Opmeer Sebut Ronhaar Licik and Curang Saat Live: "Tensi sedang tinggi"

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Formula 1
Games
News
Opmeer Sebut Ronhaar Licik and Curang Saat Live: "Tensi sedang tinggi"
Opmeer Sebut Ronhaar Licik and Curang Saat Live: "Tensi sedang tinggi"

Sudah F1 23 dan kita masih saja berdiskusi seputar tuduhan kecurangan yang melibatkan pemain top di level F1 Esports. Agak mengecewakan, tetapi di sisi lain, hal inilah yang menarik penggemar, membuat mereka tetap terlibat dan dengan penuh semangat menonton setiap balapan yang idola mereka ikuti. Gesekan terbaru datang dari orang paling berpengaruh dalam saga ini, Jarno Opmeer, menghangatkan kembali diskusi karena dia menyebut Thomas Ronhaar licik dan curang dalam siaran langsungnya di Twitch. 

Okay, Man. What a dirty c*nt man. F*****g Cheater. - Jarno Opmeer

Komentar ini sedikit mengejutkan karena dari dugaan ini mulai muncul, Opmeer atau driver pro mana pun tidak pernah benar-benar menyatakan bahwa Ronhaar curang atau setidaknya ada sesuatu yang mencurigakan tentang cara mengemudinya. Namun di balapan pertama (Bahrain) PSGL pada 22 Juni 2023, Opmeer benar-benar mengatakannya saat live di Twitch!

Sebelum Anda melanjutkan membaca, jika Anda membutuhkan lebih banyak konteks tentang drama ini, saya sangat menyarankan Anda membaca artikel ini terlebih dahulu: Tuduhan Kecurangan Thomas Ronhaar

Opmeer: "Reaksi Saya berlebihan..."

Jarno Opmeer selalu mengupload balapannya di Twitch ke YouTube dengan durasi yang lebih pendek dan dengan komentar di bagian audio nya. Dalam balapan di Bahrain ini, Opmeer juga memperlihatkan momen saat dirinya bertarung dengan Ronhaar untuk memperebutkan posisi. Didorong keluar lintasan oleh Ronhaar, Opmeer mengungkapkan kekecewaannya dengan komentar yang cukup kontroversial: "Okay, Man. Sungguh orang yang licik man. Dasar curang!." - Jarno Opmeer

Catatan: Anda tidak dapat mendengar komentar di video YouTube-nya karena audio nya dimatikan. Ucapan yang jelas itu ada di live streaming Twitch, tapi sekarang videonya disembunyikan di akun Twitch milik Opmeer. Jika Anda ingin menonton momen yang tepat, Anda dapat menontonnya di video YouTube berikut ini.

Beberapa hari setelah balapan itu, Opmeer mengunggah video di YouTube yang mengomentari tentang siaran langsung balapannya di Twitch. Dalam video tersebut, Opmeer menjelaskan bahwa dirinya memang bereaksi berlebihan karena tensi sedang tinggi seperti di setiap cabang olahraga lainnya.

"Saya memang bereaksi berlebihan, tapi ya tensi sedang tinggi seperti di setiap cabang olahraga, termasuk esports tentunya." -Jarno Opmeer

"Manuver Ronhaar tidak fair..."

Opmeer kemudian menjelaskan apa yang dilakukan Ronhaar saat mereka berebut posisi bukanlah langkah yang adil atau licik. Seharusnya, Opmeer unggul di saat di apex tetapi hal itu tidak terjadi karena lawannya (Ronhaar) tidak memberinya ruang yang cukup langsung menutup jalur balapan.

Saya pribadi setuju dengan Opmeer mengenai kejadian tersebut, tayangan onboard Ronhaar juga menunjukkan bahwa dia bahkan tidak memeriksa spion (melihat ke belakang) sebelum atau selama pertempuran dengan Opmeer. Terlalu egois.

"Ya, tidak berhasil melakukan manuver tersebut. Saya pikir (apa yang dilakukan Ronhaar) itu bukan langkah yang tepat karena kita harusnya bisa berada di depan jika dia tidak datang dengan kecepatan yang sangat tinggi dan menutup jalur balapan, yang terjadi biarlah terjadi."

"Saya memang bereaksi berlebihan, tapi ya tensi sedang tinggi seperti di setiap cabang olahraga dan esports tentunya"

Opmeer juga menjelaskan mengapa audio dibisukan (muted) saat dia berkomentar. Itu karena dia atau Marshel (Kiefer) mengumpat atau berkata kotor saat live.

"Jika Anda melihat suara terpotong (muted) itu hanya karena saya mengumpat, saya atau Marshel mengumpat tapi ya seperti yang saya katakan tensi nya sedang tinggi"

Tidak ada komentar dari Ronhaar

Setidaknya di Twitternya, tidak ada tweet atau update darinya terkait hal ini. Sebaliknya, dia berkomentar tentang insiden awal yang dia alami dengan Otis Lawrence (kedua pembalap berputar setelah pertarungan keras di lap 14).

"Insiden yang tidak menguntungkan dengan @FRA_ELITE45 berarti itu menghancurkan balapan saya, tidak ada perasaan sulit karena saya berteman baik dengannya, hanya atm yang sangat kecewa" -Thomas Ronhaar di Twitter

Video YouTube biasa dengan vibes "pernyataan resmi".

Setelah saya mengetik semua komentar Opmeer di video YouTube-nya terkait situasi ini, jika digabungkan terasa seperti pernyataan resmi. Kata-kata seperti "get better", "try my best", "grow", dan "change" semuanya diucapkan oleh Opmeer dalam video ini.

Semua kata itu biasa digunakan dalam pernyataan resmi dari seseorang atau perusahaan untuk menyampaikan sesuatu yang penting. Dengan mengatakan itu, saya mengerti bahwa Opmeer percaya bahwa dia perlu menangani masalah ini dengan hati-hati atau itu bisa menjadi bumerang baginya. Ini adalah komentar lengkapnya di video terkait masalah ini.

Sengaja saya tidak translate ke bahasa Indonesia karena takut ada beberapa makna yang berubah, yang penting - pentingnya sudah di translate di atas ya. Kalau mau bahasa indonesia silahkan di copy saja tulisan dibawah ini dan pakai google translate.

*Komentar tepat setelah insiden dengan Ronhaar

"Yeah, we couldn't quite pull it off. I think it wasn't a fair move because we could've been ahead at the apex if he had not carried a holy amount of speed and just gone straight on but yeah, it is what it is."

"I did overreact for sure but yeah tension were high just like in every sports and esports of course"

*berkomentar sebentar tentang Alfie Butcher di tayangan video

"If you see the sound cut-out it just because I'm swearing, me or Marshel swearing but yeah as I said the tension were high"

*bicara tentang overtake Marcel Kiefer di tayangan video

"It does seem to be a little bit dirty the league racing at the moment and I'm sure it because everyone are a little bit rusty but yeah usually I tend to verbally got frustrated and (...not clear) on track which I think (...not clear)."

"I also just want to get better at controlling my emotion you know, because that way you can get more out of the race and stay focused and not to mention I just want to swear a little bit less. 

So a few days ago I saw a very cute picture of a very little kid watching YouTube video of mine and yeah maybe a young person watching my Twitch stream as well so I just want to swear less get better control of my emotion when racing which I'm definitely gonna try my best at and maybe make me a better driver as well, I'm quite sure it will make me a better driver. 

I think in the past few years, of course, my audience grow a lot, even though I'm not change a lot I'm still raging less than back in the day, I just want to get better and be more positive even under high-pressure situations.

*lanjut mengomentari kejadian yang ada di video.

Meskipun videonya penuh dengan aura pernyataan resmi, saya mengerti apa yang dilakukan Opmeer. Sekarang dia memiliki kontrak dengan Mercedes sebagai driver Esports mereka (dan mungkin dengan beberapa brand lain juga) dan itu tidak mudah didapat tetapi sangat mudah hilang.

Terlalu banyak contoh orang diputus kontrak oleh sponsor mereka karena satu video pendek sederhana. Jadi apa yang Opmeer lakukan menurut saya bisa dimaklumi.

Di mana polemik ini akan berakhir?

Saya akui bahwa gaya mengemudi Rohnaar sedikit lebih agresif akhir-akhir ini, tetapi saya pribadi merasa kasihan dengan tuduhan kecurangannya. Setiap kali saya melihat postingan tentang dia di Twitter atau bahkan di live comment, pasti ada satu atau dua akun yang berkomentar dengan kata-kata negatif seperti Griphaar, Cheater, hack, dll. 

Bayangkan jika selama ini Ronhaar memang tidak curang dan bisa membuktikannya bahwa dia bersih dan sah dalam kompetisi F1 Esports LAN.

Satu-satunya cara untuk membuktikan dia tidak curang adalah kompetisi LAN di mana setiap orang memiliki peralatan yang sama di ruangan yang sama. Saya sangat berharap dia memenangkan satu atau dua balapan di ajang F1 Esports, dan berharap itu cukup untuk mengakhiri tuduhan kecurangan ini.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!