Dapat Telepon Undian dan Mau dikirim Surat ke Rumah? Pastikan Asli atau Penipuan!

Dapat Telepon Undian dan Mau dikirim Surat ke Rumah? Pastikan Asli atau Penipuan!
Ada yang telepon dan bilang bahwa anda akan mendapat hadiah undian? diminta alamat lengkap berikut tanggal lahir? Kemudian dijanjikan akan dikirimkan surat ke rumah yang harus segera dibalas?

Anda tidak sendirian, dan sebelum meneruskan proses tersebut lebih baik pastikan dahulu kebenarannya, karena ada kemungkinan anda sedang menjadi sasaran.

Beberapa waktu belakangan ini kami mendapat beberapa pertanyaan mengenai ada orang – orang yang mendapat telepon dan diinformasikan bahwa mereka akan mendapatkan hadiah dari sebuah undian ataupun rasa terima kasih dari perusahaan atau brand yang sangat terkenal di Indonesia.

Setelah itu mereka diminta menyebutkan alamat lengkap berikut tanggal lahir dengan maksud agar mereka dapat mengirim surat (amplop) resmi melalui kantor pos. apakah itu benar? Atau hanya modus penipuan?
Bagi anda yang belum tahu ternyata ada modus yang pernah dilakukan oleh para penipu agar membuat para korbannya percaya bahwa mereka benar – benar akan mendapatkan hadiah yang disebutkan, yaitu dengan cara mengirim surat kepada calon korban.

Biasanya berisi tentang pengumuman pemenang lengkap dengan surat – surat yang dibuat seakan – akan dikeluarkan oleh pihak – pihak yang berwenang seperti polisi, kantor pajak, direktur utama, dll.

Yang sebenarnya semua itu hanyalah bagian dari modus penipuan yang terencana. Untuk lebih jelasnya mengenai modus ini dapat dibaca pada artikel berikut: Dapat Surat Undian Hadiah dari Kantor POS? Hati - hati!

Hal – hal yang Perlu Diperhatikan dalam Menerima Telepon Undian Hadiah Asli atau Penipuan

Nomor telepon

Hal yang pertama harus anda perhatikan dan dijadikan pertimbangan adalah nomor telepon yang menghubungi anda, bila nomor telepon yang digunakan adalah nomor telepon HP (08xxx xxx xxx) atau seluler maka kemungkinan penipuannya sangat besar.

Sangat jarang sekali perusahaan besar menggunakan telepon seluler atau nomor HP untuk menghubungi pihak lain terutama hal yang bersifat resmi seperti pengumuman hadiah, dll.

Namun bila asal nomor menggunakan nomor kantor seperti contoh: 021 xxx xxx tidak menjamin itu adalah asli dan bukan penipuan, masih banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan.

Gaya Bahasa

Para penipu jaman sekarang sudah pandai menggunakan gaya bahasa yang terlatih dan formal namun tetap saja hal itu dapat kita bedakan bila kita teliti, pada umumnya para penipu tersebut berbicara dengan tempo yang cenderung cepat dan jarang sekali memberikan lawan bicara kesempatan untuk berbicara,

kalaupun memberikan kesempatan untuk berbicara kepada calon korban akan lebih kepada pertanyaan – pertanyaan yang berasal dari penipu, sehingga mereka akan mudah untuk tetap mengendalikan pembicaraan. Bila anda menemukan ciri seperti ini maka kemungkinan besar itu adalah penipuan.

Pada artikel lainnya juga mengenai modus – modus penipuan, penipu yang sedang berkomunikasi dengan calon korbannya tidak segan – segan untuk mengucap kata – kata religius seperti Alhamdulillah, insyaallah, bahkan ada yang sampai bersumpah (demi Allah) agar calon korban benar – benar percaya.

Data pribadi untuk mengirim surat ke rumah

Pada umumnya para penipu akan meminta data pribadi korban, mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, tanggal lahir, email dan bila perlu informasi keluarga korban. Bila hal ini ditanyakan kepada anda oleh si penelepon maka sebaiknya anda tidak memberitahukannya, kenapa?

Karena bisa saja data diri anda dimanfaatkan oleh penipu untuk kepentingan pribadi, hal ini termasuk kedalam modus operandi phising dan kasusnya bisa anda pelajari dari modus penipuan voucher belanja dari indo-hadiah.com yang ada pada artikel berikut ini: Indo-hadia.com Apakah Penipuan? Berikut Penelusuran Kami

Durasi Telepon

Pada umumnya para penelepon hanya mempunyai satu kali kesempatan untuk menelepon korban yang sama, jadi dengan berbagai cara penipu tersebut akan terus membuat telepon tersebut terus terhubung sampai tujuan yang diinginkannya tercapai maka tidak heran kalau percakapan antara penipu dan korban berlangsung lama hingga puluhan menit.

Berjanji akan Mengirim Surat /Amplop

Pada modus yang sekarang ini, ciri khususnya adalah para penipu mengatakan bahwa mereka akan mengirim surat atau amplop yang dikirim ke alamat korban, dan meminta untuk segera membalas dengan mengikuti seluruh instruksi yang tertera didalam surat tersebut.

Hal ini akan membuat calon korban lebih percaya lagi karena sekarang mereka mendapatkan bukti fisik, walaupun kertas, yang mereka dapatkan melalui pak POS.

Dapat Telepon Undian dan Mau dikirim Surat ke Rumah? Pastikan Asli atau Penipuan!
Image: Kompasiana

Jabatan Lawan Bicara

Untuk lebih meyakinkan lagi bahwa mereka (penipu) akan memberikan hadiah, terkadang mereka mengalihkan telepon tersebut kepada orang – orang yang mereka anggap berpengaruh, seperti kapolres, petugas bea cukai, pegawai kantor pos, dll.

Misalnya ketika mereka ingin anda mengirim uang, mereka akan membuat anda ‘seolah – olah’ berbicara dengan petugas bea cukai, atau pegawai kantor pos, dengan alasan barang tersebut perlu ditebus atau ada biaya adminstrasi yang harus diselesaikan

Dan setelah itu hadiah atau barang akan sampai ke rumah atau uang akan segera masuk ke rekening anda. Hampir semua kasus, setelah korban mengirim uang kepada penipu, maka penipu tersebut akan sulit dihubungi.

Lain – lain

Sebenarnya bayak sekali ciri – ciri atau tanda dari penipuan melalui percakapan telepon, namun diatas adalah yang patut dipertimbangkan menurut kami. Selebihnya anda dapat memberikan penilaian sendiri dalam menentukan apakah telepon tersebut benar atau hanya penipuan saja.

Jangan lupa untuk saling mengingatkan, minimal keluarga, karena tidak semua orang memiliki pemahaman yang sama dengan kita akan dan dapat dengan mudah menentukan itu penipuan atau bukan. Lebih bagus lagi bila kita bisa saling mengingatkan antar tetangga atau teman. Seperti yang kami lakukan ini, mengingatkan orang lain melalui tulisan.

Bila anda mempunyai pengalaman yang berhubungan dengan modus penipuan semacam ini bisa di sharing pada kolom komentar dan mudah – mudahan menjadi pelajaran untuk pembaca lainnya di halaman rinditech. Bila ada pertanyaan ataupun saran juga silahkan simpan pada kolom komentar seperti biasa. Jadilah pengguna yang bijak! #beWiseUser.

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Kalau dia sudah terlanjur mengirim surat itu kealamat saya bagaimana?,dan bagaimana memastikan dia bukan penipu harus bertanya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan dulu apakah agan pernah daftar /ikut undian yang disebutkan? Jika tidak pernah, maka kemungkinan besar itu penipuan. Ciri lainnya adalah agan bakal diminta untuk mengirim uang, isi pulsa, dll. Jika masih bingung, silahkan berkonsultasi langsung ke kantor polisi terdekat.

      Delete
  2. Halo gan sebentar ini ibu saya dapat telpon dari Shopee katanya dapat undian uang 1 miliyar dan berkas akan di kirim ke rumah, apa yg harus kami lakukan gan?? Untuk mencari tahu penipuan atau tidaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga gan! Dari cerita singkatnya sih saya yakin 90% itu penipuan. Itu modus jadul gan, cuman sekarang pake nama shopee jadi keliatan baru. Di aplikasi shopee juga ga ada tuh banner undian 1 miliar, apalagi untuk 1 orang. Pokoknya kalau mereka meminta dikirim uang atau meminta topup meskipun cuman 5 ribu rupiah, berarti itu penipuan

      Delete
    2. Kak barusan banget aku dapet telpon katanya si dr pihak sho**e tapi ngga tau itu bener ngga soalnya katanya aku dpt tuh 1miliyar terus ditanya alamat dll terus aku udh jawab nahh nanti ktnya juga mau ngirim surat ke rumah gimna dong?😭😭😭

      Delete
    3. Ya diabaikan saja nanti amplopnya, buang saja jangan dianggap. Setau saya shopee tidak pernah bagi2 1 milyar seperti itu

      Delete
  3. Hay kak aku mau nanya dong, kalau kita udah kasi tau alamat,nomer hp dan kode pos apa bahaya gak?
    Dia minta transfer uang tapi aku gak mau katanya batal sih,cuma takut soalnya dia udh minta nama,nmr, alamat,sama kode pos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung dari modusnya, kalau cuman mau nipu biar transfer berarti aman2 aja karena mereka sudah gagal (mendapatkan uang).

      Delete
  4. Saya mau nanya gan ,,tadi siang saya dapat telepon inssofing kata dy saya dapet hadiah 1m melalui kode 4digit ,,, lalu dy bilang bisa ngirim data2 anda,, lalu saya kasih data2 saya ,,, lalu dy bilang akan ada org pos ngirim aplom di baca dengan teliti dan jelas lalu diisi ,, kalo tidak abaikan saja kata dy ,,, apakah itu modus penipuan gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. 99% modus penipuan itu. abaikan saja kalau nanti ditelpon lagi atau laporkan nomornya

      Delete
  5. Saya juga dapet telpon dapet undian juga .klw misalkan bener dateng suratnya ke rumah kita terima surat itu apa ga ya. Saya takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bisa ditolak ya ditolak. kalau gak bisa ditolak ya diterima saja tapi langsung buang saja ke tempat sampah karena kemungkinan besar itu sudah penipuan.

      Delete
  6. Ibu saya juga barusan dapat telpon yang mengatakan memenangkan uang 1M, dan meminta alamat, tgl lahir, dan email, krn katanya mau kirim dokumen. Karena baru pertama dpt telpon yg mau kirim dokumen gini (blm ngerti) jadi dgn polos nya kasih data alamat lengkap dan tgl lahir. Biasanya dpt telp penipu yg langsung minta transfer.
    Sempat mikir kok kayak nya meyakinkan, tapi setelah search google, dapat informasi dari agan ini.
    Terimakasih sdh buat informasi spt ini buat orang awam spt kami. Jadi tau seperti nya telpon tadi adalah modus penipuan.
    Mau nungguin dokumen nya sampai. Biar bisa di share ke teman2 yg lain contoh dokumen penipuan itu seperti apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Tetap waspada dan berhati - hati, banyak modus yang memanfaatkan kelengahan korban, apalagi sekarang sudah jaman internet, hampir semua informasi pribadi bisa didapatkan dengan mudah

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,34,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,263,Toko Online,44,Tutorial,292,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Dapat Telepon Undian dan Mau dikirim Surat ke Rumah? Pastikan Asli atau Penipuan!
Dapat Telepon Undian dan Mau dikirim Surat ke Rumah? Pastikan Asli atau Penipuan!
Ada yang telepon dan bilang bahwa anda akan mendapat hadiah undian? diminta alamat lengkap berikut tanggal lahir? Kemudian dijanjikan akan dikirimkan surat ke rumah yang harus segera dibalas?
https://4.bp.blogspot.com/-NMBI9daHuKw/WV4SrLaS_nI/AAAAAAAADWE/P0Uk57rz4_cZzj-Z12Qr-cU6sxLeW6JHwCLcBGAs/s640/Dapat%2BTelepon%2BUndian%2Bdan%2BMau%2Bdikirim%2BSurat%2Bke%2BRumah%2BPastikan%2BAsli%2Batau%2BPenipuan%2521.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-NMBI9daHuKw/WV4SrLaS_nI/AAAAAAAADWE/P0Uk57rz4_cZzj-Z12Qr-cU6sxLeW6JHwCLcBGAs/s72-c/Dapat%2BTelepon%2BUndian%2Bdan%2BMau%2Bdikirim%2BSurat%2Bke%2BRumah%2BPastikan%2BAsli%2Batau%2BPenipuan%2521.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2017/07/dapat-telepon-undian-dikirim-surat-rumah-pos-asli-penipuan.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2017/07/dapat-telepon-undian-dikirim-surat-rumah-pos-asli-penipuan.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content