Cara Menggunakan Offline Google Maps (Peta offline): Navigasi tanpa koneksi internet

Takut tidak mendapatkan sinyal WiFi atau sinyal internet saat menuju tempat yang baru? Sedangkan anda sangat membutuhkan panduan dari peta yang ada di smartphone /tablet anda. Mungkin ini adalah salah satu permasalahan tentang kebutuhan aplikasi peta pada smartphone, terutama bagi para pelancong atau sering berpergian ke luar negeri /daerah baru untuk berbagai urusan. Namun harus diakui bahwa dukungan sinyal internet menjadi faktor penting dalam penggunaan aplikasi peta, tanpa internet hampir dipastikan kita tidak dapat mengakses aplikasi ini.

Nampaknya pihak Google pun menyadari permasalahan ini dan telah membuat solusi yang tentunya membuat kita dapat sedikit bernafas lega karena pihak Google telah memperkenalkan layanan peta offline termasuk layanan navigasi tanpa koneksi internet bagi pengguna Android. So, berikut cara untuk menggunakan aplikasi Google Map secara offline agar kita tidak tersesat di tempat yang akan didatangi.

Cara menggunakan Google Map (peta) Offline: Cara download peta sebuah daerah

Cara agar kita dapat menggunakan aplikasi peta secara offline adalah dengan mendownload peta lokasi yang akan kita kunjungi dan menyimpannya didalam smartphone kita. Lakukan proses download peta sebelum berangkat ke tempat tujuan, proses download peta mungin dapat memakan kuota internet yang cukup besar tetapi nampaknya langkah ini sangat beralasan bila dibandingkan dengan tersesat di daerah yang baru dan tidak bisa menggunakan aplikasi peta secara online. Google membatasi penyimpanan luas peta yang disimpan didalam smartphone secara lokal namun 120.000 km2 (seratus dua puluh ribu kilometer persegi) nampaknya masih cukup luas untuk menyimpan berbagai macam daerah.
Cara Menggunakan Offline Google Maps (Peta offline): Navigasi tanpa koneksi internet
Screenshoot: TechAdvisor
Untuk mendownload kita harus membuka aplikasi peta yang ada pada smartphone /tablet, lalu lakukan pencarian tempat, kota, daerah yang akan kita kunjungi. Ketika kita menemukan tempat yang akan dituju kita akan melihat nama pada area putih yang ada pada bagian bawah layar. Tap pada bagian ini dan daerah ini akan bergeser ke atas (slide up), menampilkan detail tentang daerah tersebut. Untuk menyimpannya kedalam smartphone kita tinggal tap tiga titik yang ada pada bagian pojok kanan atas (option) kita akan melihat pilihan Download offline area (untuk pengguna Android) atau Save Offline map (untuk pengguna iOS). Tap /pilih, konfirmasi pilihan, dan map offline akan terinstall pada smartphone /tablet kita.

Cara menggunakan Google Map (peta) Offline: Navigasi

Karena Android termasuk produk Google, pastinya mempunyai fitur yang lebih dari OS yang lain yaitu dapat menggunakan fitur navigasi. Namun sepertinya tidak diragukan lagi bahwa fitur navigasi offline ini juga akan hadir pada OS lainnya termasuk iOS. Untuk menggunakannya kita perlu membuka aplikasi Peta (Maps) dan Tap pada lingkaran biru yang ada pada pojok kanan bawah. Pilihan ini akan membawa kita ke mode pencarian dimana kita dapat memasukan titik pemberangkatan dan tujuan (start – finish point). Pada mode offline kita hanya dapat menggunakan navigasi dalam mode mengendarai, mode berjalan atau mode menggunakan transportasi public tidak akan tersedia, juga tidak aka ada traffic information. Ketika kita telah memasukan detail rute, tap pada lingkaran biru dengan tanda panah dan kita akan dapat menggunakan fitur navigasi pada peta secara offline (tanpa koneksi internet).
Cara Menggunakan Offline Google Maps (Peta offline): Navigasi tanpa koneksi internet
Screenshoot: TechAdvisor
Bagi pengguna iOS masuh terbatas pada penjelajahan peta saja, sampai fitur navigasi dan rute diperkenalkan. Untuk membuka peta yang telah terdownload pada smartphone berbasis iOS tap pada option (tiga titik sejajar) kemudian tap Your places dan scroll kebawah sampai Offline maps. Sekarang kita dapat menggunakan peta offline tersebut seperti layaknya sebuah peta kertas, selagi menunggu fitur navigasi tiba nampaknya peta offline yang ada sudah sangat memberikan solusi bagi permasalahan tidak dapat sinyal, dlsb. Beberapa situs berita teknologi mengatakan bahwa fitur navigasi akan segera hadir untuk smartphone berbasi iOS, jadi tunggu saja.

Semoga artikel mengenai Cara menggunakan /mendapatkan Google Map (peta) secara offline berikut dengan penggunaan navigasi dapat membantu khususnya bagi anda yang akan berpergian ke daerah-daerah yang belum pernah didatangi, selalu gunakan smartphone dengan maksimal dan jadilah pengguna yang bijak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
November 4, 2016 at 9:20 AM delete

Klo blum di unlock apa bisa pake kartu smartfren trus kluar jaringan 4g

Reply
avatar
November 4, 2016 at 1:16 PM delete

salah kamar gan, coba submit lagi pertanyaannya di artikel yang berkaitan tentang pertanyaan agan disini:
http://www.rinditech.com/2016/07/cara-modem-bolt-tetap-bisa-4g-unlock.html

Reply
avatar