7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech

7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: blog.bell.ca

Mungkin teman – teman disini sudah sering membaca tentang tips-tips untuk menghemat baterai smartphone pada website yang lainnya, tidak afdol rasanya bila tim RindiTech tidak mengeluarkan tips hemat baterai ‘ala RindiTech, meskipun ada beberapa tips yang memang umum ditemui namun artikel ini kami susun berdasarkan pengalaman tim RindiTech selama menggunakan smartphone. Tanpa basa – basi lagi yuk kita simak satu per satu tipsnya:

1. Jangan sering buka-tutup kunci/layar
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: imore.com
Mungkin ini yang jarang disadari oleh para pemilik smartphone baik Android, iOS, maupun WindowsPhone. Terlalu sering melakukan buka-tutup kunci atau layar smartphone ternyata memerlukan daya yang tidak sedikit, ketika smartphone berada pada layar terkunci, system akan otomatis mengoptimalkan penyimpanan energy (meskipun background app tetap berjalan) namun bila sering melakukan buka-tutup kunci dapat menguras baterai lebih banyak karena sistem yang berjalan pada smartphone akan tetap ‘dinamis’ tidak seperti saat smarphone dalam keadaan terkunci atau ‘statis’.

2. Matikan /rubah jaringan internet ke frekuensi yang lebih rendah
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: rindiTech.com
TIdak dapat dipungkiri bahwa kecepatan dalam menggunakan internet sangat diutamakan, meskipun hanya digunakan sebatas untuk sosial media ataupun browsing resep-resep masakan namun ada yang harus disadari bahwa kecepatan jaringan itu berbanding lurus dengan penggunaan baterai, semakin cepat jaringan yang digunakan maka semakin cepat pula kuota baterai anda akan terkuras.

Merubah jaringan internet ke frekuensi yang lebih rendah adalah langkah yang sangat bijak untuk diambil bila anda sedang melakukan penghematan baterai dan sesuai pengalaman tim RindiTech, langkah ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan baterai.

Cara merubahnya (Android): Setting >>More Network >>Mobile Network >>Network Mode >>Pilih provider >>Pilih jaringan yang lebih rendah (semakin bawah semakin rendah)

3. Rubah profil ke mode silent/hening
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: trishtech.com
Kita tidak dapat memprediksi berapa banyak pesan ataupun notifikasi yang akan kita terima saat kita sedang menghemat baterai, semakin kita mendapatkan notifikasi maka semakin banyak pula energy yang dipakai oleh smartphone untuk menjalankan berbagai fitur seperti lampu, suara, getar, dll. Maka sangat disarankan untuk merubah profil smartphone kita ke mode silent/hening. (sangat tidak disarankan untuk mengaktifkan mode vibration/getar.

4. Matikan fitur – fitur /aplikasi yang bersifat tambahan dan kurang anda butuhkan
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: rindiTech.com
Kadang tanpa kita ketahui ada banyak fitur /aplikasi yang tetap berjalan (running) meskipun kita tidak sedang menggunakannya, jangan heran karena ada beberapa aplikasi yang memang disetting dan harus tetap berjalan walaupun kita tidak sedang menggunakannya secara langsung. Namun kita tetap bisa mematikan proses ‘background system’ tersebut dengan mengakses ke bagian aplikasi dari pengaturan.

Caranya(Android): Setting >>More >>Apps >>Geser layar sampai ke bagian ‘running’ >>Pilih aplikasi yang sekiranya tidak anda butuhkan saat itu >>Klik ‘Stop’.

*aplikasi yang telah di'stop' biasanya akan berjalan kembali setelah smartphone direstart

5. Turunkan pencahayaan (kecerahan) layar ke level yang paling rendah
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: support.lenovo.com
Bila kita berada di tempat yang teduh (indoor) sangat disarankan agar kita menurunkan pencahayaan layar ke level yang paling rendah. Langkah ini akan membantu smartphone kita bertahan lebih lama bila dibandingkan menggunakan pencahayaan yang lebih tinggi.

6. tidak menggunakan flash saat mengambil foto
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: retrevo.com
Tidak heran bahwa fotographer professional selalu membawa baterai cadangan kemanapun mereka mengambil gambar, hal ini salah satunay dikarenakan penggunaan flash yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, bila anda berencana untuk melakukan penghematan baterai sebaiknya tidak menggunakan flash saat berfoto-foto.

7. Tidak memutar musik /video /bermain games
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: xperiatipoguide.blogspot.com
Smartphone memang berkonsep multifungsi namun bila anda sedang melakukan penghematan baterai, memutar musik apalagi video bukanlah hal yang disarankan karena kita pasti tidak akan memutar musik /video hanya dalam waktu beberapa detik, untuk satu buah lagu saja minimal 3 menit (non stop) naah kebayang kan berapa banyak energy yang bisa kita simpan bila kita menahan diri untuk tidak memutar musik /video /bermain game.

BONUS! Keep Calm and boost your productivity
7+1 Tips hemat baterai smartphone ’ala RindiTech
Gambar: blog.business.uic.edu

Mungkin ini adalah tips yang paling tidak nyambung namun disini kami mendapati bahwa ada beberapa orang yang memang tidak memperdulikan ketahanan baterai smartphone mereka, dan ketika smartphone mereka mati (kehabisan baterai) mereka tidak lantas uring-uringan seperti ada kebakaran atau sepertinya data mereka akan hilang selamanya bila tidak buru – buru diisi baterai. Walaupun kita kehabisan baterai, tetep enjoy aja ‘toh kita masih bisa produktif walaupun tanpa bantuan smartphone, malahan ada beberapa orang yang ternyata lebih produktif bila handphone mereka tidak dinyalakan. So, Keep Calm and boost your productivity!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »