Beranda
News
WhatsApp
Pengaturan Privasi Group WhatsApp Yang Baru
Pengaturan Privasi Group WhatsApp Yang Baru

Hmm.. untuk apa ada penambahan pengaturan Privasi baru untuk grup /group whatsapp? kenapa harus grup?

Meminimalisir penyebaran Hoax di group WhatsApp

WhatsApp hari ini mengumumkan perlindungan lain bagi pengguna dalam upaya untuk menekan penyebaran berita palsu dan informasi yang salah. Melalui fitur baru, pengguna dapat mengontrol siapa yang memiliki izin untuk menambahkannya ke grup. 

Whatsapp mengatakan ini akan "membantu membatasi penyalahgunaan" dan tetap menjaga privasi pengguna atau anggota group whatsapp. 

Terkait dengan ini, aplikasi juga akan memperkenalkan sistem undangan (invitation) bagi mereka yang mengaktifkan perlindungan tambahan. pengaturan ini memungkinkan pengguna memeriksa undangan /invitation masuk ke grup whatsapp.

Pengaturan privasi tiba hanya sehari setelah aplikasi pesan milik Facebook meluncurkan tipline, fitur pemeriksaan fakta di India menjelang pemilihan umum di negara tersebut.

WhatsApp group sering digunakan untuk menyebar berita palsu ?

Seperti platform sosial lainnya, WhatsApp juga mempunyai peran dalam penyebaran berita palsu atau hoax. Di Brasil, misalnya, peron dibanjiri oleh kepalsuan, teori konspirasi, dan propaganda menyesatkan lainnya.

Informasi semacam ini tidak selalu datang melalui keluarga dan teman, tetapi juga bisa datang dalam bentuk obrolan di group whatsapp. Dalam beberapa kasus, obrolan yang diangkat oleh pengguna lain kadang bertentangan dengan keinginan anggota group.

Seperti yang WSJ (Wall Street Journal) baru-baru ini laporkan. Partai-partai politik di India sering menggunakan aplikasi ini untuk menyebarkan pesan kepada kelompok-kelompok yang diorganisir oleh kasta, tingkat pendapatan, dan agama. 

Dan WhatsApp sekarang menghapus sekitar 2 juta akun mencurigakan secara global per bulan, kata laporan itu. Sekarang pengguna whatsapp dapat memiliki kontrol terhadap invitation atau undangan masuk ke group whatsapp. Apakah mereka memutuskan bergabung atau tidak. Idealnya, tingkat perlindungan ini harus menjadi standar, bukan pilihan opsional.

Cara Menggunakan Pengaturan Privasi Group WhatsApp yang baru 

  1. Pengguna dapat pergi ke Pengaturan lalu ketuk Akun (account)
  2. Privasi (Privacy)
  3. Grup (Group)
  4. pilih salah satu dari tiga opsi mengenai siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup: "Tidak Ada," "Kontak Saya" atau "Semua Orang." 

Jika Anda mengubah pengaturan menjadi "Tidak Ada" atau "Kontak Saya" Orang yang mengundang Anda ke grup akan diminta untuk mengirim undangan pribadi (personal invitation). Melalui chat personal (individual). 

Dengan begitu, Anda masih memiliki opsi untuk bergabung dengan grup meskipun orang yang mengundang Anda bukan salah satu kontak yang ada di WhatsApp Anda. 

Undangan akan kedaluwarsa dalam tiga hari jika Anda tidak menerima /meresponnya.

Hanya satu dari beberapa perubahan di aplikasi WhatsApp

Ini hanya salah satu dari beberapa perubahan pada WhatsApp yang dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. Difokuskan pada pengurangan penyebaran informasi yang salah, berita palsu, atau di Indonesia biasa dikenal dengan hoax.

WhatsApp musim panas lalu mulai membatasi meneruskan pesan (forward), dan menandai pesan yang diteruskan dengan label. Itu juga terlihat menguji sistem peringatan pesan spam baru.

WhatsApp mengatakan pengaturan baru diluncurkan untuk beberapa pengguna hari ini, dan akan mencapai sisa pengguna WhatsApp dalam beberapa minggu ke depan. Versi aplikasi terbaru akan diperlukan.

Tertarik mencobanya? segera update WhatsApp anda dengan versi terbaru melalui PlayStore ataupun AppStore!

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com :

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Jumat, Februari 14, 2020
    Bagaimana mengatasi peraturan privasi grup wa menjadi tidak ada, yang gagal terus
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Februari 14, 2020
      Gagal terus di invite atau gagal terus mengirim komentar? kalau gagal melakukan invite berarti kontaknya sudah merubah pengaturan di akun. Silahkan konfirmasi dahulu ke kontak yang ingin di invite.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!