Beranda
Internet
Security
Toko Online
Indo-confirmation.com apakah penipuan? Ini Penelusuran Kami
Indo-confirmation.com apakah penipuan? Ini Penelusuran Kami
Contoh halaman utama penipuan undian online yang menawarkan hadiah smartphone

Mendapatkan penawaran menarik dari website indo-confirmation.com? alias indo kupon, alias indo hadiah, alias Indo offer, dll. Apakah mereka penipuan? Apakah penipuan ? Atau benar memberikan hadiah seperti yang dituliskan didalam website nya?

Apabila benar, bagaimana cara mengambil hadiah dari indo-confirmation? Apabila penipuan, bagaimana dengan keamanan akun pribadi saya yang telah ditulis didalam formulir yang telah dikirim? Apa yang harus dilakukan? Apakah penipuan?

bila memang pertanyaan – pertanyaan seperti diatas yang ada didalam benak anda, terutama yang baru saja mengirimkan data – data pribadi masing – masing, maka kami beritahu dari awal paragraf ini, anda harus lebih berhati – hati!. Apakah penipuan?

Baca juga: Kronologi Kasus Penipuan Logan Paul Hasil Investigasi Coffeezilla

Berikut ini alamat - alamat website (domain) yang digunakan oleh Indo Offer (indo hadiah) yang kami temukan dari waktu ke waktu:

  • www.indonesia-offers(.)com
  • www.id-offers(.)com
  • www.indo-hadiah(.)com
  • www.indo-confirmation(.)com
  • www.indo-vouchers(.)com
  • www.indo-vouchers(.)com/cgi-bin/wingame.pl
  • www.gila-diskon(.)com
  • www.hadiahtips-indo(.)com
  • www.gila-diskon(.)com
  • www.promo-hadiah(.)com
  • www.indovouchers(.)com
  • www.shopping-asik(.)com
  • www.promo-hadiah(.)com
  • www.crazynow-id(.)com
  • www.apmarketingap(.)com ..akan terus diupdate.
*jika teman - teman menemukan alamat website baru, silahkan tuliskan di kolom komentar.  

Sebelum ke pembahasan mengenai website indo-confirmation.com, kami informasikan bahwa ini adalah artikel kedua mengenai website yang hampir serupa sebelumnya yaitu website indo-hadiah.com. setelah beberapa tahun website tersebut berkeliaran, akhirnya sekarang sudah sulit untuk diakses, yang menandakan bahwa website tersebut sudah masuk kedalam website yang berbahaya atau spesifiknya PENIPUAN.

Bila belum pernah membaca artikel tentang website indo-hadiah.com atau alamat lainnya, maka kami SANGAT MENYARANKAN anda untuk membacanya terlebih dahulu di tautan berikut ini:

Indo-hadiah.com Apakah Penipuan? Berikuthasil penelusuran kami 

(Kemudian kembali dan melanjutkan membaca artikel kedua ini)

Lanjut membahas indo-confirmation apakah penipuan?, ternyata website tersebut SAMA PERSIS, atau tepatnya seperti COPY-PASTE dari website sebelumnya (indo-hadiah). Mulai dari tampilan, sistem hadiah yang ditawarkan, sampai kepada nominal, foto – foto pemenang, dll. Semua sama!

Apakah penipuan? Yup! Sampai disini sepertinya kita sudah memiliki kesimpulan awal yang sama, yaitu website tersebut menjurus ke PENIPUAN.



Indo-confirmation.com apakah penipuan? Berikut penelusuran kami

Kenapa Harus Berhati – hati???

Mungkin banyak teman – teman yang masih heran kenapa harus berhati – hati, toh kalaupun tidak benar hadiahnya saya juga tidak rugi apa – apa..??

Didalam modus – modus penipuan ada yang namanya tehnik Phising yaitu dengan menggunakan data orang lain untuk melakukan kejahatan, juga dapat melakukan penarikan uang atas nama orang yang ditipu tersebut. Ngerii kan..!!!

Selebihnya anda dapat mendalami apa itu modus phising di mesin pencari (Google)

Baca juga: Youtuber ini Mengusut Tuntas Jaringan Penipuan Online Internasional

Detail Kepemilikan dari Website indo-confirmation

Karena penjelasan secara umum telah dijelaskan pada artikel sebelumnya (indo-hadiah) maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara detail beberapa informasi yang kami dapatkan.

Dibawah ini adalah screenshot dari data yang kami peroleh mengenai detail website indo-confirmation seperti pemilik, alamat lengkap, email, sampai nomor telepon dari pemilik website tersebut.

Indo-confirmation.com apakah penipuan? Berikut penelusuran kami

Fokus kepada data yang telah ditandai dengan penanda kuning, disana disebutkan bahwa domain (alamat website) tersebut telah dimiliki sejak tahun 2016 dan akan berakhir pada tahun 2018 (bila tidak diperpanjang).

Disebutkan bahwa pemilik website tersebut bernama Jimmy Nguyen, yang beralamat di HK (Hong Kong). Namun kami rasa data tersebut kemungkinan besar telah dirubah dan bukan data asli, seperti yang telah dijelaskan di artikel pertama. Selebihnya teman – teman dapat melihat detail pada gambar diatas.

Baca juga: List /Daftar Website Undian Palsu + Cara Melaporkannya 

Berhenti di detik 84!

Seperti biasa website semacam ini memiliki trik yang sering dipakai oleh orang marketing, yaitu waktu yang seolah – olah terbatas. Dari waktu 5 menit yang diberikan, ternyata kali ini timer berhenti di angka 84, bukan di detik ‘00 seperti pada alamat website sebelumnya.


Indo-confirmation.com apakah penipuan? Berikut penelusuran kami

Persetujuan yang Secara Sadar Anda Setujui!

Pada halaman selanjutnya apabila anda telah memilih salah satu hadiah yang ditawarkan anda akan diminta untuk menuliskan nama lengkap dan email. Yang mungkin anda lewatkan dan abaikan adalah tulisan perjanjian yang berada dibawah tombol hijau (saya setuju dan lanjutkan!) telah diberi penanda warna kuning seperti pada gambar dibawah ini:

Indo-confirmation.com apakah penipuan? Berikut penelusuran kami

Pada gambar tersebut dituliskan bahwa setelah anda menekan (klik) tombol hijau, anda setuju dengan segala syarat & ketentuan yang dibuat oleh pemilik website, yang didalamnya bisa saja termasuk anda mengizinkan data pribadi anda diakses dan digunakan tanpa harus meminta izin kepada anda!

  • Sampai disini anda pasti mulai kesal, terutama bagi anda yang telah melakukan konfirmasi.

Apa yang Harus Dilakukan Bila Terlanjur Melakukan Pendaftaran? Apakah penipuan?

Pada artikel yang pertama, banyak sekali yang berkomentar bahwa mereka telah terlanjur mengirim data pribadi mereka lewat website tersebut dan mulai panik karena takut data pribadi mereka digunakan untuk hal yang tidak benar.

Ada juga beberapa orang yang setelah melakukan pendaftaran tiba – tiba akun email pribadi mereka tidak dapat diakses, entah karena memang sudah diambil alih atau hanya karena panik saja (jadi salah atau lupa password).

#1 Stay calm and notice it!

Jangan panik, tetap tenang dan terima kenyataan bahwa anda telah terlena dan tergiur dengan iming – iming hadiah yang ditawarkan. Selanjutnya ingatkan diri bahwa anda tidak sendiri! Banyak orang yang mengalami hal serupa.

#2 Ingat – ingat data yang anda berikan

Selanjutnya ingat – ingat data apa saja yang telah anda berikan (tulis) pada kolom formulir yang disediakan. Juga, apakah anda telah melakukan konfirmasi pendaftaran atau belum (biasanya via email).

#3 Segera lakukan unsubscribe /berhenti berlangganan

Bila email anda telah resmi terdaftar pada database mereka segera lakukan unsubscribe atau berhenti berlangganan. Biasanya tombol /link untuk melakukan unsubscribe berada pada akhir email yang mereka kirimkan segera klik link /tulisan unsubscribe atau berhenti berlangganan (atau kata – kata dengan maksud yang sama).

Bila anda tidak menemukannya, berarti abaiakan saja langkah ini karena kemungkinan besar anda belum resmi berlangganan.

#4 Tandai sebagai SPAM!

Apabila telah melakukan unsubscribe, lanjutkan dengan menandai /laporkan email dari mereka sebagai SPAM, semakin banyak dari kita yang menandai email tersebut sebagai spam maka sistem keamanan email akan lebih cepat mengambil tindakan ekstra untuk akun /alamat email tersebut.

#5 Ganti password

Bila perlu, ganti password email yang anda daftarkan di indo-confirmation, namun bila anda yakin bahwa password tesebut sulit ditebak atau memiliki kombinasi yang kompleks maka silahkan untuk tidak mengganntinya.

Perhatikan juga akun – akun lain yang anda mungkin sebutkan dan memiliki password yang mudah sekali ditebak.

#6 Terapkan Verifikasi 2 langkah

Terutama di email, segera terapkan sistem keamanan verifikasi 2 langkah, yaitu dengan menambahkan nomor telepon anda ke email agar proses keamanan lebih kuat sehingga apabila orang lain mengetahui password email anda, tetap dapat diambil alih (rubah password) dengan menggunakan nomor telepon.

Fitur ini bisa diterapkan dengan login ke email kemudian buka bagian >Settings lalu cari pilihan untuk menambahkan nomor telepon. Bila sebelumnya anda sudah mendaftarkan nomor telepon ke email maka tidak perlu dilakukan lagi, cukup sekali.

#7 Peringatkan orang sekitar, lebih berhati – hati.

Apabila verifikasi 2 langkah telah diterapkan, email anda akan lebih aman. Jangan lupa untuk ingatkan orang sekitar anda seperti keluarga, tetangga, teman, dll tentang bahayanya website semacam ini.

Selebihnya anda wajib lebih berhati – hati lagi bila menemukan website atau penawaran serupa, dan tidak lupa untuk memperingatkan orang – orang sekitar anda. Bila anda tidak memiliki waktu untuk menjelaskan, cukup dengan bagikan saja artikel ini dan mintalah mereka untuk membacanya secara seksama agar tidak terbujuk rayu hadiah – hadiah yang fana itu. Hehe

Pada akhirnya kita sering diingatkan bahwa apabila penawarannya telalu menarik dan bahkan tidak dapat ditolak, maka disaat itu pula anda harus mulai berhati – hati. Lebih baik menggunakan waktu yang diperlukan untuk memastikan kebenarannya daripada anda gegabah lalu menyesal kemudian.

Kehilangan data pribadi saja (untuk orang yang tidak kita kenal) merupakan sebuah kerugian yang besar, apalagi sampai kepada kerugian material seperti uang ataupun hanya sebatas pulsa yang mungkin nominalnya tidak seberapa.

Baca juga: Hati - hati dengan Penelepon yang Bertanya Data - data Berikut ini

Punya pengalaman mengenai penipuan di internet? Yuk! Berbagi!

Teman – teman mempunyai pengalaman tentang modus – modus penipuan melalui internet? Yuk berbagi di kolom kometar! Sebagai pembelajaran juga untuk orang lain agar tidak melakukan kesalahan yang sama, atau memiliki tips lain yang lebih jitu untuk bagikan.

Terimakasih, semoga pembahasan mengenai indo confirmation ini dapat memberikan pencerahan dan juga dapat membantu teman – teman yang sedang mencari informasi tentang hal tersebut. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

11 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, September 27, 2021
    Hiii.. saya mau kasi tau, kalau saya baru dapat email seperti diatas tapi disini dibilang "Rini Pertiwi dari Indo Deals"
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, September 28, 2021
      Yup. Sepertinya penipu nya masih sama, cuman beda nama nya saja.
  2. Mamad Yusuf Sanget
    Mamad Yusuf Sanget
    Minggu, Desember 08, 2019
    Terima kasih atas penjelasannya semoga menjadi pelajaran berharga dan kedepan buat rekan-rekan Jangan kita mudah diiming iming dengan hadiah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Desember 08, 2019
      Yup! Bener banget. Jangan mudah terbujuk hadiah - hadiah yang tidak jelas asalnya. Lebih baik berhati - hati daripada menyesal nantinya.
  3. Rindi Putra
    Rindi Putra
    Rabu, Mei 15, 2019
    Hi afni!
    yang dapat kita lakukan sekarang adalah memeriksa kembali data - data sensitif kita, sekiranya sangat mudah ditebak atau diambil, segera perbaiki. dan kedepannya lebih berhati - hati lagi jika menemukan hal yang serupa.
  4. vinka amylia
    vinka amylia
    Jumat, Juli 27, 2018
    Saya baru saya dapat hadiah dari www.indo-confirmation apakah itu penipuan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Juli 29, 2018
      apabila ciri - cirinya sama seperti yang telah disebutkan didalam website ini, kemungkinan besar itu penipuan. jangan mudah tergiur, tetap waspada! semoga membantu :)
  5. Unknown
    Unknown
    Rabu, Juli 25, 2018
    Minta infonya dong... kalo easy shoping itu termasuk penipuan bukan butuh penjalasan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Juli 26, 2018
      Bisa disebutkan alamat website nya? kita menganalisa berdasarkan alamat website. Namun bila dirasa ada yang janggal, sedikit saja, kami sarankan diabaikan saja. Apalagi mengharuskan kita mengeluarkan uang terlebih dahulu, sudah pasti hanya memanfaatkan kelengahan kita sebagai konsumen. semoga membantu :)
  6. Kain Adat Motif Bajawa
    Kain Adat Motif Bajawa
    Sabtu, Maret 31, 2018
    Slmt sore ...sy baru mendapatkan info undian hadiah dari alamat: PROGRAMASIA.blogspot.co.id
    Mohon ferifikasi alamatnya bnar atau tidak?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Maret 31, 2018
      selamat sore juga pak Heri. Untuk alamat website tersebut kemungkinan besar adalah penipuan. lebih baik diabaikan saja atau dilaporkan. semoga membantu :)
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!