Beranda
Finance
Internet
Payoneer
Tutorial
Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan atau menghubungkan kartu debit Payoneer ke akun PayPal. Cara ini juga dapat digunakan untuk melakukan verifikasi akun PayPal yang baru dibuat agar tidak dikenai limit transaksi.

Apabila kita telah sukses menghubungkan kartu debit (atau kredit) Payoneer  ke akun PayPal, selanjutnya kita dapat menggunakan saldo yang ada didalam kartu debit tersebut melalui akun PayPal.

Sebenarnya kedua akun tersebut dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara online dengan kurs (currency) inernasional seperti USD (dollar), EUR (euro), atau GBP (pondsterling). namun tidak semua merchant (toko online) dapat menerima kedua sistem pembayaran tersebut, kadang ada yang hanya menerima pembayaran via PayPal atau Payoneer saja.

Kartu Payoneer Debit atau Kredit?

Pada umumnya kartu yang dikeluarkan oleh Payoneer berjenis kartu debit karena kartu ini tidak dapat digunakan sebelum kita isi saldo. Berbeda dengan kartu kredit yang digunakan terlebih dahulu baru kemudian kita bayar di akhir tagihannya (berdasarkan jumlah yang kita gunakan).

Kartu debit Payoneer juga dapat diterima oleh sistem PayPal sebagai pengganti kartu kredit sekaligus untuk melakukan verifikasi akun.

Kartu debit dari Payoneer ini termasuk spesial karena dapat digunakan untuk transaksi internasional seperti kartu kredit pada umumnya. Berbeda dengan kartu debit yang dikeluarkan oleh bank - bank lokal di Indonesia yang tidak dapat digunakan untuk transaksi internasional (walaupun saldonya cukup). 

Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer dengan akun PayPal

Dalam tutorial atau cara dibawah ini kita tidak akan mulai dari cara mendapatkan kartu payoneer atau cara membuat akun PayPal. Maka sebelum lanjut pastikan dulu bahwa anda sudah mempunyai akun PayPal dan Kartu Payoneer yang aktif:

Pastikan kartu debit Payoneer memiliki saldo minimal $4 (empat dollar) karena akan digunakan sebagai percobaan transaksi antara Payoneer dan PayPal.
  1. Login ke akun PayPal Anda
  2. Cari dan Klik >Link a card ( apabila tidak ada, bisa dicari di bagian Wallet)Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
  3. Akan muncul popup. Isi data yang diminta Card Type, Card Number, Expiration MM/YY, CSC (3 digits), Address. Kemudian klik Confirm (OK). *apabila bingung mengisinya silahkan baca penjelasan lengkap di paragraf dibawah, bagian Panduan pengisian data kartu.Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
  4. Akan muncul tulisan 'New' pada data Credit Card. >Klik Credit Card yang baru muncul tersebut.
  5. Klik "Confirm credit card"Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
  6. Akan Muncul halaman konfirmasi dengan beberapa ketentuan. Klik >OK. Status kartu akan berubah menjadi Ready to confirm.
  7. Login ke akun Payoneer. Buka bagian >Activity >Transactions
  8. Apabila proses penghubungan berhasil akan muncul link >Upcoming Transactions. Klik link tersebut. Waktu penghubungan sistem (percobaan transaksi) PayPal dan Payoneer bermacam - macam ada yang hanya hitungan jam, juga hitungan hari. Pengalaman kami, proses penghubungan memerlukan waktu 1 - 2 Jam.
  9. Akan muncul 2 buah transaksi dari PayPal. Klik transaksi yang memiliki tulisan CODE.
  10. Akan muncul keterangan lengkap dari transaksi yang telah dilakukan, berikut dengan 4 digit angka yang akan kita gunakan untuk melakukan konfirmasi.
  11. Cari kode dengan format seperti berikut (contoh): PP*1234CODE. CATAT 4 angka yang ada didalam kode tersebut (7745). Angka 7745 adalah contoh, Anda akan mendapatkan angka yang berbeda - beda pada setiap pengajuan.Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
  12. Buka (login) kembali ke halaman PayPal Anda.
  13. Buka lagi halaman >Wallet
  14. Klik pada kartu kredit yang baru ditambahkan (Ready to confirm).
  15. Klik >Confirm credit card
  16. Masukan 4 digit angka (4-digit code) yang telah dicatat tadi
  17. Klik >Confirm. Tunggu sampai muncul keterangan Card Confirmed.Cara Menghubungkan Kartu Debit Payoneer ke PayPal
  18. Klik link >Go to Wallet
  19. Status kartu "ready to confirm" akan menghilang atau diganti dengan "Ready to use". Selesai!

Panduan pengisian data kartu debit (atau kredit)

  • Card Type: Pada umumnya kartu debit Payoneer dikeluarkan oleh Master Card. Untuk memastikan, lihat saja fisik kartu debit yang dikirim oleh Payoneer.
  • Card Number: Tertera juga pada fisik kartu debit payoneer yang kita punya. umumnya berjumlah 16 angkat
  • Expiration MM/YY: Tanggal kadaluarsa kartu, terdapat pada bagian depan kartu dengan format Bulan/Tahun. Contoh: 08/25 (bulan Agustus tahun 2025).
  • CSC (3digits): Dapat dilihat pada kartu debit Payoneer bagian belakang, Anda akan melihat 3 digit angka pada kolom yang ada di bagian tengah.
  • Address: Alamat penagihan biasanya telah terisi otomatis oleh sistem PayPal yang mengambil  data dari  profil kita di akun PayPal.

Kenapa Saldo di PayPal tidak bertambah???

Setelah berhasil mungkin ada yang menganggap saldo di kartu Payoneer akan otomatis muncul di akun PayPal. Ternyata memang tidak akan muncul ataupun dijumlahkan dengan saldo PayPal.

Saat Anda melakukan transaksi dan saldo di akun PayPal Anda tidak cukup, maka sistem akan memberikan pilihan untuk membayarnya juga dengan saldo yang ada di kartu debit Payoneer Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu teman - teman yang sedang mencari cara untuk menghubungkan kartu debit Payoneer ke akun PayPal. Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

8 komentar

  1. Reza Alfarid
    Reza Alfarid
    Senin, Desember 21, 2020
    mau tanya bang apakah untuk verifikasi dengan kartu debit payoner harus membayar aktifasi kartu fee 12$ karena saya kalau beli online dengan debit payoner tiap bulan bayar aktifasi kartu.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Desember 21, 2020
      Kok tiap bulan? Sepengalaman saya fee kartu debit payoneer itu dihitungnya pertahun dan biayanya sekitar $30 /per tahun.
  2. Kangkung Muda
    Kangkung Muda
    Sabtu, Oktober 17, 2020
    saya kok gak bisa mendapatkan mastercard payoneer.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Oktober 18, 2020
      ga bisa dimana nya? sudah coba request kartunya?
  3. Maul
    Maul
    Rabu, Mei 27, 2020
    Saya punya akun payooner dan disitu ada saldonya, apakah bisa saldo di payooner dikirim ke paypal?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Mei 27, 2020
      Bisa gan, yang penting kartu debit payoneer nya sudah terhubung ke akun PayPal. Nanti saldo nya otomatis kepotong saat melakukan pembayaran via PayPal
  4. Unknown
    Unknown
    Sabtu, November 10, 2018
    Saya sudah mendapatkan saldo percobaan sebesar 0.3 $ melalui android tapi kok belum masuk ke saldo pay pal ini kenapa apakah tunggu proses, kalau tunggu proses lalu berapa hari masa tunggunya ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, November 11, 2018
      Seperti yang telah dijelaskan didalam artikel, saldo percobaan dari Payoneer tidak akan muncul atau menambah jumlah saldo. Tidak perlu menunggu, jika memang transaksi sudah muncul di akun Payoneer silahkan lanjut ke langkah berikutnya. semoga membantu!
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!