawah, notifikasi hilang dan sekarang saya dapat menggunakan mikrofon saya untuk berkomunikasi dengan bapak - bapak Engineer di radio. hehe

Sebelum saya menjelaskan apa yang saya lakukan sampai benar - benar berhasil, saya ingin memberi tahu Anda langkah apa saja yang saya lakukan sebelum masalah mikrofon yang tidak berfungsi itu hilang, setidaknya untuk kasus saya di Windows 10 dengan controller Xbox One S.

Daftar di bawah ini adalah langkah-langkah yang saya coba berkali-kali untuk memperbaiki kesalahan "Voice Control Disabled" (kontrol suara yang dinonaktifkan) pada permainan F1 2019, tetapi TIDAK satu pun yang mempan untuk kasus saya. Tapi itu layak untuk dicoba oleh anda sebelum Anda mengikuti langkah terakhir yang saya lakukan.

Baca juga: Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?

Untuk referensi Anda, berikut adalah langkah-langkah yang saya coba tetapi TIDAK BERPENGARUH dengan masalah saya.

  • instal ulang file "x64_speechplatformruntime.msi" dari folder instalasi
  • jalankan file "msspeech_sr_en-in_tele.msi" dari folder instalasi
  • unduh ulang dan instal file "x64_speechplatformruntime.msi" dari situs web Microsoft
  • unduh ulang dan instal file "msspeech_sr_en-in_tele.msi" dari situs web Microsoft
  • menonaktifkan sumber/port mikrofon lainnya (kecuali yang saya gunakan)
  • Izinkan pengaturan privasi mikrofon ke program Steam
  • Perekam suara diaktifkan dalam pengaturan privasi mikrofon
  • Hapus centang semua Mode Eksklusif di properti Mikrofon.
  • Pastikan mikrofon berfungsi di aplikasi Steam (Buka menu >Friends >Friend List >Settings >Voice)

Semua saran di atas berasal dari berbagai situs web termasuk Steam community dan forum Codemasters. Tapi seperti yang saya katakan, tidak satupun dari cara diatas yang dapat mengaktifkan mikrofon pada game Formula 1 2019.

Baca juga: Cara Menambahkan Jadwal Formula 1 di Kalender HP Otomatis Update Setiap Tahun

Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10

Berikut adalah langkah-langkah yang saya buat untuk memperbaiki kesalahan Voice Control Disabled pada Game F1 2019 di Windows 10. Saya harap ini juga membantu Anda yang memiliki masalah yang sama dengan saya tetapi masih berjuang untuk menemukan 'obat' untuk mikrofon yang tidak berfungsi di- permainan.

  1. Saya kembalikan pengaturan pada Microphone properties ke default settings. Sebenarnya saya kurang yakin ini berpengaruh pada game Formula 1, tetapi sepertinya pengaturan pada properti mikrofon tidak menjadi masalah. Pada gim lain dan sebagian besar aplikasi, mikrofon berfungsi dengan baik tanpa harus mengubah pengaturan.
    Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10
  2. Karena saya menggunakan audio mixer eksternal melalui port USB, saya memindahkan port USB dari port keyboard / mouse ke port USB utama di bagian belakang. Langkah kedua ini juga saya kurang yakin dapat berpengaruh, tetapi silahkan dicoba saja.
  3. Saya menghentikan (turn off) akses Cortana ke mikrofon pada tab "Choose which Microsoft Store apps can access your microphone". (Klik >Start lalu ketik "Microphone privacy settings">Matikan (turn off) akses Cortana ke mikrofon). Saya sangat yakin ini adalah 'kunci' yang menyebabkan error Voice Control Disabled pada F1 2019 di Windows 10.
    Fix Error Voice Control Disabled di Game F1 2019 Windows 10

Saya menemukan di situs web f1carsetup.com tentang voice control yang mengatakan: "Obrolan suara hanya didukung melalui perangkat Kinect, Cortana saat ini sudah tidak didukung - hal ini dibatasi langsung oleh Microsoft." Jadi, selama Cortana aktif, program lain tidak akan memiliki izin untuk menggunakannya untuk membuat perintah suara.

Saya tidak terlalu sering menggunakan Cortana jadi kalaupun harus menonaktifkan akses Cortana ke mikrofon, tidak masalah. Tetapi jika Anda ingin tetap menggunakan perintah suara melalui Cortana, maka Anda perlu ON/OFF pengaturan sebelum dan sesudah Anda bermain game Formula 1.

Test dengan kata - kata yang sama persis

Setelah Anda melakukan perubahan, jalankan game F1 2019 seperti biasa, untuk mengecek apakah berhasil atau tidak. Untuk percobaan pertama, pastikan Anda berbicara dengan kata-kata yang persis tertulis pada daftar perintah MFD (Multi Function Display). Misalnya, ucapkan "BOX THIS LAP" (jangan gunakan "box-box"), atau katakan "DRIVER IN FRONT" (jangan gunakan "who's in front"), dll.

Mungkin dengan bantuan koneksi internet, kata-kata perintah tidak harus tepat seperti tertulis di MFD, dan bisa juga menerima lebih banyak kata-kata alternatif untuk perintah yang sama. Tetapi untuk percobaan pertama, katakan saja persis kata-per-kata apa yang tertulis pada daftar perintah MFD.

Semoga tutorial tentang cara fix error voice control disabled di F1 2019 berdasarkan pengalaman saya pribadi ini bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan simpan di halaman komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!