Beranda
Facebook
News
Security
Grup Cybercrime Menjadi Masalah Besar Facebook?
Grup Cybercrime Menjadi Masalah Besar Facebook?
Image: Shutterstock
Apa itu grup Cybercrime Masalah besar? kok bisa? 

Nama grup yang mencerminkan grup Cybercrime ? Spammer?

Pemalsuan, pencuri identitas, spammer, dan scammer telah menggunakan Facebook untuk menjajakan layanan mereka, setelah tindakan keras tahun lalu, menurut sebuah laporan baru.

Semua kegiatan tersebut termasuk kedalam kategori grup cybercrime yang sangat dilarang dan melanggah hukum di semua negara.

Agen riset Cybersecurity Talos mengatakan menemukan puluhan grup Facebook yang "teduh (terbaik /positif) dan ilegal (paling buruk)", dengan nama-nama seperti "hack Facebook (Phishing)" dan "Spammer & Hackers Profesional." 

Grup tersebut telah ditutup atau dihapus, tetapi Talos menyerukan di Facebook kepada kelompok pengawas (polisi) lebih proaktif, mengeluh bahwa itu "tampaknya bergantung pada komunitas ini untuk menjadi pengawas sendiri."

Baca juga: CEO Zoom Meminta Maaf Tentang Masalah Keamanan Data

Laporan Talos menyoroti 74 grup cybercrime dengan total 385.000 anggota. 

Talos mengatakan bahwa jika pengguna bergabung dengan satu group /grup cybercrime Facebook akan secara otomatis merekomendasikan grup terkait lainnya. - "membuat kumpul - kumpul para kriminal lebih mudah ditemukan."

Beberapa anggota mengiklankan nomor kartu kredit curian dengan memposting surat izin mengemudi korban, dan yang lain memposting permintaan untuk membantu mentransfer sejumlah besar uang atau mendapatkan akses ke jaringan komputer.

Grup Cybercrime Menjadi Masalah Besar Facebook?
Salah satu contoh permintaan untuk berbuat "cybercrime" secara terang - terangan didalam group (Credit: The Verge)
Beberapa penjual tampaknya hanya menipu pembeli, tidak menawarkan layanan nyata. Namun Talos menautkan beberapa pos dengan spam nyata atau kampanye phishing.

Grup cybercrime adalah masalah jangka panjang bagi Facebook

Facebook memiliki masalah jangka panjang dengan kejahatan dunia maya (cybercrime). Pada tahun 2018, peneliti keamanan Brian Krebs menemukan 120 kelompok tertutup dengan 300.000 anggota menawarkan layanan - layanan ilegal. 

Facebook menghapus grup cybercrime segera setelah diperingatkan. Tetapi peneliti lain, Justin Shafer, memperingatkan Motherboard untuk lebih banyak lagi kelompok yang disebutkan. Karena beberapa di antaranya telah beroperasi selama bertahun-tahun. 

Talos mengatakan menemukan beberapa operasi baru dengan nama yang "sangat mirip, jika tidak identik" dengan yang ada di daftar Krebs.

“Kelompok-kelompok ini melanggar kebijakan kami terhadap spam dan penipuan finansial dan kami menghapusnya.

Kami tahu kami harus lebih waspada dan kami berinvestasi besar-besaran untuk melawan jenis aktivitas  seperti ini" kata seorang juru bicara Facebook. Dikatakan sebagian besar kelompok diciptakan pada 2018.

Talos menawarkan akun yang kurang bagus tentang penghapusan, dengan mengatakan bahwa tim penyalahgunaan Facebook awalnya meninggalkan beberapa kelompok, hanya memilih untuk menghapus posting tertentu. 

Banyaknya pengguna jasa membuat pelaku di grup cybercrime tergiur?

"Akhirnya, melalui kontak dengan tim keamanan Facebook, mayoritas grup cybercrime dapat dihapus dengan cepat. Namun kelompok baru terus muncul, dan beberapa masih aktif pada tanggal penerbitan," katanya.

Facebook memiliki lebih dari 2 miliar pengguna, dan tidak mengherankan bahwa penjahat akan mencoba menarik pelanggan di sana. 

Pertanyaan besarnya adalah. Bagaimana aktor-aktor jahat ini dapat dihapus lebih cepat atau dicegah dari membuat grup - grup seperti ini di Facebook. Untuk saat ini, Talos mengatakan akan terus mengidentifikasi grup yang akan dihapus.

Dengan maraknya grup cybercrime membuat tingkat keamanan pengguna menjadi terancam, akankah Facebook melakukan tindakan tegas?


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com :

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!