Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android (Xiaomi)

Berikut ini adalah cara untuk melakukan eject /remove flashdisk OTG (On the Go) atau flashdisk apapun di HP Android. Di PC atau computer biasanya muncul tulisan “remove safely” jika flashdisk yang terhubung sudah dapat dicabut dari portnya. Lalu bagaimana cara melakukan eject flashdisk yang benar di smartphone?

Teknologi yang ada didalam smartphone semakin beragam, mulai dari software sampai hardware pendukung yang terkadang seperti agak ‘berlebihan’. Teknologi yang ada didalam sebuah smartphone akan dinilai berlebihan jika penggunanya tidak memanfaatkan teknologi tersebut dengan maksimal, atau bahkan banyak yang masih belum tahu smartphone yang dibeli itu dapat melakukan apa saja.

Salah satu fitur baru atau teknologi yang terlihat sekali fungsinya di smartphone adalah fitur untuk terhubung dengan alat penyimpanan seperti flashdisk langsung ke HP tanpa melalui perantara seperti PC ataupun laptop.

Sekarang, cukup dengan menggunakan kabel converter USB OTG kita sudah dapat menghubungkan flashdik dengan smartphone. Bahkan sudah ada flashdisk yang mempunyai 2 buah port, 1 port USB yang biasa digunakan untuk terhubung dengan computer atau laptop, dan satu lagi port Micro USB yang dapat langsung dihubungkan dengan port micro USB di smartphone (yang biasa digunakan untuk mengisi baterai).


Apakah semua Smartphone dapat terhubung dengan flashdisk?

Jawabannya adalah Tidak. Kenapa? Karena dibutuhkan teknologi terbaru agar sebuah smartphone dapat mengakses data yang berada di dalam sebuah flashdisk atau media penyimpanan lainnya.

Seiring berjalannya waktu kami yakin bahwa dalam waktu tidak lama lagi semua smartphone produksi baru akan support flashdisk OTG. Dilihat dari kegunaannya yang sangat banyak, seperti mengakses data di flashdiksk bahkan hardisk external, sangat mungkin bahwa semua produsen akan segera membekali seluruh smartphone baru mereka dengan fitur USB OTG ini.

Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Pilihan Eject /Remove Flashdisk di area notifikasi sering hilang

Saat flashdisk pertama kali dihubungkan ke smartphone, biasanya muncul notifikasi device baru yang terhubung dan pada notifikasi tersebut juga terdapat pilihan remove /eject flashdisk sehingga bila kita telah menekan tombola tersebut maka flashdisk dapat di cabut atau di keluarkan dengan aman, tanpa takut merusak atau menghilangkan file yang ada di flashdisk.

Namun terkadang dan bahkan sering, setelah kita mengakses file atau folder yang ada di flashdisk melalui smartphone pilihan eject atau remove media (flashdisk) yang ada di area notifikasi menjadi tidak ada atau hilang. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat memisahkan kedua benda tersebut dengan aman, tanpa takut kehilangan data karena dicabut paksa.


Cara Aman Eject /Remove Flashdisk OTG di HP Android


Berikut ini adalah cara aman untuk melakukan eject atau remove flashdisk OTG yang terhubung dengan HP android. Pada contoh praktek kali ini kami menggunakan smartphone Xiaomi yang katanya mempunyai system keamanan yang lebih ketat dari HP android lainnya.


  1. Pastikan tidak ada aktifitas yang mengakses penyimpanan di flashdisk, seperti copy, merubah nama file, melihat – lihat foto yang ada di flashdisk, dll.
  2. Buka bagian >Settings (>Pengaturan)
  3. Pilih bagian >Storage (>Penyimpanan)
  4. Pada bagian USB STORAGE pilih >Unmount (>Lepaskan)
  5. Klik >Ok. Tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa koneksi benar – benar sudah sepenuhnya terputus.
  6. Cabut flashdisk dari HP. Selesai!

Cara Aman Eject Remove Flashdisk OTG di HP Android

Setelah melakukan langkah – langkah diatas maka data yang ada di kedua media atau perangkat sudah aman untuk dicabut dan data – data yang ada tidak akan rusak karena proses mencabutan media penyimpanan external (flashdisk) yang salah.

Kami yakin bahwa cara ini tidak hanya untuk smartphone Xiaomi, untuk merk lainpun dapat mengikuti langkah – langkah yang ada di tutorial ini. Mungkin akan sedikit berbeda dari tulisan /menu yang ada namun pada prinsipnya semua sama, pengaturan untuk melakukan eject atau unmounts berada pada bagian penyimpanan (storage).

Walaupun fitur ini sangat memudahkan kita untuk melakukan transfer file dari penyimpanan eksternal, tetapi kami tidak menyarankan anda untuk menghubungkan flashdisk ke HP terlalu sering karena dikhawatirkan port (lubang) yang ada di smartphone cepat lecet atau menjadi berkurang kemampuannya. Lakukan disaat butuh saja, atau lakukan transfer file dalam jumlah yang banyak pada satu kali penghubungan.

Ada masalah?

Bila teman – teman mengalami kendala atau masalah error saat melakukan tutorial atau langkah – langkah diatas, silahkan simpan pertanyaan ataupun saran pada kolom komentar dibawah seperti biasa. 

Semoga artikel atau tutorial mengenai cara melakukan eject atau remove USB flashdisk di HP Android ini dapat menjadi solusi dan referensi teman – teman. Terima kasih, tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel Terkait lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »