Cara Install dan Menggunakan Windows Picture Manager di Windows 10

Berikut ini adalah cara untuk install dan menggunakan kembali Windows Picture Manager di Windows 10. Pada umumnya di windows 10 aplikasi atau program yang sering kita gunakan untuk melakukan edit foto itu menghilang dari pilihan menu >Open With. Apalagi setelah melakukan update program Microsoft Office ke versi 2013, aplikasi tersebut tidak dapat lagi ditemukan. Lalu bagaimana solusinya?

Bagi pengguna Windows 7 pastinya sudah sangat familiar dengan aplikasi atau program Windows Picture Manager terutama bagi yang sering melakukan (basic) editing gambar seperti crop, compress, white balance, coloring, dll.

Program Windows Picture Manager (WPM) adalah program atau aplikasi paketan atau bawaan Microsoft Office, jadi ketika kita melakukan install Microsoft Office di computer maka aplikasi WPM akan terinstall secara otomatis, jadi dibutuhkan atau tidak aplikasi ini akan tetap terinstall, (dan biasanya tidak dapat dihapus /uninstall) kecuali dengan pengaturan lanjutan (Advanced) mungkin bisa dilakukan.

Berdasarkan pengalaman tim rinditech.com saat program ini tidak ada kami merasakan ada yang kurang, walaupun tidak setiap hari kami gunakan nyatanya saat program itu tidak tersedia lagi beberapa kegiatan kami di windows 10 sedikit terhambat, salah satunya juga untuk melakukan finishing gambar yang akan di upload ke rinditech.com .


Walaupun fitur yang disediakan hanya sebatas fitur editing standar atau bahkan dasar namun sepertinya program ini tetap banyak yang menggunakan, terbukti saat program ini dihilangkan pada update Microsoft Office ke versi 2013 dan 2016 banyak orang yang mencari cara untuk tetap dapat menggunakan aplikasi Windows Picture Manger tersebut.

Cara Install dan Menggunakan Windows Picture Manager di Windows 10

Berikut ini cara agar kita bisa menggunakan kembali aplikasi windows picture manager di Windows 10 atau di Microsoft Office terbaru.

Ada 2 cara yang bisa kita pilih dan Konsep dari kedua cara ini adalah dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office yang masih terdapat aplikasi Picture Manager didalamnya, dan nantinya kita hanya menginstall aplikasi WPM saja.

Cara 1 Install Windows Picture Manger (via MS. Office Installation File)


Cara pertama ini hanya dapat dijalankan bila kita masih memiliki CD atau file instalasi dari MS. Office versi 2010 atau sebelumnya (2007). Jika anda tidak memiliki aplikasi Ms. Office versi 2007 atau 2010 maka lewati saja cara pertama ini, langsung saja gunakan cara yang kedua.
  1. Buka atau jalankan file instalasi (setup.exe) Ms. Office 2007 atau 2010 yang anda punya.
  2. Masukan product key atau installation key untuk produk /aplikasi tersebut.
  3. Klik tombol Continue.
  4. Anda akan diminta untuk memilih Antara “Install Now” atau “Customize”. Pilih “Customize”.
  5. Pada bagian Office tools /Microsoft Office Picture Manager, Klik tombol option (panah kebawah) dan pilih “Run from My Computer”.
  6. Dengan cara yang sama pada langkah sebelumnya, Rubah semua (Kecuali Microsoft Office Picture Manager) yang ada didalam daftar menjadi “Not Available”.
  7. Klik tombol >Install Now. Selesai!
 Cara Install dan Menggunakan Windows Picture Manager di Windows 10 Microsoft Office

Setelah aplikasi selesai melakukan instal program yang kita pilih diatas, maka aplikasi Windows Picture Manger sudah langsung dapat digunakan tanpa harus melakukan restart computer terlebih dahulu. Namun jika pada pilihan “Open with..” masih tidak menemukan pilihan WPM, maka disarankan untuk melakukan restart computer /laptop terlebih dahulu.

Cara 2 Install Windows Picture Manger (via MS. Office SharePoint Designer)

Cara yang kedua ini hampir sama dengan cara yang pertama, hanya menggunakan perantara atau aplikasi yang berbeda. Untuk cara yang kedua ini kita tidak harus memiliki file instalasi Ms. Office versi 2007 ataupun 2010, kita hanya perlu menjalankan program Ms. Office SharePoint Designer yang bisa kita dapatkan secara gratis dari halaman resmi Microsoft.

  1. Download aplikasi SharePoint Designer 2007 disini. (296 MB)
  2. Buka /jalankan aplikasi SharePoint Designer yang telah didownload.
  3. Anda akan diminta untuk memilih Antara “Install Now” atau “Customize”. Pilih “Customize”. Atau jika tidak ada pilihan Customize, maka pilihlah “Add/Remove program”.
  4. Pada bagian Office tools\Microsoft Office Picture Manager, Klik tombol option (panah kebawah) dan pilih “Run from My Computer”.
  5. Dengan cara yang sama pada langkah sebelumnya, Rubah semua (Kecuali Microsoft Office Picture Manager) yang ada didalam daftar menjadi “Not Available”.
  6. Klik tombol >Continue. Selesai!
Cara Install dan Menggunakan Windows Picture Manager di Windows 10 SharePoint Designer

Setelah kita klik tombol Continue maka aplikasi akan menginstal program Windows Picture Manager saja di computer karena yang kita izinkan untuk di install hanya aplikasi WPM saja pada saat pengaturan di langkah ke -4 dan 5 diatas.

Seperti halnya cara pertama, cara ini juga akan memberikan hasil secara langsung tanpa kita harus melakukan restart setelah proses install selesai. Namun apabila aplikasi masih belum ditemukan pada bagian “Open with..” pada menu klik-kanan, maka disarankan untuk melakukan restart computer terlebih dahulu.

Alternatif aplikasi selain Windows Picture Manager

Sebenarnya kita tetap dapat melakukan edit foto atau gambar tanpa harus menggunakan Windows Picture Manager, yup! Khususnya pada Windows 10 kita dapat melakukan edit gambar melalui aplikasi Photo viewer standar bawaan Windows.

Jika kita membuka gambar melalui aplikasi Photos bawaan Windows kita akan menemukan pilihan “Edit” pada bagian tools bar. Pada bagian edit tersebut fitur yang terdapat disana hampir sama dengan fitur yang ada di WPM, hanya saja tidak se-lengkap yang ada di WPM.

Kalau hanya ingin melakukan crop, rotate, coloring, lighting maka sebenarnya aplikasi bawaan windows 10 (Photos) dapat diandalkan, anpa harus melakukan install Windows Picture Manager. Namun bila ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, maka WPM solusinya.

Punya pengalaman atau pertanyaan mengenai Windows Picture Manager?

Bagi teman – teman yang memiliki pengalaman mengenai penggunaan ataupun pencarian alternatif dalam mengedit foto sederhana silahkan berbagi pada kolom komentar dibawah seperti biasa, juga bila ada yang masih bingung dengan tutorial Cara install Windows Picture Manager di Windows 10 ini silahkan bertanya via kolom komentar dibawah juga seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Artikel Terkait Lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »