Aplikasi untuk Scan Dokumen Terbaik untuk Android dan iPhone (iOS)

Bukan hanya mengkonversi apa yang ada di dalam kertas kedalam bentuk gambar digital, fungsi scanner juga dapat mengubah dokumen /tulisan yang ada didalam dokumen tetap berformat tulisan sehingga kita tetap dapat melakukan perubahan (edit) seperti halnya kita melakukan editing di dalam aplikasi untuk mengetik seperti Micosoft Word atau yang lainnya. Namun bentuk scanner konvensional yang ada pada umumnya masih mempunyai ukuran yang sangat besar dan tidak praktis bila digunakan ditempat yang berbeda-beda (mobile).

Perkembangan teknologi semakin pesat dan sampailah pada saat ini dimana fungsi scanner yang ada pada sebuah benda besar tersebut kini dapat dijalankan melalui sebuah smartphone dan cukup dengan menginstal sebuah aplikasi khusus dan bahkan GRATIS.

Aplikasi – aplikasi ini berfungsi karena memanfaatkan kamera yang ada pada smartphone kita, karena smartphone yang ada saat ini pada umumnya telah memiliki kualitas gambar yang sangat baik sehingga sudah pantas untuk mendapatkan ‘kerja lebih’ seperti melakukan scanning seperti mesin scanner konvensional.

Berikut ini beberapa aplikasi scanner dokumen terbaik untuk Android dan iPhone (iOS)


Untuk iPhone (iOS): EvernoteScannable

Yup! Pasti kebanyakan teman-teman disini sudah familiar dengan aplikasi Evernote untuk menyimpan memo atau membuat sebuah pengingat (reminder) dalam membantu kita mengatur jadwal sehari-hari, kali ini Evernote membuat sebuah aplikasi untuk melakukan scan yang diberi nama ‘Scannable” yang dapat digunakan untuk melakukan scan dokumen – dokumen seperti kartu nama, resep, dan dokumen – dokumen lainnya dalam bentuk kertas.

Aplikasi ini dapat berjalan karena menggunakan sistem yang bernama OCR (Optical Character Recognition), yang dapat mendeteksi keberadaan huruf dan angka pada setiap gambar yang ditangkap oleh kamera smartphone. Sistem OCR ini bekerja secara otomotis apabila aplikasi sudah dijalankan.

Bila kita melakukan scan terhadap sebuah kartu nama, aplikasi ini akan secara otomatis menyimpan data tersebut kedalam daftar kontak kita. Dan menurut Sarah Mitroff dari cnet.com aplikasi ini adalah solusi terbaik untuk melakukan penyimpanan kartu nama dalam bentuk digital.

Aplikasi untuk Scan Dokumen Terbaik untuk Android dan iPhone (iOS)
Josh Miller/CNET
Sangat Mudah Digunakan
Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan, anda hanya perlu membuka aplikasi dan arahkan kamera anda kepada dokumen yang ingin di-scan. Aplikasi akan secara otomatis fokus untuk mengambil gambar dokumen yang ada. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk melakukan multiple scan sehingga kita dapat melakukan scan terhadap kumpulan dokumen dan aplikasi akan otomatis mengkombinasi potongan-potongan dokumen tersebut. Bukan hanya itu, kita juga dapat menghapus dokumen yang tidak kita butuhkan.

Setelah berhasil melakukan pengambilan dokumen, kita dapat langsung menyimpannya di akun Evernote ataupun secara manual menyimpannya di media penyimpanan lain seperti iCloud. Kita juga dapat langsung mengirim file tersebut via pesan, email, ataupun aplikasi lainnya yang ada di dalam smartphone kita.

Untuk Android: CamScanner

“It’s very hard to bear CamScanner” itulah kalimat yang ada dalam sebuah artikel saat membahas tentang aplikasi scanner GRATIS untuk Android. Karena dengan aplikasi ini, semua kebutuhan dasar mengenai scanning telah tersedia.

Seperti aplikasi scanner lainnya, aplikasi ini dapat melakukan scanning terhadap dokumen-dokumen fisik (kertas) seperti kartu nama, buku resep, maupun tulisan-tulisan yang ada didalam papan tulis. Setelah melakukan scan aplikasi ini akan mengorganisasi segala jenis (type) file yang didapatkan ke dalam folder – folder. Selain itu aplikasi ini memungkinkan kita untuk melakukan scan terhadap foto – foto yang telah diambil sebelumnya, kualitas scan berbanding lurus dengan kualitas kamera yang dimiliki oleh smartphone.

Aplikasi untuk Scan Dokumen Terbaik untuk Android dan iPhone (iOS)
Josh Miller/CNET

Selain dapat melakukan editing seperti, crop, mengatur pencahayaan, dll kita juga dapat menggunakan fitur kolaborasi (collaboration tools) dimana kita dapat mengundang pengguna lain untuk melakukan perubahan (edit) kepada file yang telah kita scan. Kita dapat menyimpan file yang ada ke berbagai penyimpanan online seperti DropBox dan Google Drive.

(Baca: )

Seperti Scannabel, CamScanner juga mempunyai sistem OCR, tetapi kita harus melakukan download plugin nya terlebih dahulu. Dengan OCR (Optical Character Recognition) kita dapat melakukan pencarian dokumen berdasarkan kata kunci atau frasa yang ada yang berfungsi sangat baik. Tapi untuk mendapatkan fitur ini kita harus melakukan upgrage ke versi berbayar sekitar $5.00 (Lima Dolar Amerika).


Kita perlu membuat akun untuk menggunakan aplikasi ini, setelah itu kita dapat melakukan upload file yang ada ke website CamScanner yang dapat kita akses melalui komputer. Selain untuk Android CamScanner juga tersedia untuk Windows Phone dan iOS.

Artikel Terkait:
Aplikasi untuk Selfie Jarak Jauh
Cara Merubah Ukuran Huruf di Chat BBM

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
October 4, 2015 at 8:15 AM delete

aplikasi bagus, patut dicoba...

Reply
avatar
October 5, 2015 at 12:05 AM delete

Yup! lumayan kalau mau edit dokumen yang ga ada softccopy nya bisa pake aplikasi ini. (n_n)

Reply
avatar
March 11, 2016 at 12:44 AM delete

Yup.. sama-sama gan, semoga membantu artikelnya :D

Reply
avatar