20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google (Perintah Suara) pada Smartphone Android

Berikut ini adalah hal – hal bermanfaat yang dapat dilakukan dengan OK Google yang tentunya akan mempermudah kita dalam mengatur sesuatu atau mencari sesuatu hanya dengan perintah suara. Mulai dari melakukan pencarian di mesin pencari, mencari lokasi sampai pada mengatur alarm ataupun mengatur jadwal dengan teman atau kolega. Semua bisa diselesaikan hanya dengan perintah suara.

Bila pengguna Apple mempunyai Siri, dan pengguna Windows 10 mempunyai Cortana, maka pengguna Android dapat menggunakan OK Google. Bukan Google namanya bila tidak memberikan hal – hal yang keren pada setiap produknya maka tidak heran bahwa fitur OK Google digadang – gadang sebagai lawan yang seimbang untuk Siri sebagai asisten virtual pribadi yang dimiliki oleh Apple.

OK Google dapat diakses dengan mengatakan “Ok Google” atau dengan menekan tombol microphone pada search bar di smartphone /tablet Android. OK Google hanya dapat diakses bila kita telah memiliki aplikasi Google Now, jadi bila kita belum dapat mengakses OK Google maka kita perlu memasang /install aplikasi Google Now dari Play Store (Google Now hanya tersedia untuk pengguna Android versi 4.1 atau diatasnya)
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Banyak dari pengguna Android telah menggunakan OK Google untuk melakukan pencarian di internet karena fitur ini juga terpasang pada mesin pencari Google. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa fitur ini dapat melakukan hal – hal lebih dari sekedar melakukan pencarian di internet, dan faktanya fitur ini sangat bisa dijadikan virtual asisten pribadi (digital personal assistant).

Penggunaan Bahasa (apakah dapat menggunakan Bahasa Indonesia?)

Sebelum berlanjut ke fitur apa saja yang bisa dijalankan dengan perintah suara pada smartphone Android, kita perlu memahami bahwa perintah yang diterima oleh aplikasi OK Google ini masih terbatas bahasa tertentu, umumnya yaitu menggunakan bahasa inggis.
Apakah dapat menggunakan bahasa Indonesia?

Jawabannya BISA! Yup! Mungkin karena pengguna android di Indonesia termasuk salah satu terbesar di dunia maka pihak Google memprioritaskan untuk aplikasi ini agar dapat mengerti bahasa Negara kita yaitu Bahasa Indonesia, jadi kita tidak perlu lagi ribet mencari perintah dalam bahasa inggris untuk memerintahkan OK Google.

Berikut adalah hal – hal yang dapat dilakukan oleh OK Google yang dapat membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah.

Membuka Aplikasi

Dengan fitur OK Google kita dapat membuka aplikasi yang ada pada smartphone kita hanya dengan perintah suara, hanya dengan kata – kata sederhana ini, “Ok Google, open Instagram” atau “open Slack” dan secara otomatis smartphone anda akan membuka aplikasi yang disebutkan. Bila aplikasi yang anda minta tidak ada pada smartphone, anda akan diberikan pilihan untuk menginstallnya atau tidak. Fitur ini sangat cocok bila anda kesulitan dalam mencari lokasi aplikasi pada smartphone karena tersamarkan oleh aplikasi – aplikasi lain.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google

Mengatur Alarm dan Timer

Sedang membuat kue dan ingin diingatkan 15 menit kemudian agar kue anda tidak gosong? Atau anda ingin melakukan tidur siang tapi takut kebablasan? Tenang saja, kita dapat meminta aplikasi OK Google untuk mengatur alarm atau waktu dengan mengatakan “set a timer for 15 minutes” atau “set an alarm for 5:30 PM”, selesai!
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Begitu pula dengan pengaturan timer, waktu akan berjalan otomatis. Namun bila kita ingin menghentikan alarm atau timer yang sedang berjalan nampaknya kita masih harus menghentikannya secara manual, belum bisa menggunakan perintah suara.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google

Menjelaskan Arti dari Sebuah Kata

Tidak mengetahui arti dari sebuah kata? Atau takut salah dalam mengetik sebuah kata, terutama dalam bahasa inggris? OK Google dapat memberikan kita penjelasan yang lebih mengenai sebuah kata maka tidak ada lagi salah menempatkan huruf.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Menggunakan kata – kata yang pas juga membantu kita untuk memberikan penjelasan yang sangat terarah kepada lawan bicara /pembaca tulisan – tulisan kita.

Membuat Jadwal Kegiatan (Event) dan Melihat Agenda

Bila anda ingin membuat sebuah kegiatan seperti rapat atau bertemu seseorang, maka kita hanya perlu mengatakan kepada OK Google seperti ini, “create meeting with (name) and (name) on (day) at (time)”.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Bila kita ingin melihat agenda kita pada hari tertentu, maka mintalah kepada OK Google untuk menampilkannya dengan mengatakan “see my agenda for [today] [tomorrow] [Friday]”.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Menurut kami hal ini sangat membantu agar kita tetap berada didalam jadwal. Selain kita dapat menambah setiap kegiatan yang harus kita lakukan /hadiri agar tidak terlewatkan, kita juga dapat melakukan review pada setiap kegiatan yang akan datang, maka apabila kita lupa mempersiapkan sesuatu kita masih mendapatkan waktu yang lebih banyak untuk tetap mengejar persiapan tersebut.

Telpon, SMS, dan Mengirim Pesan kepada Orang Lain

Fitur ini memiliki konsep yang hampir sama dengan Siri (iOS). Anda tinggal meminta OK Google untuk menelepon seseorang yang ada didalam kontak atau diganti dengan menyebutkan nomor telepon yang dituju.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google

Begitu juga dengan mengirim pesan kepada seseorang dan konsepnya hampir sama dengan melakukan panggilan telepon, kita dapat melakukan dikte isi pesan yang ingin dikirim saat menginstruksikannya.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Ketika isi pesan telah siap kita dapat langsung mengirimnya. Atau kita masih dapat meminta OK Google untuk membaca ulang pesan yang telah diketik untuk memastikan bahwa pesan yang telah diketikan tidak salah.

Kita juga dapat meminta OK Google untuk mengirim pesan melalui Google Hangouts begitu juga melakukan postingan di Twitter dan Facebook.

Mengirim Email

Seperti mengirim SMS, kita juga dapat mengirim Email melalui perintah suara (OK Google). Anda hanya perlu mengatakan “send an email to [penerima]” dan kita dapat melakukan dikte isi pesan yang ingin dikirim atau tunggu Google untuk memilihkan template – template yang tersedia.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Anda dapat langsung mengirim pesan (email) tersebut, namun sayangnya dalam mengirim email kita tidak dapat meminta OK Google untuk membaca ulang apa yang telah diketikan tetapi fitur ini tetap dapat menampilkan pesan – pesan yang ada pada email.

Navigasi

Kita semua tahu bahwa Google mempunyai fitur navigasi yang sangat bagus dan kita dapat menggunakannya melalui OK Google, kita hanya perlu menyebutkan map to [address] [businesses] [other location].
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Jadi kita akan mendapat panduan dari Google Map untuk menunjukan kepada kita lokasi dari tempat ngopi terdekat, car wash, atau tempat – tempat lainnya tanpa harus menuliskan alamatnya karena sudah memberikan melalui perintah suara.

Mengetahui jarak Antara 2 Lokasi

Ingin mengetahui seberapa jauh jarak antara 2 tempat? Seperti halnya kita akan melakukan traveling ke tempat tertentu. Mintalah Ok Google untuk menampilkan jarak antara titik A ke titik B, maka kita juga akan mendapatkan pilihan jalur dan navigasi berikut jarak tempuh dan informasi lainnya.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Selain jarak tempuh pada umumnya, kita juga dapat mengetahui jarak ke berbagai tempat yang tidak memiliki alamat seperti jarak ke Negara lain, jarak ke planet atau antar planet lain, atau apapun yang memiliki jarak.

Melihat Prakiraan Cuaca

Bila kita ingin mengetahui kondisi /prakiraan cuaca di lokasi kita atau di lokasi lainnya kita tinggal perintahkan saja OK Google untuk memperlihatkan cuaca seperti perkiraan cuaca untuk hari tertentu.
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Tidak perlu meminta secara formal untuk memperlihatkan perkiraan cuaca pada besok hari kita juga bisa mengatakan perintah seperti bertanya “Will I need an umbrella tomorrow?” dan OK Google pun akan menunjukan apakan cuaca besok akan cerah atau hujan.

Mengubah Pengaturan dan Kontrol Aplikasi
Kita dapat mengubah pengaturan yang ada pada smartphone kita seperti contoh kita menyalakan fitur lampu senter (flashlight) hanya dengan perintah suara dengan kata – kata seperti “turn on flashlight”
20+ Hal yang Dapat Dilakukan dengan OK Google
Pengaturan ini juga dapat diterapkan untuk mengatur Wi-Fi, Bluetooth, mengambil gambar “take a picture” atau mengambil video “shoot a video” dan perintah lainnya.

Berikut hal - hal lainnya yang dapat dilakukan dengan OK Google

  • Mencari Toko /Tempat tertentu yang ada di sekitar
  • Mencari Fakta – fakta menarik
  • Translate kata /kalimat ke berbagai bahasa
  • Melakukan pencarian gambar
  • Menghitung atau mengkonversi
  • Mengatur pengingat (Reminder)
  • Cek pergerakan saham
  • Membuat catatan
  • Cek Email
  • Memperlihatkan tagihan yang akan memasuki batas akhir
  • Memperlihatkan informasi penerbangan (melalui email)
  • Memperlihatkan jadwal dan hasil pertandingan
  • Memutar dan Kontrol pemutar musik dari Google Play Music
  • Memperlihatkan Film yang sedang diputar di bioskop
Baca Daftar Lengkap Perintah Suara 'Ok Google' dalam Bahasa Indonesia untuk mengetahui perintah apa saja yang dapat dipakai dengan menggunakan bahasa Indonesia, link artikel ada pada bagian akhir tulisan ini.

Seperti yang diketahui bahwa fitur OK Google ini mirip sekali dengan fitur Siri, pada saat ini penggunaan OK Google masih terbatas untuk smartphone dan tablet Android, tidak seperti Siri yang sudah tersedia di Apple TV dan Apple Watch. Namun seiring berjalannya waktu OK Google akan mempunyai fitur – fitur tambahan lainnya seperti yang dimiliki oleh Siri.

Semoga Artikel ini dapat membantu anda untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi dan fitur yang tersedia pada smartphone ataupun tablet anda. Bila ada yang kura jelas atau ada yang ditanyakan kita bisa berdiskusi pada kolom komentar dibawah.


#beWiseUser.

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »