Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Android
Tutorial
Xiaomi
Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9
Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9

Berikut adalah cara agar kita dapat menggunakan fitur split screen di smartphone Xiaomi dengan versi MIUI 8, MIUI 9 atau yang lebih baru. Kita dapat membuka dua aplikasi dalam satu layar di waktu yang bersamaan. Membagi layar menjadi 2 bagian, kiri-kanan ataupun atas-bawah.

Ketika fitur Split Screen telah aktif di HP (layar HP menjadi 2 bagian), maka kita dapat menonton video di layar satu dan disaat yang bersamaan kita tetap dapat membaca ataupun chatting menggunakan aplikasi sosmed yang ada. Keduanya dapat dioperasikan secara bersamaan tanpa harus menutup salah satu aplikasi.

Setelah kita tidak memerlukan lagi fitur split screen ini, kita dapat dengan mudah mengembalikan layar ke pengaturan semula (layar penuh). Semudah keluar dari sebuah aplikasi seperti menekan tombol kembali (back) ataupun tombol homescreen.

Syarat untuk mendapatkan fitur Split Screen di Smartphone Xiaomi versi MIUI 9

Tidak semua Smartphone Xiaomi dengan MIUI 9 dapat menggunakan fitur split screen

Yang harus diperhatikan dalam menggunakan fitur split screen ini sebenarnya bukanlah cara nya (karena caranya termasuk mudah), melainkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Untuk dapat menggunakan fitur split screen ini syaratnya smartphone Xiaomi kita telah menggunakan versi MIUI 8 atau MIUI 9 dengan OS Nougat (atau lebih baru). Jika masih menggunakan OS sebelumnya, maka belum bisa mendapatkan fitur split screen ini.

Maka dari itu tidak semua handphone Xiaomi dengan MIUI 9 / 8 dapat menggunakan fitur split screen, karena masih banyak hp xiaomi yang masih menggunakan OS Marshmallow (meskipun sudah MIUI 9).

Cara Menggunakan FItur Split Screen di Smartphone Xiaomi

Sebagai contoh kita akan membuka aplikasi Youtube dan Browser (Chrome) . Selebihnya kita bisa buka aplikasi lainnya sesuai kebutuhan.

  1. Buka Aplikasi Pertama
  2. Tekan tombol Menu
  3. Akan muncul tulisan ‘Split Screen’ pada bagian kiri-atas layar. Klik ikon atau tulisan tersebut.
    Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9
  4. Drag (tarik /geser) tab Youtube ke layar bagian atas (Drag here to use split screen). Kemudian lepaskan.
    Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9
  5. Cari dan Klik tab Browser (Chrome, Firefox, Opera, dll). Untuk dibuka di layar bagian bawah (layar 2).
    Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9
  6. Selesai. Enjoy! :)

Masalah tidak ada pilihan aplikasi lain untuk di buka di layar ke dua setelah split screen?

Jika telah membuka aplikasi di layar pertama (atas) namun tidak ada pilihan aplikasi lain di layar kedua da nada tulisan seperti ini: Open apps from the Home screen. Klik saja pada tulisan tersebut pada layar kedua (bawah) dan setelah itu kita dapat memilih aplikasi yang akan dibuka pada layar kedua.

Hal ini terjadi biasanya jika kita telah melakukan pembersihan sistem (clean chace atau clean trash). Atau bisa juga karena hp baru saja dinyalakan jadi belum mempunyai log history.
Cara Menggunakan Split Screen di Smartphone Xiaomi MIUI 8/9

Cara Menutup atau Menghentikan fitur Split Screen

Apabila kita telah selesai menggunakan fitur split screen dan ingin kembali ke format semua, kita hanya perlu menekan tombol >Menu kemudian popup klik >Exit (yang akan muncul ketika kita telah menekan tombol Menu tadi)

Kenapa fitur split screen tidak ada di Android Marshmallow?

Mungkin ada yang masih bertanya kenapa smartphone Xiaomi nya tidak mendapatkan fitur split screen, padahal sudah menggunakan MIUI 9.

Perlu diketahui bahwa MIUI adalah sebuah custom OS yang dibuat oleh XIaomi untuk para penggunanya agar mendapatkan fitur dan pengalaman maksimal dari OS yang resmi dimiliki oleh Android.

se-extreme apapun custom OS yang dibuat pasti ada batasannya karena software Android sendiri mempunyai lisensi (walaupun bersifat open source) dan setiap produsen smartphone harus menaatinya, termasuk Xiaomi.

Walaupun begitu, hanya masalah waktu agar semua pengguna MIUI 9 mendapatkan fitur split screen ini, seperti biasa, pembaruan sistem operasi untuk setiap type dan merk smartphone berbeda – beda. Hanya masalah waktu.

Perlu diingat bahwa fitur split screen ini hanyalah satu dari berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh Xiaomi, masih banyak fitur lain yang dapat kita nikmati di MIUI 9 seperti multi gesture, smart shortcut, track ball, dll.

Sampai disini pembahasan mengenai cara menggunakan fitur split screen di MIUI 9. Apabila ada pertanyaan mengenai pembahasan tentang fitur split screen ini silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!