Mp3 dan Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) di Android dan iOS

Rindi Putra
4 Komentar
Beranda
Apps
Tips 'n Trick
Mp3 dan Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) di Android dan iOS

Mp3 & Video Player apa yang dapat mengatur kecepatan (speed) sendiri? Apakah ada video player atau mp3 player untuk smartphone (Andriod / iOS) yang membolehkan kita untuk mengatur kecepatan sesuai yang kita inginkan? Berikut ini adalah player (aplikasi) android atau iOS yang mempunyai fitur speed adjustment.

Selain untuk mendengarkan musik atau menonton film, mp3 dan video player juga sering digunakan untuk mendengarkan audio book, ceramah, ataupun video pembelajaran yang pada umumnya mempunyai durasi yang panjang. Rata – rata untuk satu buah audiobook lengkap satu file dapat memiliki durasi lebih dari 10 menit. Belum lagi bila kita mendengarkan ceramah atau video pembelajaran, rata – rata bisa memiliki waktu lebih dari 1 jam.

Dengan kesibukan dan kegiatan rutin yang kita miliki akan sangat sulit bagi kita untuk menyelesaikan satu buah pembelajaran saja. Bila dengan kecepatan normal dan waktu luang kita untuk belajar dari sebuah video atau mp3 maka, sesuai pengalaman, satu hari kita hanya dapat menyelesaikan 1 sesi atau satu bagian pembelajaran saja yang berdurasi 1 jam (karena kesibukan kerja dan lainnya).

Maka bila dalam satu tema atau bab pembelajaran ada 3 sesi pembelajaran maka kita dapat menyelesaikannya, paling cepat, dalam waktu 3 hari. Namun berbeda bila kita dapat mempercepat tempo atau kecepatan dari tiap sesi nya, waktu 3 hari dapat dipangkas mejadi 2 atau bahkan 1 hari untuk 3 bagian pembelajaran. Benar – benar menghemat waktu!.

Mp3 & Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) untuk Android dan iOS

Bagaimana bila kita dapat mempercepat sesi pembelajaran tanpa ada materi yang hilang, tentunya akan sangat bermanfaat. Bila kita dapat mempercepat 1.5 x kecepatan normal maka kita dapat menyelesaikan 3 sesi dalam 2 hari (yang tadinya 3 hari). Lalu bagaimana bila kecepatan tersebut ditambah? Akan lebih cepat lagi tentunya.

*Catatan: Urutan tidak menandakan peringkat.

#1 VLC Player

Pilihan pertama ada VLC Player, di Playstore diberi nama VLC Player for Android dan untuk di AppStore diberi nama VLC for Mobile. Sebagian besar teman – teman yang sering menggunakan PC /Laptop pasti pernah mendengar atau bahkan menggunakannya, sama seperti untuk komputer, VLC Player di smartphone juga dapat memutar baik Video maupun Audio. VLC Player untuk smartphone ini juga gratis untuk di download dan digunakan.

Mp3 dan Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) di Android dan iOS

Secara pribadi tim rinditech juga telah mencoba menggunakan VLC Player di smartphone dan menggunakan fitur speed adjustment. Hasilnya cukup memuaskan, fitur pengaturan kecepatan mudah ditemukan dan juga mudah dioperasikan, kita hanya perlu menekan tombol Menu >Speed (icon orang) >Atur Kecepatan.

Pengaturan kecepatan ini akan kembali ke pengaturan standar (default) apabila aplikasi ditutup secara penuh (tidak “running in the background system”)

#2 MX Player

Bagi yang belum tahu, MX Player adalah salah satu aplikasi yang dapat memunculkan teks atau subtitle pada saat kita memutar video. Dan pastinya aplikasi ini juga memungkinkan kita, sebagai pengguna, agar dapat mengatur kecepatan (speed) atau tempo dari file yang sedang kita putar.

Mp3 dan Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) di Android dan iOS

MX Player tersedia untuk iPhone (iOS) dan Android. Berdasarkan pantauan tim rinditech, MX Player tersedia dalam beberapa versi, ada versi berbayar dan ada juga versi Free License alias gratis.

#3 Audipo: Audio Speed Changer

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa aplikasi ini memang memfokuskan layanannya untuk fitur yang berhubungan dengan kecepatan atau speed dari media yang diputar. Meskipun fokus kepada pengaturan kecepatan, namun aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur lainnya yang pasti akan sangat bermanfaat seperti pengaturan pitch atau nada, dan juga aplikasi ini sangat mumpuni untuk track berdurasi panjang.

Mp3 dan Video Player yang Dapat Kita Atur Kecepatannya (Speed) di Android dan iOS

Dengan aplikasi Audipo ini kita dapat menandai bagian mana saja yang ingin kita putar dan juga dapat melakukan pengulangan seperti fitur A-B bila dalam player lain.

#4 Lain – lain

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi pemutar musik maupun video untuk smartphone yang dapat diatur kecepatannya sesuai keinginan dan kebutuhan kita, namun daftar 3 aplikasi diatas kami rasa cukup untuk penggunaan ringan sehari – hari, seperti memutar musik, film, audiobook, dll.

Karena ini daftar aplikasi yang kami sarankan untuk penggunaan sehari – hari dan cukup dengan mempercepat tempo atau kecepatan saja, jadi bila anda membutuhkan fitur pengatur kecepatan yang lebih ‘advanced’ maka kami sarankan untuk mencari nya pada aplikasi – aplikasi berbayar yang sudah pasti memiliki banyak kelebihan dibanding yang gratisan.

Ada pertanyaan? Bila anda memiliki pertanyaan seputaran aplikasi diatas dari mulai penginstallan sampai ke praktek penggunaan, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar seperti biasa. Kami akan respon dan pandu sebaik mungkin. Terima kasih. #beWiseUser!

Artikel Terkait:

Aplikasi untuk Scan Dokumen di Android dan iOS (iPhone)

20 Hal yang Dapat Dilakukan "OK GOOGLE" (Perintah Suara) Cara Mudah Merekam Layar Komputer dengan Audionya - Gamer Masuk! 7+1 Tips Hemat Baterai Smartphone `ala Rinditech! Cara Aman EJECT Flashdisk OTG di Smartphone Cara Mengirim Video dari WhatsApp ke Facebook tanpa Aplikasi Cara UNREG SEMUA Layanan SMS Berlangganan Penguras Pulsa Cara SPLIT SCREEN di Smartphone Xiaomi Inilah Pemilik AMAZON.com Salah satu Orang Terkaya di Dunia Alamat Website dan Sosial Media Resmi (Official) Ust. Abdul Somad

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

4 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Sabtu, Mei 16, 2020
    bang, aku lagi nyari app pemutar video android yg dukung pengaturan pitch control biar enak pas muter file karaoke dari sd card, mungkin abang punya rekom app ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Mei 16, 2020
      Saya belum pernah nyoba, tapi katanya app "Music speed changer" bisa ganti pitch selain speed. Dicoba saja, siapa tau bisa.
  2. Unknown
    Unknown
    Kamis, September 06, 2018
    Kenapa di mx player pilihan "kecepatan" nya tidak aktif atau tidak dapat di klik?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, September 07, 2018
      Hi Salma!
      Ada beberapa faktor, bisa karena video nya yang tidak bisa dipercepat atau memang fitur pengaturan kecepatan di aplikasinya tidak aktif. ganti aplikasi dengan VLC dulu. kalau masih tidak bisa berarti videonya yang ada masalah. semoga membantu Salma :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!