Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini

Sepertinya belum habis kita membahas Windows 8 buatan Microsoft namun sepertinya Perusahaan Milik Bill Gates ini sudah memperkenalkan OS yang lebih baru lagi dari mereka yaitu Windows 10. Meskipun saat ini masih belum tersedia dipasaran namun sepertinya Microsoft terlihat ingin cepat – cepat memperkenalkan OS terbarunya seakan menyuruh kita (pengguna Windows) untuk bersiap – siap migrasi ke OS terbaru ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa penjualan Windows 8 kurang diminati oleh pengguna, selain dari perubahan ‘interface’ yang lumayan ekstrim nampaknya para pengguna OS Windows lebih nyaman menggunakan OS sebelumnya yang memang dibilang sukses, yaitu Windows 7. Fakta unik juga terungkap bahwa hilangnya tombol ‘start’ di halaman utama menjadi salah satu faktor mengapa para pengguna tidak nyaman dengan Windows 8.

Berikut adalah hal – hal yang perlu kita ketahui tentang Windows 10


#1 Start Menu

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Kembalinya 'start' menu dari WIndows 7 ditambah tiles dari Windows 8. Gambar: The Guardian

Seperti yang telah dikemukakan di paragraph awal, Tombol ‘Start’ yang tidak terdapat pada Windows 8 ternyata menjadi salah satu faktor ketidaknyamanan para pengguna dengan OS tersebut, namun sekarang sepertinya hal itu tidak akan menjadi alasan lagi karena Microsoft mengembalikan tombol start di Windows 10.

#2 Continuum

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Windows akan menyesuaikan berdasarkan kondisi yang ada antara Mouse+Keyboard dan Touchscreen Gambar: The Guardian

Dikutip dari kata – kata yang dibuat oleh The Guardian, “Windows 10 adalah perpaduan yang terbaik dari Windows 7 dan Windows 8”. Dalam hal ini Windows 10 dapat melakukan penyesuaian antarmuka (interface) antara perangkat yang menggunakan Mouse+Keyboard dan perangkat yang menggunakan touchscreen. Para tablet, ketika mendeteksi ada Keyboard+Mouse Eksternal Windows 10 akan merubah interface yang sesuai dengan aksesoris yang digunakan, dan bila menggunakan mode touchscreen Windows 10 juga akan merubah interface agar mudah digunakan dengan menggunakan touchscreen.

#3 OS Untuk Semua Jenis Gadget

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Satu OS untuk semua gadget Gambar: The Guardian

Microsoft memperkenalkan Windows 10 bukan hanya untuk PC namun dapat digunakan untuk semua jenis gadget, dari mulai PC, smartphone, tablet, sampai ke Televisi. Microsoft juga menjelaskan bahwa kita dapat menggunakan satu akun untuk semua jenis gadget. Hal ini sama seperti yang telah dilakukan oleh Apple dengan menggunakan satu akun untuk semua jenis gadgetnya (iPhone, iPad, Mac) namun Apple tetap memisahkan antara OS untuk iPhone dan OS untuk Desktop.

#4 Aplikasi Universal

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Aplikasi yang dapat dijalankan disemua platform Gambar: The Guardian

Sejalan dengan “OS untuk semua jenis gadget” Microsoft menjanjikan bahwa nantinya aplikasi yang ada di Windows Store akan dapat dijalankan pada semua jenis gadget mulai dari PC, tablet sampai pada smartphone. Belum Jelas nantinya akan seperti apa namun The Guardian memperkirakan bahwa nantinya akan ada beberapa versi aplikasi untuk setiap jenis gadget.

#5 Aplikasi Universal tidak Full-Screen

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Aplikasi Windows Store tidak harus dibuka secara full-screen Gambar: Microsoft

Untuk mendukung aplikasi universal yang akan mereka sediakan, aplikasi ini juga dapat dibuka di desktop/PC namun tidak harus menggunakan layar secara penuh, hal ini sejalan dengan tema dari windows 8 dengan ‘metro style’nya.

#6 Snap Assist

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Multi Windows yang lebih baik diharapkan akan mendukung produktifitas pengguna. Gambar: Microsoft 

Fitur ‘snapping’ secara otomatis akan menyesuaikan ukuran layar yang tersisa, menampilkan beberapa aplikasi dalam satu layar dan tetap menghadirkan apa saja yang ada di desktop sehingga pengguna akan lebih produktif dengan fitur ini.

#7 Apakah Windows RT Sudah Berakhir?

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Akan Dikemana Windows RT? Gambar: Alamy

Windows 8 berjalan dengan prosesor 64-bit, dan Windows RT diluncurkan setelah Windows 8 sebagai OS untuk windows berprosesor 32-bit namun pertanyaan muncul ketika mengetahui bahwa hampir semua aplikasi yang berjalan pada windows 8 akan berjalan pada windows 10 dengan tidak menyinggung Windows RT yang memiliki ‘basis’ prosesor yang berbeda. Sampai saat ini masih belum jelas mengenai Windows RT yang ada di pasaran.

#8 Kapan Tersedia, dan Berapa Harganya?

Windows 10: Yang Perlu Diketahui Tentang OS Baru Milik Microsoft Ini
Harga Windows 10 belum dirilis secara resmi dan akan tersedia diakhir 2015. Gambar: The Guardian

Seperti yang disebutkan di laman The Guardian, Windows 10 paling cepat akan tersedia pada akhir tahun 2015. Jadi nanti diperkirakan yang akan mencoba windows terbaru ini adalah para pengguna yang membeli gadget baru, namun bila kita merasa tertantang untuk mencobanya sebelum resmi diluncurkan, Microsoft memperbolehkan kita untuk melakukan pendaftaran untuk mencoba Windows 10 ini meskipun masih dalam masa percobaan.

Bila kalian ingin mencoba Windows 10 ini dapat mengunjungi tautan ini (Windows Insider Program). Perlu diingatkan lagi bahwa hal ini mungkin saja dapat menimbulkan beberapa masalah dari mulai error sampai hilangnya data karena masih dalam masa percobaan dan pengembangan.

Berapa harganya? Sampai saat ini belum ada informasi resmi dari pihak Microsoft mengenai harga final untuk mengguna namun Windows 8.1 sekarang dihargai sekitar 100 Euro atau sekitar 1,5 Juta Rupiah, namun sepertinya Microsoft akan memberikan diskon untuk Windows 10.

#10 Kenapa Tidak Menggunakan Nama Windows 9?

Terry Myerson dan Joe Belfiore dalam pengenalan Windows 10. Gambar: Microsoft

Yup! Pihak Microsoft melewatkan angka 9 pada deretan Windows OS nya, terakhir adalah Windows 8.1 dan ‘melompat’ ke Windows 10. Kemana Windows 9? Tidak ada alasan jelas kenapa Microsoft tidak menggunakan nama Windows 9 namun sepertinya Microsoft tidak mau mengikuti jalan yang konvensional, terbukti dari penamaan konsol game Xbox 360 (generasi kedua) sangat sukses dipasaran dan juga penerusnya Xbox One (generasi ketiga) telah membuktikan bahwa penamaan yang tidak konvensional memberikan hasil yang positif bagi Microsoft.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »