Beranda
News
Social Media
Twitter
X
Twitter meluncurkan fitur ‘Sembunyikan Balasan’ Hidden Reply
Twitter meluncurkan fitur ‘Sembunyikan Balasan’, dengan harapan akan memberadabkan percakapan

Twitter meluncurkan fitur ini juga, kini fitur 'Sembunyikan Balasan' (hidden reply)dapat digunakan oleh semua orang, lalu bagaimana dapat memberadabkan percakapan dengan fitur 'Sembunyikan Balasan'? simak uraian berikut..

Mengendalikan Percakapan

Twitter hari ini mulai menguji perubahan radikal dan kontroversial pada layanannya dengan meluncurkan fitur "Sembunyikan Balasan" baru. Secara efektif, opsi ini memberi pengguna kemampuan untuk merebut kembali kendali atas percakapan yang telah mereka mulai dengan menyembunyikan balasan apa pun yang mereka rasa tidak layak kontribusi - misalnya, balasan yang tidak relevan atau ofensif langsung.

Salah satu masalah dengan Twitter - dan dengan banyak jejaring sosial, dalam hal ini - adalah bahwa percakapan yang sehat dapat dengan mudah terganggu oleh satu individu atau sejumlah kecil orang yang tidak berkontribusi secara positif. Mereka datang untuk memulai drama atau mereka membuat pernyataan yang tidak pantas, kasar atau bahkan penuh kebencian.

Baca juga: "NET TV Bangkrut" Jadi pencarian Paling Populer di Google

Tentu saja, pengguna dapat memilih sendiri untuk membisukan atau Memblokir orang seperti ini, yang membatasi kemampuan mereka untuk memengaruhi pengalaman pribadi mereka di Twitter. Tetapi ini tidak menghapus komentar mereka dari pandangan orang lain. Namun, fitur "Sembunyikan Balasan" akan.

Tapi itu tidak setara dengan tombol hapus. Dengan kata lain, balasan tersembunyi tidak sepenuhnya dihapus dari Twitter, mereka hanya ditempatkan di belakang ikon. Jika orang ingin melihat balasan tersembunyi, mereka dapat menekan ikon ini untuk melihatnya.

Twitter meluncurkan fitur ‘Sembunyikan Balasan’, dengan harapan akan memberadabkan percakapan

Tujuan Twitter dengan fitur ini adalah untuk mendorong lebih banyak percakapan sipil di platformnya. Ini bisa berhasil, karena mereka yang ingin komentar mereka dilihat oleh khalayak luas harus menemukan cara untuk mengekspresikan diri mereka dengan cara yang sesuai - tanpa mengalihkan pembicaraan atau menggunakan penghinaan atau trolling. Kalau tidak, mereka tahu balasan mereka bisa disembunyikan dari tampilan default.

Twitter meluncurkan fitur ini bukan tanpa kerugian besar.

Misalnya, pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan balasan yang sederhana (dan bahkan dengan sopan!) Tidak setuju dengan pandangan mereka. Ini kemudian akan menciptakan "gelembung filter" di mana hanya orang-orang yang memiliki pendapat yang sama dengan pengirim asli yang akan menampilkan komentar mereka secara jelas. Dalam hal ini, fitur tersebut akan membungkam sudut pandang lain - dan itu bertentangan langsung dengan tujuan Twitter yang lebih besar untuk menciptakan alun-alun kota publik di web, di mana setiap suara memiliki kesempatan untuk didengar.

Lebih mengkhawatirkan lagi, seorang pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan balasan yang berupaya memperbaiki kesalahan informasi atau menawarkan pemeriksaan fakta. Itu adalah keprihatinan yang signifikan pada saat platform media sosial telah berubah menjadi mesin penyebaran propaganda, dan telah disusupi oleh aktor-aktor yang didukung negara dari pemerintah asing yang ingin memanipulasi sentimen publik dan mempengaruhi pemilihan.

Baca juga: Lebih Mudah! Ini Syarat Untuk Dapat Gaji Monetisasi dari X / Twitter Sebagai Konten Kreator

'Balasan Tersembunyi' masih dapat dilihat

Twitter mengklaim bahwa fitur tersebut menyediakan transparansi karena balasan tersembunyi masih tersedia untuk dilihat oleh siapa saja yang ingin melihatnya. Tapi ini mengasumsikan bahwa orang akan melihat ikon "balasan tersembunyi" kecil dan repot-repot mengkliknya.

Kemampuan untuk menyembunyikan balasan pada awalnya hanya tersedia untuk pengguna di Kanada, tetapi tweet dengan balasan tersembunyi akan dapat diakses oleh semua pengguna Twitter di seluruh dunia.

We’re testing a feature to hide replies from conversations. This experience will be available for everyone around the world, but at this time, only people in Canada can hide replies to their Tweets. We want to know what you think. Please Tweet us your feedback and questions! -Twitter Support (@TwitterSupport)  https://t.co/H7iMtEhCUP

Dalam sebuah pernyataan yang diposting sebagai serangkaian tweet dan balasan kepada orang lain, Twitter menjelaskan tujuannya di sekitar penambahan baru:

Kami sedang menguji fitur untuk menyembunyikan balasan dari percakapan. Pengalaman ini akan tersedia untuk semua orang di seluruh dunia, tetapi saat ini, hanya orang-orang di Kanada yang dapat menyembunyikan balasan ke Tweet mereka ... 

Mereka akan disembunyikan dari percakapan utama untuk semua orang di belakang ikon baru. Selama belum dihapus dan / atau bukan dari akun dengan Tweet yang dilindungi, semua orang masih dapat berinteraksi dengan balasan tersembunyi dengan mengklik ikon untuk melihat. 

Kami ingin semua orang di Twitter memiliki percakapan yang sehat, dan kami sedang mengerjakan fitur yang akan membantu orang merasa lebih nyaman. Kami sedang menguji cara orang untuk menyembunyikan balasan yang mereka rasa tidak relevan atau menyinggung.

Media sosial akan diperbaiki, dan Twitter setidaknya tidak takut untuk mencoba perubahan signifikan pada platformnya. (Bahkan mencoba prototipe baru dari aplikasinya, disebut twttr.) Namun, beberapa orang akan berpendapat bahwa larangan permanen pada pelanggar aturan dan lebih banyak perhatian untuk menegakkan kebijakan yang ada akan meniadakan kebutuhan akan fitur seperti ini.

Twitter sebelumnya telah mengkonfirmasi rencananya untuk menguji fitur "Sembunyikan Balasan", dan telah mengumumkan rencananya untuk meluncurkan fitur tersebut minggu ini.

Akan seperti apa twitter dengan fitur baru ini? apakah menjadi lebih baik? atau tidak? mari kita lihat perkembangan berita selanjutnya..

Baca juga:

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!