Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona

Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona
Sejatinya, Apple dan Google adalah rival abadi di dunia teknologi, khususnya di pasar ponsel pintar. Namun kali ini Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Covid 19 yang saat ini masih terus menyebar diantara penduduk dunia, termasuk di Amerika.

Sekarang ini jika anda tidak menggunakan smartphone iPhone (iOS) berarti anda menggunakan smartphone Android, begitu juga sebaliknya. Kedua OS tersebut memang sejatinya bersaing dan selalu berkompetisi, namun kali ini berbeda.

Dengan terus bertambahnya korban jiwa dan juga pasien positive corona, perlu diambil langkah - langkah drastis untuk memutus rantai penyebaran virus menular ini. Apple dan Google sepertinya juga menyadari hal ini dan mereka pun bekerjasama dengan teknologi yang mereka miliki.

Untuk membantu tim medis dalam menekan penyebaran COVID19, Google dan Apple bekerjasama dalam hal pergerakan antar pengguna yang dibuat dengan pengawasan yang ketat dan kerahasiaan data pengguna. Tim Cook (CEO Apple) dan saya berkomitmen untuk bekerja bersama dalam hal ini. -Sundar Pichay, CEO Google

Baca juga: Daftar Website Resmi Tentang Virus Corona COVID-19 di Indonesia



Apple dan Google Berbagi Teknologi System Tracking

Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona
Dengan banyaknya perangkat iPhone dan Android yang ada di masyarakat saat ini, nampaknya setiap pergerakan seseorang saat ini sudah dapat dipantau dengan mudah. Dan akan lebih mudah lagi jika perangkat iPhone dan Android dapat berbagi lokasi satu sama lain dalam waktu yang instant (real-time).

Apple dan Google berencana untuk membuat sebuah sistem bersama yang dapat mencatat lokasi pengguna dan mencatat dengan siapa saja mereka berdekatan. Data tersebut nantinya akan dijadikan rujukan bila mana seseorang terindikasi positif virus corona.

Ketika seseorang terindikasi positif virus corona maka data perjalanan 2 minggu terakhir akan dijadikan rujukan untuk memperingati orang - orang yang telah berkumpul atau berdekatan dengan pasien. Dan orang - orang yang terpapar tersebut akan mendapat notifikasi bahwa mereka pernah berkomunikasi atau berdekatan dengan pasien positif Covid-19.

Dengan begitu diharapkan sistem dapat menangkap lebih jelas data persebaran virus ini. Dengan kerjasama Apple dan Google berbagi teknologi ini, diharapkan data yang didapatkan menjadi lebih lengkap dan lebih akurat.

Baca juga: Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes

Amankah sharing data seperti ini?

Beberapa orang, terutama para pengamat teknologi sebenarnya khawatir dengan kerjasama ini. Pasalnya jika kedua perusahaan besar ini sudah bersatu maka diprediksi kedepannya akan terjadi monopoli pasar oleh Apple dan Google.

Namun para pengamat teknologi juga menyadari, dalam situasi darurat ini setiap kontribusi dari seluruh pihak sangat diperlukan. Apalagi jika melihat fasilitas dan teknologi yang dimiliki oleh Apple dan Google, nampaknya harapan besar ada di kerjasama ini.

Apple dan Google juga mengklaim telah menyiapkan sistem yang aman bagi kerahasiaan data pengguna. Kabarnya mereka akan menggunakan semacam Key (kode unik) untuk setiap smartphone yang digunakan. Key tersebut nantinya akan jadi rujukan untuk setiap perangkat, bukan nama pengguna ataupun data pribadi lainnya.

Semoga tulisan mengenai Kerjasama Apple dan Google berbagi teknologi ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona
Apple dan Google Berbagi Teknologi Untuk Melacak Penyebaran Virus Corona
Apple dan Google berencana untuk membuat sebuah sistem bersama yang dapat mencatat lokasi pengguna dan mencatat dengan siapa saja mereka berdekatan. Dengan kerjasama Apple dan Google berbagi teknologi ini, diharapkan data yang didapatkan menjadi lebih lengkap dan lebih akurat.
https://1.bp.blogspot.com/-wgmeRVWHSLo/XpKxka9A_wI/AAAAAAAAISc/l0RSwSHXZXMt_Npjhn98thHITQY8c0zTwCLcBGAsYHQ/s640/Apple%2Bdan%2BGoogle%2BBerbagi%2BTeknologi%2BUntuk%2BMelacak%2BPenyebaran%2BVirus%2BCorona%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-wgmeRVWHSLo/XpKxka9A_wI/AAAAAAAAISc/l0RSwSHXZXMt_Npjhn98thHITQY8c0zTwCLcBGAsYHQ/s72-c/Apple%2Bdan%2BGoogle%2BBerbagi%2BTeknologi%2BUntuk%2BMelacak%2BPenyebaran%2BVirus%2BCorona%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/04/apple-dan-google-berbagi-teknologi-untuk-melacak-penyebaran-virus.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/04/apple-dan-google-berbagi-teknologi-untuk-melacak-penyebaran-virus.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content