Beranda
Accessories
ASUS
News
Review
Bezel-Free Kit Asus ROG: Alat penghilang batas antar monitor
Bezel-Free Kit dari ASUS ROG ini mampu membuat bezel antar monitor seperti “menghilang”

Sering menggunakan lebih dari 1 monitor? ASUS Bezel-Free Kit ini memungkinkan layar – layar monitor tersebut benar – benar terlihat seperti satu buah monitor yang sangat lebar.

Bezel-Free Kit ini diperkenalkan oleh ASUS ROG (Republic of Gamers), sub-brand dari ASUS yang telah familiar bagi para gamer dan juga video editor yang membutuhkan komputer dengan spesifikasi diatas rata - rata. 

Beberapa tahun ini ASUS memang gencar untuk melakukan pengembangan high-end komputer dan laptop, terbukti dengan diluncurkannya beberapa seri baru yang terkenal memiliki spesifikasi kelas atas.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor

Selain laptop dan komputer, pada bagian asesoris pun ASUS tidak ketinggalan. ASUS memperkenalkan asesoris barunya bernama BEZEL-FREE KIT yang akan kita bahas disini.
Bezel-Free Kit ini pertama kali diperkenalkan oleh ASUS pada gelaran 2018 Internasional CES (Consumer Electronic Show) tahun di Las Vegas Convention Center, Nevada, Amerika Serikat.

ASUS Bezel-Free Kit ini berbentuk seperti pembatas buku. Pada keterangan yang kami dapatkan dari laman The Verge alat ini bekerja maksimal pada selamonitor dengan sudut antar monitor adalah 130-derajat.

Belum diketahui apakah reflektor ini dapat bekerja pada sudut yang berbeda, namun untuk memaksimalkan pengalaman bermain game, lebih baik tetap diusahakan pada 130-derajat.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
Tidak Menggunakan Bezel-Free Kit (ASUS ROG)
Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
Menggunakan Bezel-Free Kit (ASUS ROG)
Sesuai dengan jenis alatnya (reflektor), Bezel-Free Kit dari ASUS ini dapat membuat gambar dari kedua layar tampak seperti menyatu (blend). Merefleksikan gambar dan cahaya antar monitor sehingga kedua gambar tersebut tampak menyatu.
Efek yang diharapkan dari penggunaan Bezel-Free Kit ini adalah kita sebagai pengguna merasa sedang menggunakan satu buah layar monitor cembung (curved) yang sangat besar.

Bezel-Free Kit ini tidak membutuhkan listrik atau software apapun agar dapat bekerja, murni bekerja karena bahan dan desain yang memang diperuntukan sebagai reflektor cahaya.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
Bezel-Free Kit (ASUS ROG)
Juru bicara ASUS telah mengkonfirmasi bahwa Bezel-Free Kit ini dapat digunakan pada banyak jenis dan merk monitor, asalkan monitor – monitor tersebut memiliki bezel (frame) yang tipis.

Pada video yang dibagikan oleh The Verge, Bezel-Free Kit ini membuat 3 buah layar monitor dengan ukuran yang sama tampak seperti satu buah monitor lengkung (curved) yang super lebar. 

Pemasangan dan pelepasan alat pun terlihat sangat mudah, kita hanya perlu memasangkan klip di kedua ujung atas dan bawah diantara 2 monitor.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
The Verge

Bezel-Free Kit Asus ROG ini hanya untuk gamer?

Bila dilihat dari tempat pengenalannya (website ASUS ROG & International CES) sepertinya asesoris ini memang ditujukan untuk para gamer yang sering menggunakan 3 buah monitor dalam bermain game. 

Tidak heran bahwa pada simulasi yang ditunjukanpun beberapa situs teknologi menggunakan game untuk menunjukan bahwa tampilan layar mereka telah mengalami perubahan.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
The Verge


Bezel-Free Kit Asus ROG Tidak 100 persen mulus

Pada peragaannya alat ini memang membuat bezel antar monitor tidak terlihat, namun hal ini tidak serta merta membuat tampilan layar menyatu seratus persen. Masih ada sedikit garis antara kedua monitor.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ditawarkan oleh ASUS ROG (Bezel-Less Kit), alat ini tetap dapat diandalkan terutama oleh para pecinta game dengan layar lebar. 

Dari segi konsep dan aplikasi, alat ini akan mempunyai peran yang tak terpisahkan untuk para gamer.

Bezel-Free Kit dari Asus ROG: Reflektor penghilang bezel (batas) antara monitor
The Verge

Kami percaya bahwa dalam beberapa waktu kedepan akan ada banyak alat – alat semacam ini di pasaran, dan tentunya dengan kualitas, teknologi dan juga harga yang bervariatif yang dapat kita pilih.

Diskusi dan pertanyaan Bezel-Free Kit?

Bila teman – teman memiliki pendapat sendiri tentang alat ini atau pertanyaan seputar Bezel-less kit dari ASUS ROG ini, langsung saja tuliskan pertanyaan pada kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser! 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!