Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami

Apakah alamat website indo-hadiah.com (Indo Kupon /planet49) penipuan? Apakah website tersebut benar – benar memberikan hadiahnya? Bagaimana testimony dari orang – orang yang pernah mengikuti undian tersebut? Apakah ada yang benar – benar mendapatkan hadiahnya? Apakah ada website lain yang serupa?.

Kami membuat artikel ini bukan tanpa alasan, sebelumnya kami mendapatkan pertanyaan pada salah satu artikel mengenai Ciri – ciri Website Undian Palsu +Cara Melaporkannya dan disana salah satu pembaca menanyakan status website indo-hadiah.com apakah website tersebut asli atau penipuan? 

Agar lebih menyakinkan para pembaca maka kami mengadakan sedikit riset dan penggalian informasi tentang website yang satu ini karena memang kami akui bahwa website tersebut berbeda dari website – website penipuan pada umumnya.

Data yang Dipakai untuk Registrasi Alamat Website DIRAHASIAKAN

Sebelum jauh meneliti artikel – artikel yang memberikan testimoni untuk website indo-hadiah ini kami mencoba melakukan pencarian dasar dari data yang digunakan untuk melakukan registrasi alamat website kepada pengelola nama domain. Kami mendapati bahwa website indo-hadiah ini menggunakan fitur perlindungan data registrar yang berarti data yang muncul pada keterangan dari tempat registrasi alamat domain adalah data yang bukan sebenarnya.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Sumber: whois.net
Setelah mendapati bahwa data yang dimunculkan adalah data palsu, apakah website tersebut sudah pasti scam (penipuan)? Kami mengatakan bahwa website tersebut belum bisa disebut sebagai website penipuan. Fitur perlindungan data yang digunakan adalah fitur layanan standar yang diberikan oleh pihak penyedia alamat domain untuk para pemilik domain yang tidak ingin data pribadinya dibagikan secara bebas.

Walaupun begitu, untuk website – website resmi atau official biasanya mereka tidak segan – segan untuk menunjukan data registrar nya karena biasanya data registrar yang digunakan juga bukan data pribadi, melainkan data perusahaan seperti email resmi perusahaan, nomor telepon resmi perusahaan dan juga alamat resmi perusahaan. Hal ini dilakukan agar para pengunjung percaya bahwa website tersebut adalah benar – benar representasi dari perusahaan mereka yang sebenarnya.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Sumber: who.is

Jadi dari data registrasi ini kami menyimpulkan bahwa walaupun lazim digunakan (fitur perlindungan data pribadi) namun kita wajib waspada terhadap website yang menggunakan fitur ini karena itu adalah salah satu syarat agar pemilik sebenarnya dari website tersebut sulit untuk dihubungi.

Halaman Website Fokus Kepada Kupon Belanja Rp. 5 Juta

Pada tampilan website ini kami akui memang agak terlihat sedikit meyakinkan dengan tampilan yang sedikit berbeda dari website penipuan lainnya. Peraturan pengundian kupon dibuat secara simple dan mudah dimengerti. Keberadaan logo – logo perusahaan besarpun pada area partner member kesan bahwa website tersebut memang memliki kerjasama dengan perusahaan – perusahaan tersebut. Namun apakah benar informasi yang tertera tersebut???

Dari pantauan kami website indo-hadiah.com ini memang berfokus kepada promosi kupon undian 5 juta rupiah dan hanya sedikit link yang bisa di klik selain dari pilihan kupon yang ingin dimenangkan (BEST DENKI, CARREFOUR, dan HYPERMART). Namun tahukan kamu bahwa ada kejanggalan dari pilihan kupon belanja tersebut…??? Yup! Kami menemukan kejanggalan pada bagian pilihan kupon tersebut.

Waktu Memilih Kupon Hanya 5 Menit. Benarkah?

Sesaat setelah kita membuka alamat website indo-hadiah.com kita akan langsung melihat waktu mundur mulai berjalan 5 menit hitungan mundur untuk kita memilih kupon belanja yang kita inginkan, namun benarkah hal tersebut? Apakah bila melewati 5 menit kita tidak dapat memilih dan kesempatan hilang begitu saja?.

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Pilihan Kupon dengan Waktu Terbatas

Untuk mengujinya kami sengaja menunggu waktu hitung mundur tersebut habis sampai waktu menunjukan angka 00:00:00. Lalu apa yang terjadi??? Tidak terjadi apa – apa. Waktu hitung memang berhenti di nol namun link untuk memilih kupon favorit masih aktif dan tidak ada yang berubah sedikitpun. Kita masih bisa memilih kupon tersebut walaupun waktu telah habis.

Hal ini menunjukan bahwa waktu mundur tersebut adalah salah satu cara pemilik website agar para pengunjung segera mengambil keputusan sebelum waktu habis, dan harus diakui bahwa pemberian waktu yang terbatas adalah salah satu trik marketing yang lazim digunakan.

Setelah Memilih Kupon Apa yang Akan Terjadi?

Naahh.. menurut pantauan kami, disinilah pemilik website indo-hadiah.com mendapatkan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Karena setelah kita melakukan pemilihan kupon dengan melakukan klik terhadap salah satu kupon yang tersedia, kita mulai dimintai untuk mengisi kolom – kolom isian yang sangat rawan, seperti nomor HP, email, dan termasuk data diri seperti alamat lengkap dan lainnya. 

PATUT DICURIGAI

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami
Permintaan data pribadi dimulai disini

Melihat dari banyaknya informasi penting yang diminita dalam kolom isian, kami langsung teringat dengan salah satu MODUS penipuan, yaitu pencurian data pribadi yang nantinya data – data tersebut akan digunakan untuk kepentingan pribadi yang dimana pemilik asli dari data tersebut akan benar – benar dirugikan. Kalaupun tidak digunakan oleh pihak yang mengumpulkan, data pribadi tersebut dapat dijual kepada pihak – pihak tertentu. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca tentang modus ‘phishing’ di internet.

Disaat para operator membuat sistem keamanan agar data pelanggan tidak tersebar, di website ini anda menyerahkannya secara Cuma – Cuma, karena kupon belanja pun masih misteri apakah itu benar atau hanya alasan saja.

Setelah Memberikan Data Pribadi, Lalu Apa yang Selanjutnya Muncul?

Setelah mengisi form data diatas, anda akan langsung diarahkan kepada halaman promosi, dimana disini anda seperti mendaftar hanya untuk melihat iklan – iklan dari partner website ini, dan juga masih misteri apakah iklan – iklan tersebut benar atau juga sama halnya seperti website indo-hadiah ini? Ga jelas.

Sampai disini kami menyimpulkan bahwa website tersebut tidak layak untuk dicoba apalagi untuk dipercaya. Namun agar lebih meyakinkan lagi kami melanjutkan pencarian informasi dari testimoni – testimoni dari para blogger yang pernah mencoba website indo-hadiah ini.

Testimoni dari Blogger Lainnya Tentang Website indo-kupon.com

Dari blog helpshared.com menunjukan bahwa website ini (indo-hadiah, Indo Kupon, atau Indo Offers) memang hanya memanfaatkan kelengahan para netizen dengan iming – iming hadiah yang belum pasti, pada awal paragrafnya saja penulis juga menuliskan kata HATI – HATI untuk website ini dan nampaknya penulis mengetahui bahwa indo-kupon hanya ingin mengumpulkan data pribadi saja. Penulis mengamati website ini dari tahun 2015 dan pada awal tahun 2016 (seperti yang sudah dijanjikan) tidak ada pengumuman pemenang ataupun perubahan apapun pada tampilan website ini, dengan foto – foto pemenang yang sama dari tahun – tahun sebelumnya. Kesimpulannya website ini kemungkinan melakukan pencurian atau pemanfaatan identitas.

Dari blog ciakginting.wordpress.com menuliskan bahwa website indo-kupon ini termasuk kedalam website yang memanfaatkan pengunjung untuk mencari uang atau mendapatkan keuntungan pribadi. Kalaupun masih penasaran, disarankan untuk membuat email cadangan (seperti yang dilakukan tim rinditech.com) untuk menelusuri website tersebut melalui mata pengunjung.

KESIMPULAN

Walaupun riset yang kami lakukan hanya sebentar namun hasil dari pengamatan kami tersebut dirasa cukup untuk melabeli website indo-kupon tersebut sebagai website yang patut diwaspadai, karena belum pernah kami menemukan orang yang benar – benar mendapatkan kupon 5 juta tersebut, atau hadiah lainnya yang bermula dari mengisi formulir yang disediakan oleh website ini. 

Di luar negeri kegiatan ini bisa dikategorikan sebagai modus operandi “PHISHING” dimana para pelakunya menyasar data pribadi calon korbannya yang dimana data – data tersebut akan digunakan untuk kepentingan pribadi mereka, seperti melakukan penarikan uang, melakukan penipuan dengan menggunakan data korban, atau menjual data – data tersebut kepada pihak – pihak yang tidak bertanggung jawab.

Walaupun di luar negeri memang banyak website undian ataupun website survey yang benar – benar resmi, namun di Indonesia sendiri website seperti itu sangatlah jarang, saking jarangnya maka kita akan lebih banyak menemukan website penipuan, dibandingkan website yang asli memberikan hadiah. Tetap berhati – hatilah. #beWiseUser

Punya pengalaman juga tentang penipuan? Atau pernah berkunjung ke website indo-kupon ini? Yuk! Berbagi pengalaman pada kolom komentar dibawah :) .

Artikel Terkait:

79 Responses to "Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikut Hasil Penelusuran Kami"

  1. Trims penjelasannya, baru aja mau kemakan situsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap pak! Jangan mudah percaya, periksa dulu kebenarannya sebelum memberikan data pribadi, apalagi transfer uang, dll.

      Delete
  2. Bagaimana jika saya sdah terlanjur isi data pribadi ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya data yang sudah dikirim tidak bisa ditarik kembali pak, solusinya bisa mulai dengan mengganti /merubah password ataupun hal - hal sensitif lainnya yang berhubungan dengan data yang telah bapak kirimkan. dan lebih berhati - hati bila menemukan hal yang serupa untuk kedepannya.

      Delete
  3. gimana kalo saya udah mengisi data2 pribadi, tapi email belum saya konfirmasi dan pendaftara belum selesai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama belum menekan tombol 'send' atau kirim setelah mengisi data pribadi itu tidak masalah. namun bila telah menekan 'kirim' atau 'send' maka data tersebut otomatis akan terkirim kepada pemilik website tersebut.

      Delete
  4. wah saya malah udah daftar tapi rekening nya ngak diisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai memberikan nomor rekening, nomor rekening adalah salah satu sumber data yang sangat sensitif. segera lakukan pengamanan 2 langkah(tambahkan nomor telepon ke alamat email) bila sudah terlanjur mendaftar

      Delete
  5. website scam itu :D
    muncul di pop up aja :D

    ReplyDelete
  6. Barusan saya isi data,trus langsung dapat email aktivasi. Belum klik aktivasi sih karna curiga kok minta datanya detail banget. Ada keterangan juga kalo mau unscribe klik link lagi,tp udah gak percaya. Bismillah deh smoga gagal tuh data saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus deh klo belum aktivasi. tapi kalau masih menerima email2 promosi /spam dari sumber yang sama, disarankan untuk melakukan unsubscribe agar email kita dihapus dari daftar email untuk di spam.

      Delete
  7. Aku udh isi email aja tapi, gimana tuh mas? Apa aku hrs ubah password email?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk lebih aman nya lebih baik rubah dulu passwordnya, sekalian rubah ke password yang lebih 'rumit' (mis: kombinasi dari huruf & angka).

      Delete
  8. Webnya mencurigakan dari awal, masak mintal data ktp selengkap itu, curiga bgt, dari 2015 smpe 2016 hadiahnya aja yang berubah, awalnya uang trus sekarang hp Apple, tp gk jelas pemenangnya.. hoaks lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget.. harus teliti dan tetap waspada pada penawaran - penawaran yang menggiurkan.

      Delete
  9. Ketika anda menerima email verivikasi. Di unsubrcribe aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju banget gan, harus segera dibatasi aksesnya dan salah satunya adalah dengan melakukan unsubscribe

      Delete
  10. Aku blm di email sih mas. Tp udah ngisi datanya di web. Gmn tu mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah isi berarti data sudah terkirim. untuk aman nya disarankan untuk segera ganti password dan menambahkan nomor telepon di email.

      Delete
  11. kalau saya sampai ditelpon tapi menawarkan mau atau tidak menyumbangkan uang 150rb untuk korban bencana alam digarut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati-hati gan, bisa jadi itu modus baru untuk menipu. Kalau emg mau nyumbang lebih baik disalurkan lewat organisasi yg jelas dan resmi seperti lembaga amal /zakat nasional.
      Terimakasih atas sharing nya mas..

      Delete
  12. memang modus tipu2 sungguh banyak dan kalau tidak teliti bakal jadi korban berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! benar sekali mas, harus tetap hati - hati dan cek kebenaran berkali - kali,

      Delete
  13. kalau saya mengisi data pribadi saya hanya alamat apakah kemungkinan ada masalah

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum dapat dipastikan apakah akan berdampak atau tidak, yang pasti untuk kedepannya kita harus lebih hati - hati dengan modus seperti ini,

      Terimakasih atas testimoninya,

      Delete
  14. wah,,,, udah terlanjur isi data pribadinya. gimana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah terlanjur disarankan untuk segera mengganti password yang sekarang digunakan, untuk mencegah hal lain yang tidak diinginkan,

      terimakasih sudah mau sharing,

      Delete
  15. Udah terlanjur masukin data tapi alamat email salah gmana ya?amankah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya aman - aman saja, untuk kedepannya diharapkan lebih teliti lagi,
      terima kasih sudah mau share disini, :D

      Delete
  16. Waduh barusan banget aku dapet yg kaya gituan terus aku isi semuanya sampe no telepon gt , mau ganti pass email malah lupa pass sebelumnya :( zonk :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lakukan pemulihan password via nomor telepon (Bila sudah dihubungkan). Selanjutnya diharapkan bisa lebih berhati2 lagi bila menghadapi hal serupa,

      Terimakasih telah berbagi pengaduan dsini,

      Delete
  17. Barusan bgt aku dapet kaya gituan aku isi aja semuanya terkeculi rekening , tp aku cantumin no hp aku aman ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bila no hp tersebut masih milik kita itu aman2 saja, semoga saja tidak ada sms - sms iklan (spam) ke no hp tersebut,

      Terimakasih sudah mau share pengalamannya,

      Delete
  18. Haha untung saya langsung googling dan ternyata nemu blog nya mas ini sebelum send nama dan email..thanks infonya mas...lagian email nya email cadangan..
    ..saking banyaknya kasus penipuan, saya jadi gampang suudzon sama yg gituan..😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhehe.. kalau untuk hal yang berkaitan dengan privasi dan kriminal sepertinya emg harus agak hati - hati sih, salah - salah kita sendiri yang dirugikan..

      sama - sama mas, senang dapat membantu.. dan terima kasih atas testimoninya..

      Delete
  19. Waduh br saja saya vertivikasi gimna saran ya agar dta saya aman sama nmer hp ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah verifikasi pasti akan dapat semacam newsletter, di unsubscribe aja. untuk kedepannya agar lebih hati - hati lagi bila menemukan hal yang serupa.

      Delete
  20. sepertinya memang resmi pencurian data,karna waktu akan tingal langkah terakhir akan menang situsnya jadi eror dari situsnya langsung,untung datan yangaq masukin palsu semua hahaha,mungkin tidak akan eror bila data kartu kredit bank atm di isi kalau ada mungkin udah ke bobol karna pasword nya data nya bisa di enskripsi

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget gan, harus benar - benar menjaga kerahasiaan data pribadi, salah2 kita sendiri yang rugi.
      thanks udh sharing gan,,

      Delete
  21. Alo udah terlanjur konfirmasi email oendaftaran gmna tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti klo ada newsletter di unsubscribe aja, disarankan untuk mengganti password email secara berkala untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

      Delete
  22. nUniversität in Hagen
    Astaga! Saya baru saja mendaftar di website trsbt. Dlm email web tsb menuliskan Tolong email anda di vertifikasi. Selanjutnya apa yg hrs sy lakukan?? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hal pertama yang harus dilakukan adalah, jangan melanjutkan proses pendaftaran! jangan lakukan verifikasi email. karena kita tidak bisa menarik data yang sudah didaftarkan, biarkan data tersebut menggantung saja. untuk selanjutnya diharapkan lebih berhati - hati lagi bila menemukan hal yang serupa.
      semoga membantu,

      Delete
  23. Waduh... Saya baru aja verifikasi... Trus cari2 artikel soal undian ini... Langsung saya ganti password email saya... Apakah itu sudah aman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusnya aman untuk email, tetapi data yang sudah terkirim kecil kemungkinan ditarik kembali. untuk kedepannya bisa lebih berhati - hati bila menemukan hal yang serupa,
      terima kasih sudah sharing,

      Delete
  24. Aku udah verifikasi email, gmana dong
    Pas udah baca blog ini aku unsubscribe lewat email yg dia kirim ny
    Aman gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah di unsubscribe seharusnya kita tidak mendapat lg email promosi. disarankan untuk mengganti password email untuk sementara waktu. untuk kedepannya harus lebih hati2 lagi bila menghadapi hal yg serupa, semoga membantu

      Delete
  25. Replies
    1. bila menerima email promosi dr indo hadiah akan ada pilihan unsubscribe (berhenti berlangganan), pilih saja itu. lokasinya biasanya berada di bagian bawah email. semoga membantu.

      Delete
  26. Kalo kita spam email tersebut udah aman Blum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maskudnya menandai email tersebut sebagai spam ya?
      sebenarnya sudah cukup, dan jangan lupa untuk melakukan unsubscribe (berhenti berlangganan). dan lebih baik lagi bila "menandai sebagai email spam" dilakukan oleh banyak orang (akun) sehingga pihak operator pun akan menanggapi laporan tersebut dengan lebih serius dan tegas. semoga membantu,

      Delete
  27. Kalau saya baru kirim email saja gmna ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya sih tidak ada yang perlu dikhawatirkan, namun bila nanti menerima email promosi jangan upa untuk melakukan unsubscribe (berhenti berlangganan).
      lebih bagus lagi dengan melakukan penggantian password email,
      semoga membantu,

      Delete
  28. Wahh.. saya udh terlanjur daftar, mengisi data2 pribadi, email dan no.telp tapi ketika diminta masukam.4 digit no kartu kredit dan rekening saya mulai curiga (tidak saya isi) dan langsung klik tombol back dan menutup aplikasi itu. Tiba2 saya mendapat e-mail kl saya sdh berhasil mendaftar di undian trs dan diminta untuk klik link verifikasi e-mail.. pas saya klik (ingin tau web apa yang terbuka disana) ternyata linknya error.. saya coba klik link unsubscribe ternyata sama saja, error jg. Kemudian saya balas e-mail masuk dr adminnya untuk mencancelkan pendaftaran saya tetapi sampai sekarang belum ada balasan e-mail dari adminnya Akhirnya saya googling dan menemukan artikel ini.
    Kira-kira apa yang harus saya lakukan? Dan bagaimana dengan data yang telah saya kirimkan?? Mohon infonya ya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk data yang sudah dikirimkan sulit untuk ditarik kembali,
      bila sudah terlanjur didaftarkan, disarankan semua akun yang mempunyai password diganti untuk beberapa waktu, untuk email disarankan untuk menambahkan nomor telepon untuk verifikasi agar lebih aman.

      untuk kedepannya diharapkan untuk lebih berhati - hati lagi bila menemukan hal /modus yang serupa.

      semoga membantu,

      Delete
  29. Kenapa ga di laporin aja ke pihak berwajib tentang modus yang di gunakan oleh website tsb..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya sudah ada yang melaporkan website tersebut namun sepertinya pelakunya masih bebas berkeliaran sehingga dengan mudah untuk membuat alamat2 website yang baru, bila website yang lama telah di blokir atau di nonaktifkan. semoga saja untuk kedepannya pihak yang berwajib mempunyai formula yang lebih pas untuk menghentikan modus seperti ini.

      Delete
  30. Kak gimana nih aku udh verifikasi alamat email, trus no hp juga. Tapi blum ada yg email dan telpon/sms kok kak trus juga aku udh ganti kata sandi email. Gmana kak? Udh aman gk yaa? Alamat jga udh di masukin cuma sampai kecamatan soalnya di kolomnya jga cma sampai kecamatan... Jdi gmana nih kak? Takuttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah ganti password sih kemungkinan besar emailnya aman. tapi nanti kalau ada email masuk seperti promosi dari sumber yang sama, langsung di unsubscribe saja (berhenti berlangganan).
      Untuk kedepannya diharapkan untuk lebih berhati - hati lagi.
      semoga membantu.

      Delete
    2. Alhamdulillah kalo gitu:) thx yaa kak;) sangat membantuu👍

      Delete
  31. aduh bang, baru ajh aku dapet kaya gtu.an aku udah masukin data pribadi & email, terus pas aku bukak emailku kok jadi ga bisa kebuka yah, ? gmna bang pendaptnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena passwordya mudah ditebak itu, coba lakukan reset password. kalau berhasil reset password segera tambahkan nomor telepon atau email backup.

      Delete
  32. indo-hadiah.com ini yg pilihan hadiahnya pake spin kan ka? atau bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. spin itu maksudnya di undi ya? kalau di undi benar.

      Delete
  33. saya udah sampe pemberian tgl lahir. awalnya bimbang karena berlogokan windows.penipuan atau tidak.. karena berlogokan windows sy klik ok untuk memferifikasi pemilik windows. kira2 data id di no hp yang terdaftar kalau begitu bisa dicuri ga. artikel ini sangat membantu terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejauh ini belum mendengar info data id dicuri dari nomor hp, semoga saja benar. membuat tampilan atau logo yang serupa dengan sesuatu yg familiar juga menjadi salah satu cara para penipu mengelabuhi kita, tetap berhati-hati.
      sama - sama, senang dapat membantu.

      Delete
  34. Kalau saya udah diisi semua data-datanya gimana dong? Terus saya di telepon dia minta alamat terus saya kasih saya kira hadiahnya akan dikirim makanya saya kasih. Terus setelah itu di sms katanya pemberitahuan pribadi telah dikirim ke alamat yang aku kasih! Terus gimana dong?. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah seperti itu sebaiknya segera cek dan konfirmasi ke bank tempat anda menyimpan uang,takutnya mereka menghubungi pihak bank mengatasnamakan diri anda. selebihnya bila ada sesuatu yang dikirimkan ke rumah anda jangan mudah terbujuk, segera saja lakukan konfirmasi ke kantor polisi setempat tentang kebenaran paket atau dokumen yang anda terima. selanjutnya diharapkan lebih berhati - hati lagi bila menghadapi hal serupa,

      Delete
  35. Saya malah ga ada ngapa ngapain dapet email nya, sampai dia juga tau tanggal lahir saya pas saya ultah, di suruh verifikasi klik link nya sampai 3 kali email, maksa ni yak huaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. kalau diakalin semua bisa diakalin gan.. perlu dievaluasi juga mereka bisa dapat tgl lahir kita dari mana.. kalau bisa data pribadi seperti itu tidak terlalu dibuka

      Delete
  36. Alhamdulilah belum sempat
    Baru mau masukin email ragu ragu
    Cari di google ketemu blog ini
    Terima kasih Bu Rindi

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau begitu bisa mencegah org dr potensi penipuan. .hehe btw saya ini agan.. bukan aganwati :D

      Delete
  37. Sy juga udh daftar. Tp nmr kartu tak diisi..trs dpt email disuruh verifikasi tp sy nggak ngga bls sy lgsg unscribe n spam. Msh aman ngga ya.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti aman adalah data yang belum sempat dikirim. mudah2an data yang sudah terlanjur dikirim tidak dieksploitasi.

      Delete
  38. waduh untung aku cepet2 nemuin blog ini dan kubaca semua besrta komen2annya...... tapi sayangnya aku sudah ku konfirmasi email lalu k unscribe dan langsung ganti password.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip! langsung ambil tindakan (unsubscribe & ganti password) saat tau akunnya sedang terancam, walaupun belum pasti. klo ditunda2 jadi nya nanti lupa. thanks sharing nya!

      Delete
  39. thanks.....tapi saya udah selesaikan surveinya.....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau begitu segera unsubscribe email berlangganannga, bila perlu ganti password email untuk lebih meyakinkan, semoga membantu

      Delete